Pelatihan pembelajaran aktif dan model-model belajar bagi guru MTs Muhammadiyah Gedongtengen

Trianik Widyaningrum, Indro Prastowo

Abstract


Pelatihan pembelajaran aktif dan model-model belajar  bagi guru MTs Muhammadiyah Gedongtengen

 

Trianik Widyaningrum1*, Indro Prastowo2

Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan

 Jl. Jend. Ahmad Yani, Tamanan Banguntapan, Bantul, 55191

trianik.widyaningrum@pbio.uad.ac.id

 

 

 

 

ABSTRAK

MTs Muhammadiyah Gedongtengen  merupakan salah satu MTs yang terletak di Jl Dagen DIY. Sekolah tersebut mempunyai guru yang berjumlah 17 orang dengan siswa sebanyak 122 (6 rombel). Para guru di MTs tersebut selama ini merasa kesulitan dalam memotivasi dan mengaktifkan siswa, Berdasarkan kurikulum 2013, proses pembelajaran harus bersifat student center, sehingga diharapkan siswa aktif selama proses pembelajaran berlangsung dan guru diharapkan dapat mengaktifkan siswa. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan cara memotivasi belajar siswa dan mengaktifkan siswa melalui pembelajaran aktif dan berbagai model pembelajaran. Pelatihan pembelajaran aktif dan model-model pembelajaran dilakukan secara luring Langkah awal pengabdian dilakukan Focus Group Discussion dengan cara wawancara dan diskusi dengan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengetahui kondisi awal di sekolah tersebut. Selanjutnya dilakukan pelatihan pembelajaran aktif dan model-model pembelajaran secara luring pada tanggal 12 Agustus 2022 (materi Pembelajaran Aktif) dan 19 Agustus 2022 (materi Model-model pembelajaran aktif). Kedua pelatihan tersebut masing-masing dalam waktu 200 menit dan dihadiri oleh 17 guru dari berbagai mata pelajaran. Hasil dari pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa pelatihan pembelajaran aktif dan model-model belajar berpengaruh terhadap pemahaman guru MTs Gedongtengen yang dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai pretest 78 meningkat menjadi 88 saat posttest. Berdasar uji t menunjukkan hasil yang berbeda nyata dengan nilai signifikansi < 0,05.

 


Keywords


Kata kunci: Pembelajaran aktif, Model Belajar, MTs Gedongtengen

Full Text:

PDF

References


Effendi, M. 2013. Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam . Vol. 7, Nomor 2.

Indrawati et al, 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA (PPPTK IPA),.

Kariadi, D & Suprapto, W. 2018. Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Pkn. Educatio. Vol. 12. Nomor 1.

Kristin, F. 2017. Keberhasilan Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Keaktifan Dalam Perkuliahan Dengan Menggunakan Pembelajaran Active Learning. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. Volume 3. Nomor 2.

Meyer & Jones, 1993. Active Learning. New York: Mc.Graw Hill Companies


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trianik Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License