Pelatihan design grafis untuk media pembelajaran dan pelatihan pengenalan makanan sehat dan pengaruhnya bagi kesehatan anak untuk meningkatkan kompetensi guru

lisna zahrotun, Dewi Soyusiawaty, Titisari Juwitaningtyas

Abstract


Kurangnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berpengaruh besar terhadap keberhasilan pembelajaran.  Perlu adanya inovasi agar siswa tidak bosan dan mudah memahami materi.  Wawasan guru juga perlu ditambah terkait kebersihan makanan yang dikonsumsi siswa saat jajan di sekolah.  Tujuan kegiatan ini adalah pelatihan desain grafis dengan Canva dan VN dan pengenalan makanan sehat dan pengaruhnya bagi kesehatan anak.  Kegiatan diawali dengan menyiapkan alat dan bahan, tahapan persiapan pelatihan meliputi koordinasi dengan mitra, membuat modul materi, membuat video tutorial dan briefing bersama asisten.  Pelaksanaan pelatihan selama 2 hari dilanjutkan dengan pendampingan selama 2 kali dalam satu bulan selama 3 bulan dan diakhiri dengan evaluasi untuk mengukur keberhasilan kegiatan.  Pelatihan telah dilaksanakan pada Sabtu, 20 Agustus 2022 dan Minggu, 4 September 2022 di Gedung TK ABA Ngabean Pandak Bantul secara luring dan daring.  Pelatihan diikuti 15 peserta di hari pertama dan 10 peserta di hari kedua dan dibantu dengan 3 mahasiswa sebagai asisten. Ouput lainnya yaitu modul, video kegiatan yang sudah diupload di Youtube, publikasi  di KR Jogja yang dimuat 23 September 2022 dan seminar nasional pada 26 November 2022.  Dampak dari pengabdian ini adalah meningkatnya kemampuan peserta dalam mendesain grafis dan menambah wawasan terkait makanan sehat.


Keywords


Pelatihan; Canva; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Kurangnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berpengaruh besar terhadap keberhasilan pembelajaran. Perlu adanya inovasi agar siswa tidak bosan dan mudah memahami materi. Wawasan guru juga perlu ditambah terkait kebersihan makanan yang dikonsumsi siswa saat jajan di sekolah. Tujuan kegiatan ini adalah pelatihan desain grafis dengan Canva dan VN dan pengenalan makanan sehat dan pengaruhnya bagi kesehatan anak. Kegiatan diawali dengan menyiapkan alat dan bahan, tahapan persiapan pelatihan meliputi koordinasi dengan mitra, membuat modul materi, membuat video tutorial dan briefing bersama asisten. Pelaksanaan pelatihan selama 2 hari dilanjutkan dengan pendampingan selama 2 kali dalam satu bulan selama 3 bulan dan diakhiri dengan evaluasi untuk mengukur keberhasilan kegiatan. Pelatihan telah dilaksanakan pada Sabtu, 20 Agustus 2022 dan Minggu, 4 September 2022 di Gedung TK ABA Ngabean Pandak Bantul secara luring dan daring. Pelatihan diikuti 15 peserta di hari pertama dan 10 peserta di hari kedua dan dibantu dengan 3 mahasiswa sebagai asisten. Ouput lainnya yaitu modul, video kegiatan yang sudah diupload di Youtube, publikasi di KR Jogja yang dimuat 23 September 2022 dan seminar nasional pada 26 November 2022. Dampak dari pengabdian ini adalah meningkatnya kemampuan peserta dalam mendesain grafis dan menambah wawasan terkait makanan sehat.Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Kusnaeni, R., Chodijah, S. Ra., & Hamidah, H. F.-M. (2018). Peningkatan Kompetensi Dan Kinerja Tenaga Pendidik Paud Melalui Komunikasi Efektif. Jurnal Kehumasan (GUNAHUMAS), 1(2), 224–235.

Noviyana, H., & Kirana, A. R. (2018). Program Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Matematika Bagi Tutor PAUD dan Guru TK IT etia Bandar Lampung. Adiguna : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 21–27.

Purnomo, B., Martono, B., & Widayati, W. (2018). Pemberdayaan Guru Pos PAUD (PPT) Kuncup Ceria RW V Kelurahan Wonokromo, Surabaya Tentang Pembelajaran Aktif, Inovatif dan Menyenangkan (pp. 1–17).

Yulianti, D., & Dewanti, S. . (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Taman Kana-Kanak Kota Semarang dalam Membuat Alat Bermain Sains dari Limbah. Jurnal Rekayasa, 13(2), 160–166.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 lisna zahrotun, Dewi Soyusiawaty, Titisari Juwitaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License