Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Powtoon

Rusmining Rusmining, Dian Ariesta Yuwaningsih, Rima Aksen Cahdriyana

Abstract


Kegiatan pengabdian ini didasari atas keingian pihak mitra kepada tim pengabdi untuk memberikan pelatihan kepada guru Matematika dan IPA (MIPA) tentang pembuatan media pembelajaran yang menarik berbasis information technologi (IT). Guru merasa masih kurang mampu membuat media pembelajaran yang menarik karena keterbatasan kemampuan yang dimiliki. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu (1) memberikan wawasan tentang media pembelajaran berbasis IT maupun non-IT bagi guru MIPA, serta (2) memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Powtoon. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam tiga metode pelaksanaan, yaitu metode penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Metode penyuluhan dengan materi media pembelajaran berbasis IT dan non-IT beserta dengan contoh-contohnya. Metode pelatihan tentang pembuatan media pembelajaran berupa video pembelajaran dengan aplikasi Powtoon. Sedangkan metode pendampingan berupa kegiatan lanjutan pembuatan media pembelajaran berupa video pembelajaran dengan aplikasi Powtoon. Hasil kegiatan berupa peningkatan keberdayaan mitra yang diukur dari aspek pengetahuan dan keterampilan yaitu pada hasil pre-test dan post-test mengalami kenaikan nilai dengan nilai minimal 70 serta rata-rata hasil angket mencapai nilai 90% kegiatan dinilai baik atau dalam kategori pernyataan setuju. Hal ini berdampak positif bagi guru, karena para guru mulai termotivasi mengembangkan media pembelajaran yang kreatif, salah satunya dengan aplikasi Powtoon.


Keywords


pelatihan, media, powtoon

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2009). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika (Landasan Filosofi, Histori, dan Psikologi). Surabaya: Lentera Cendikia.

Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Amir, Z. dan Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Andini, D. T. dan Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar

Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA). 2(1).

Atmaka, D., (2004), Tips Menjadi Guru Kreatif, Yrama Widya.

Kadir, S., Astaman, dan Masdul, M.R., (2018). Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar (Tinjauan Pendidikan Islam pad SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala), Jurnal Kolaboratif Sains.

Rusman, (2012), Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21, Alfabeta.

Saputra, T. F. N. dan Mampouw, H. L., (2022), Pengembangan Pembelajaran Bermedia Powtoon Untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.06, No.01, pp. 314-328.

Rohinah, R., (2016). Pengembangan Aplikasi Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Android di Sekolah Menengah Atas, Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rusmining Rusmining, Dian Ariesta Yuwaningsih, Rima Aksen Cahdriyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License