Mereduksi Perilaku Cyberbullying Melalui Pendekatan Psikologi Islami di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman

Sutipyo Ru'iya, Sri Roviana, Yusron Masduki

Abstract


Cyberbullying yang semakin meningkat perlu penanganan serius dari seluruh elemen masyarakat, agar tidak semakin menambah jumlah korbannya. Pengabdian ini berupaya mereduksi perilaku cyberbullying melalui pendekatan psikologi Islami. Pengabdian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman Yogyakarta. Jumlah peserta 63 orang siswa dari tiga jurusan, yaitu tata boga, teknik komputer jaringan, dan teknik mesin. Metode pelaksanaan dengan seminar pada tanggal 9 September 2022 dengan tiga pembicara yaitu Sutipyo Ru’iya tentang pengenalan macam-macam perilaku cyberbullying, Sri Roviana tentang berinternet sehat dan aman, dan Yusron Masduki tentang etika berkomunikasi pendekatan Pskologi Islami. Setelah seminar, siswa-siswa peserta mengikuti WhatsApp grup seminar Cyberbullying, lalu setiap minggu pada grup tersebut mulai tanggal 16, 23, dan 30 September 2022 di kirim ajakan untuk meninggalkan cyberbullying menurut ajaran Islam. Hasil yang diperoleh terdapat peningkatan pengetahuan tentang cyberbullying sebesar 43%, peningkatan pengetahuan berinternet yang aman sebanyak 28%, dan peningkatan pengetahuan komunikasi islami sebesar 37%

Keywords


cyberbullying, reducing, Islamic psychology

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2011). Attitudes, personality and behavior (2. ed., reprint). Open Univ. Press.

Ali, M., & Asrori, M. (2006). Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara. Bumi Aksara.

Astuti, S. D., & Putri, I. P. (2015). Strategi Komunikasi Program Internet Sehat Dan Aman Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia (Studi Kasus Evaluasi Program Incakap Tahun 2015. Jurnal Komunikasi, 8(1), 11.

Elianur, C. (2020). Pilihan Media Pembelajaran Daring Oleh Guru Pai Di Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 4(1), 37–45. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.142

Elisabet B. Hurlock. (2004). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Estikasari, P., & Pudjiati, S. R. R. (2021). Gambaran Psikologis Remaja Selama Sekolah Dari Rumah Akibat Pandemi Covid-19. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 2(1), 23–36. https://doi.org/10.24014/pib.v2i1.11750

Kowalski, R. M., Limber, S. P., & Agatston, P. W. (2012). Cyberbullying: Bullying in the digital age. Wiley-Blackwell.

Listiyarti, R. (2019). Panduan Berinternet Aman untuk Remaja. Esensi.

Maragustam. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. FITK UIN Sunan Kalijaga.

Mishna, F., Birze, A., Greenblatt, A., & Khoury-Kassabri, M. (2020). Benchmarks and Bellwethers in Cyberbullying: The Relational Process of Telling. International Journal of Bullying Prevention. https://doi.org/10.1007/s42380-020-00082-3

Newall, M. (2018, Juni 27). Global Views on Cyberbullying. Ipsos Public Affairs. https://www.ipsos.com/en/global-views-cyberbullying

Nugroho, A., Riswandy, S. R., & Widiastiwi, Y. (2021). Teknologi dan Informasi Di Masa Pandemi COVID-19. Senamika, 2, 214–220.

Priyoto. (2014). Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan Dilengkapi Contoh Kuesioner. Nuha Media.

Raraswati, P. (2016). Internet Aman. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ru’iya, S., & Sutarman. (2021). Pelatihan self management dalam pengelolaan waktu efektif. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 4, 495–501.

Ru’iya, S., & Sutarman, S. (2020). Edukasi pencegahan perilaku bullying bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Muhammadiyah Galur Kulonprogo. 3, 723–728.

