Program Pelatihan Pengembangan Resiliensi Siswa dengan Art Counseling

Amien Wahyudi, Febritresna Nuraini, Ajib Busrol Mustofa, Siti Partini Suardiman, Amirul Ihsan

Abstract


Pandemi covid 19 menimbulkan beragam masalah yang terjadi pada siswa sekolah. Berangkat dari fenomena inilah, maka sangat penting untuk meningkatkan resiliensi siswa agar bisa bangkit dan beradaftasi dengan kondisi dan lingkungan yang ada pasca pandemic covid 19. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan resiliensi siswa pasca pandemic covid 19 dengan menggunakan Art Counseling. Art Counseling selama ini dikenal efektif untuk meningkatkan resiliensi siswa sehingga dalam pengabdian ini, pendekatan ini dipilih untuk meningkatkan resiliensi siswa. Metode  pengabdian yang dilakuan meliputi ; 1) Koordinasi dengan sekolah, 2) penyebaran skala kebutuhan, 3) pelatihan art counseling, 4) pelatihan pengembangan SDM, dan 5) pendampingan peserta didik, proses pendampingan terhadap siswa dilaksananakan menggunakan grup whashapp. Mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan ini sebanyak dua mahasiswa bimbingan dan konseling yang membatu dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian. Hasil pengabdian ini telah dipublis dalam kanal Youtobe. Dampak yang didapatkan dari pelatihan ini adalah siswa dapat terbuka dengan problematika yang dihadapinya dan mengambil keputusan terhadap apa yang seharus nya dilakukan di masa depan serta sambutan positif oleh mitra pengabdian.


Keywords


Art Counseling;Siswa Sekolah dan Resiliensi Siswa

Full Text:

PDF

References


Afsharpour, S., & Aghdasi, A. (2021). A comparative study of the effectiveness of reality therapy and existential therapy on the resilience of women with breast cancer. Women and Family Studies, 14(52), 19–40.

Anakwe, A. I., & Dikko, S. (2018). An overview of resilience and academic achievement of adolescents in Nigeria. KIU Journal of Humanities, 2(2 (B)), 95–101.

Andel, R. (2011). Resilience in Aging: Concepts, Research, and Outcomes. JAMA, 305(17), 1810–1813.

Andersen, D. J., & Prokkola, E.-K. (2021). Introduction: Embedding borderlands resilience. In Borderlands Resilience (pp. 1–18). Routledge.

Arslan, G. (2019). Mediating role of the self–esteem and resilience in the association between social exclusion and life satisfaction among adolescents. Personality and Individual Differences, 151, 109514.

Boardman, J. D., Blalock, C. L., & Button, T. M. (2008). Sex differences in the heritability of resilience. Twin Research and Human Genetics, 11(1), 12–27.

Coronado-Hijón, A. (2017). Academic resilience: A transcultural perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 237, 594–598.

Edwards, M. (2001). Jungian analytic art therapy.

Frisby, B. N., Hosek, A. M., & Beck, A. C. (2020). The role of classroom relationships as sources of academic resilience and hope. Communication Quarterly, 68(3), 289–305.

Gladding, S. T., & Newsome, D. W. (2003). Art in counseling. Handbook of Art Therapy, 243–253.

King, D. D., & Burrows, D. (2021). Resilience in the Goal Hierarchy: Strategy Change as a Form of Perseverance. In Work Life After Failure?: How Employees Bounce Back, Learn, and Recover from Work-Related Setbacks (pp. 99–108). Emerald Publishing Limited.

Newsome, D. W., Henderson, D. A., & Veach, L. J. (2005). Using expressive arts in group supervision to enhance awareness and foster cohesion. The Journal of Humanistic Counseling, Education and Development, 44(2), 145–157.

Rahman, M. A., Yusoff, M. S. B., Roslan, N. S., Mohammad, J. A.-M., & Ahmad, A. (2021). Development and validation of the medical professionals resilience scale. BMC Health Services Research, 21(1), 1–9.

Silverman, H. J., Kheirbek, R. E., Moscou-Jackson, G., & Day, J. (2021). Moral distress in nurses caring for patients with Covid-19. Nursing Ethics, 28(7–8), 1137–1164.

Tokazhanov, G., Tleuken, A., Durdyev, S., Otesh, N., Guney, M., Turkyilmaz, A., & Karaca, F. (2021). Stakeholder based weights of new sustainability indicators providing pandemic resilience for residential buildings. Sustainable Cities and Society, 75, 103300.

Ungar, M. (2019). Designing resilience research: Using multiple methods to investigate risk exposure, promotive and protective processes, and contextually relevant outcomes for children and youth. Child Abuse & Neglect, 96, 104098.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amien Wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License