Peningkatan daya saing Desa Wisata Ngoro-oro Patuk Gunungkidul

Surahma Asti Mulasari, Lu'lu' Nafiati, Herman Yuliansyah, Fatwa Tentama, Sulistyawati Sulistyawati, Tri Wahyuni Sukesi, Fanani Arief Ghozali, Bambang Sudarsono

Abstract


Desa wisata Ngoro-oro memiliki potensi dalam membangkitkan ekonomi masyarakat di daerah sekitar. Meskipun demikian, masih ditemukan permasalahan, misalnya terkait belum optimalnya pemanfaatan teknologi karena faktor pendampingan yang masih dianggap kurang oleh masyarakat. Masyarakat masih membutuhkan pendampingan lebih lanjut untuk memastikan Desa Ngoro-oro dapat secara mandiri meneruskan program terkait pengembangan potensi ekonomi desa wisata dan mewujudkan desa wisata sehat sesuai RPJM Desa Ngoro-oro. Tujuan dari pengabdian ini adalah meneruskan program yang sudah diinisiasi pada tahun 2021, menggiatkan kembali UKM Bangkit dan sektor wisata outbound, serta mengembangkan kegiatan yang lebih komprehensif sehingga terbentuk desa wisata Ngoro-oro. Desa wisata ini diharapkan dapat menjadi salah satu model science techno park perguruan tinggi. Pengabdian dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan, TOT, praktek, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan selama bulan Juni 2022 hingga bulan Oktober 2022. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian yang dilakukan selama 3 tahun dari tahun 2021 hingga tahun 2023. Dengan adanya kegiatan ini, telah tersusun site plan rest area serta pasar Ngoro-oro sebagai sentra kegiatan pariwisata Desa Ngoro-oro, rencana bisnis untuk desa wisata Ngoro-oro, teknologi informasi serta sistem informasi bagi pengembangan desa wisata, rancangan strategi digital marketing untuk produk desa wisata, rancangan K3 desa wisata, dan pengembangan wahana wisata outbound.


Keywords


Desa wisata; Pemasaran; UMKM; Outbound

Full Text:

PDF

References


Desa wisata Ngoro-oro memiliki potensi dalam membangkitkan ekonomi masyarakat di daerah sekitar. Meskipun demikian, masih ditemukan permasalahan, misalnya terkait belum optimalnya pemanfaatan teknologi karena faktor pendampingan yang masih dianggap kurang oleh masyarakat. Masyarakat masih membutuhkan pendampingan lebih lanjut untuk memastikan Desa Ngoro-oro dapat secara mandiri meneruskan program terkait pengembangan potensi ekonomi desa wisata dan mewujudkan desa wisata sehat sesuai RPJM Desa Ngoro-oro. Tujuan dari pengabdian ini adalah meneruskan program yang sudah diinisiasi pada tahun 2021, menggiatkan kembali UKM Bangkit dan sektor wisata outbound, serta mengembangkan kegiatan yang lebih komprehensif sehingga terbentuk desa wisata Ngoro-oro. Desa wisata ini diharapkan dapat menjadi salah satu model science techno park perguruan tinggi. Pengabdian dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan, TOT, praktek, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan selama bulan Juni 2022 hingga bulan Oktober 2022. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian yang dilakukan selama 3 tahun dari tahun 2021 hingga tahun 2023. Dengan adanya kegiatan ini, telah tersusun site plan rest area serta pasar Ngoro-oro sebagai sentra kegiatan pariwisata Desa Ngoro-oro, rencana bisnis untuk desa wisata Ngoro-oro, teknologi informasi serta sistem informasi bagi pengembangan desa wisata, rancangan strategi digital marketing untuk produk desa wisata, rancangan K3 desa wisata, dan pengembangan wahana wisata outbound.Chen, Y. S., Hung, S. T., Wang, T. Y., Huang, A. F., & Liao, Y. W. (2017). The influence of excessive product packaging on green brand attachment: The mediation roles of green brand attitude and green brand image. Sustainability (Switzerland), 9(4). https://doi.org/10.3390/SU9040654

Duralia, O. (2018). Integrated marketing communication and its impact on consumer behavior. Studies in Business and Economics, 13(2), 92–102. https://doi.org/10.2478/SBE-2018-0022

Hasan, M., Dzakiyyah, A., Kumalasari, D. A., Safira, N., & Aini, S. N. (2021). Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner Di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(2), 135–150. https://doi.org/10.31940/JBK.V17I2.2529

Meridiana, A. (2018). Data Desa - Website Ngoro-oro. https://desangoro-oro.gunungkidulkab.go.id/first/artikel/82

Mulasari, S. A., Tentama, F., Sukesi, T. W., Sulistyawati, S., Nafiati, L., Yuliansyah, H., Hastuti, S. K. W., & Rokhmayanti, R. (2021). UKM “Bangkit”: Strategi Penguatan Ekonomi dan Kebangkitan di Era Kenormalan Baru COVID-19. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 140–146. https://doi.org/10.25077/LOGISTA.5.1.140-146.2021

Payne, E. M., Peltier, J. W., & Barger, V. A. (2017). Omni-channel marketing, integrated marketing communications and consumer engagement: A research agenda. Journal of Research in Interactive Marketing, 11(2), 185–197. https://doi.org/10.1108/JRIM-08-2016-0091/FULL/XML

Yuliansyah, H., Mulasari, S. A., Tentama, F., Sulistyawati, S., Nafiati, L., & Sukesi, T. W. (2022). Pengembangan dan Pemanfaatan Platform Digital Untuk Desa Wisata di Desa Ngoro-oro Gunungkidul. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.20895/IJCOSIN.V2I1.385


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Surahma Asti Mulasari, Lu'lu' Nafiati, Herman Yuliansyah, Fatwa Tentama, Sulistyawati Sulistyawati, Tri Wahyuni Sukesi, Fanani Arief Ghozali, Bambang Sudarsono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License