Setiarini, M., & Stevanus, K. (2021). Dinamika Psikologis Remaja Di Panti Asuhan: Studi Fenomenologi. DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika, 4(1), 10–20. https://doi.org/10.53547/diegesis.v4i1.90

Sulaeman, E. S. (2016). Pembelajaran Model dan Teori Perilaku Kesehatan, Konsep dan Aplikasi. UNS Press.

Unayah, N., & Sabarisman, M. (2016). FENOMENA KENAKALAN REMAJA DAN KRIMINALITAS. Sosio Informa, 1(2), 121–140. https://doi.org/10.33007/inf.v1i2.142

Unicef. (2020, Februari 10). Cyberbullying: What is it and how to stop it. unicef.org. https://www.unicef.org/indonesia/id/pencarian?force=0&query=cyberbullying

Wahadyo, A. (2019). Tips Berinternet, Cepat, Heat, dan Aman. Media Kita

Ali, M., & Asrori, M. (2006). Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara. Bumi Aksara.

Astuti, S. D., & Putri, I. P. (2015). Strategi Komunikasi Program Internet Sehat Dan Aman Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia (Studi Kasus Evaluasi Program Incakap Tahun 2015. Jurnal Komunikasi, 8(1), 11.

Elianur, C. (2020). Pilihan Media Pembelajaran Daring Oleh Guru Pai Di Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 4(1), 37–45. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.142

Elisabet B. Hurlock. (2004). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Estikasari, P., & Pudjiati, S. R. R. (2021). Gambaran Psikologis Remaja Selama Sekolah Dari Rumah Akibat Pandemi Covid-19. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 2(1), 23–36. https://doi.org/10.24014/pib.v2i1.11750

Kowalski, R. M., Limber, S. P., & Agatston, P. W. (2012). Cyberbullying: Bullying in the digital age. Wiley-Blackwell.

Listiyarti, R. (2019). Panduan Berinternet Aman untuk Remaja. Esensi.

Maragustam. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. FITK UIN Sunan Kalijaga.

Mishna, F., Birze, A., Greenblatt, A., & Khoury-Kassabri, M. (2020). Benchmarks and Bellwethers in Cyberbullying: The Relational Process of Telling. International Journal of Bullying Prevention. https://doi.org/10.1007/s42380-020-00082-3

Newall, M. (2018, Juni 27). Global Views on Cyberbullying. Ipsos Public Affairs. https://www.ipsos.com/en/global-views-cyberbullying

Nugroho, A., Riswandy, S. R., & Widiastiwi, Y. (2021). Teknologi dan Informasi Di Masa Pandemi COVID-19. Senamika, 2, 214–220.

Priyoto. (2014). Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan Dilengkapi Contoh Kuesioner. Nuha Media.

Raraswati, P. (2016). Internet Aman. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ru’iya, S., & Sutarman. (2021). Pelatihan self management dalam pengelolaan waktu efektif. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 4, 495–501.

Ru’iya, S., & Sutarman, S. (2020). Edukasi pencegahan perilaku bullying bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Muhammadiyah Galur Kulonprogo. 3, 723–728.

Setiarini, M., & Stevanus, K. (2021). Dinamika Psikologis Remaja Di Panti Asuhan: Studi Fenomenologi. DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika, 4(1), 10–20. https://doi.org/10.53547/diegesis.v4i1.90

Sulaeman, E. S. (2016). Pembelajaran Model dan Teori Perilaku Kesehatan, Konsep dan Aplikasi. UNS Press.

Unayah, N., & Sabarisman, M. (2016). FENOMENA KENAKALAN REMAJA DAN KRIMINALITAS. Sosio Informa, 1(2), 121–140. https://doi.org/10.33007/inf.v1i2.142

Unicef. (2020, Februari 10). Cyberbullying: What is it and how to stop it. unicef.org. https://www.unicef.org/indonesia/id/pencarian?force=0&query=cyberbullying

Wahadyo, A. (2019). Tips Berinternet, Cepat, Heat, dan Aman. Media Kita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sutipyo Ru'iya, Sri Roviana, Yusron Masduki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License