MODEL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP BAGI PARA LANSIA DI KEMANTREN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Indah Nur shanty Saleh, Bita Gatsia Spaltani, Kurnia Dewi Anggraeny

Abstract


Kemantren Umbulharjo merupakan kemantren terluas di Kota Yogyakarta dengan jumlah warga lansia yang tidak sedikit. Keberadaan lansia di Kemantren Umbulharjo yang jumlahnya tidak sedikit dapat dikatakan sebagai potensi yang besar bagi upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Pola pikir dan pola tindak yang baik terhadap lingkungan menjadi modal dasar untuk menjadi penggerak perjuangan bagi kelestarian fungsi lingkungan hidup. Terutama pada kawasan perkotaan seperti Kota Yogyakarta yang menghadapi kompleksitas permasalahan lingkungan hidup. Sampai saat ini formulasi pemenuhan hak pendidikan lingkungan hidup yang baik dan sehat belum menemukan bentuk terbaiknya. Termasuk juga hal tersebut terjadi di Kemantren Umbulharjo. Padahal dengan jumlah warga lansia yang tidak sedikit di Kemantren Umbulharjo merupakan potensi besar apabila tergarap dengan baik. Lansia yang berdaya bagi kelestarian lingkungan hidup merupakan salah satu modal dasar dari pencapaian perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik di Kota Yogyakarta. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para lansia di Kemantren Umbulharjo mengenai lingkungan hidup agar para lansia mampu berperan serta dengan baik sesuai kapastitasnya dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, kegiatan pengabdian dilaksanakan untuk menyelesaikan permasalahan di Kemantren Umbulharjo. Kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan peningkatan pengetahuan dan pemahaman mengenai hukum lingkungan hidup,  hak pendidikan atas lingkungan hidup, serta hak dan kewajiban lansia dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Metode pelaksanaannya adalah ceramah, diskusi dan pendampingan. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan diperoleh hasil terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman para lansia di Kemantren Umbulharjo. Selain peningkatan pengetahuan dan pemahaman, para lansia di Kemantren Umbulharjo juga menjadi lebih memiliki kesadaran dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, serta semakin meningkat keberdayaannya dalam berperan serta aktif untuk mewujudkan terciptanya kelestarian fungsi lingkungan hidup khususnya di wilayah tempat tinggal  masing-masing.


Keywords


pendidikan, lingkungan hidup, lansia

Full Text:

PDF

References


Salim, Emil. (1993). Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Jakarta: LP3ES

Bruce Mitchell, dkk. (2000). Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press

Sapta Dewi, Yusriani. (2009). Pembangunan Berkelanjutan dalam Sinergi Perempuan dalam pembangunan Berkelanjutan, Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta: Penerbit Djambatan

Latuconsina, Butar. Pengarusutamaan Gender dalam Kebijakan Pembangunan Berkelanjuran, dalam Sinergi Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan, Aliansi perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan

Anis Izdiha dan Arin Mamlakah Kalamika. (2018). Successful Aging di Yogyakarta Bekerja sebagai Optimalisasi Usia Tua. Welfare, 1(1)

Nurul Khotimah, Gunardo RB, Anik Ghufron, Sri Sugiharti, dan Kanthi Aryekti. (2016). Lanjut Usia (Lansia) Peduli Masa Depan di DIY. Jurnal Geomedia, 14(2)

Irmawan. (2017). Pelayanan Sosial bagi Lanjut Usia Berbasis Masyarakat Desa The Social Service For Elderly People on Village Community Service Basis. Jurnal PKS, 16(4)

Suparna Parwodiwiyono. 2022. Determinan Penduduk Lanjut Usia Miskin Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(3)

Rizky Erwanto, Dwi Endah Kurniasih, Thomas Aquino. (2020). Pengembangan Dusun Ramah Lansia Melalui Pelaksanaan Sekolah Lansia di Karet Kabupaten Bantul. Jurnal Masyarakat Mandiri. 4(6)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 indah nur shanty saleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License