Pendampingan Digitalisasi Bahan Ajar Melalui Fitur Drag and Drop dengan Aplikasi FPCE yang Berorientasi Kemampuan Literasi ICT Guru

Anggit Prabowo, Andriyani Andriyani, Afit Istiandaru

Abstract


Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan perlunya integrasi TIK dalam pembelajaran. Praktiknya, guru masih mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan ICT dalam pembelajaran di kelas karena keterbatasan kemampuan literasi ICT. Hasil studi di di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta menunjukkan: 1) sebagian besar (75%) guru belum sepenuhnya menguasai kemampuan literasi ICT; 2) kurangnya kompetensi pedagogik guru dalam mengelola pembelajaran, khususnya dalam menumbuhkan interaksi belajar guru dengan siswa melalui penyediaan bahan ajar yang interaktif; 3) sering terjadi pelanggaran aturan oleh siswa berkaitan dengan penggunaan smarphone di luar konteks pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pendampingan digitalisasi bahan ajar guru di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui fitur Drag and Drop dengan Aplikasi FPCE yang Berorientasi Kemampuan Literasi ICT  guru-guru SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan digitalisasi bahan ajar kepada para guru di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berorientasi pada kemampuan literasi ICT. Dengan pendampingan ini guru dapat terbantu dalam penyediaan bahan ajar-bahan ajar digital yang menarik minat belajar siswa. Digitalisasi dilakukan melalui pemanfaatan Fitur Drag and Drop dengan Aplikasi FPCE (Flipp PDF Coorporate Edition). Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama dua kali pertemuan dan selanjutnya dilakukan pendampingan kepada guru-guru dalam mengembangkan bahan ajar.

Hasil pelatihan dan pendampingan menunjukkan skor guru mampu memanfaatkan TIK dalam pembelajaran sebesar 83,37 dan skor guru dalam kemampuan literasi sebesar 74,13. Skor tersebut menunjukkan bahwa guru telah mampu memanfaatkan TIK dalam pembelajaran dengan baik dan memiliki kemampuan literasi ICT yang cukup baik. Dampaknya, guru dapat memanfaatkan TIK untuk menunjang aktivitas pembelajaran di kelas sehingga kebermanfaatan gadget yang dimiliki siswa semakin bermanfaat untuk mendukung aktivitas pembelajaran di sekolah. 


Keywords


ICT, literasi, bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., dan Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran IPSdan PKnBerbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(6), 6264-6270.

ETS. (2007). Digital Transformation: A Framework for ICT Literacy. A Report of the International ICT Literacy Panel. USA. Diambil 21 Agustus 2018, dari www.ets.org/research/ictliteracy.

Juniarta, P.A.K. (2017). Literasi Ict Bagi Kelompok Guru Bahasa Inggris di Nusa Penida-Bali. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 136-144.

Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1, 113-120.

Saepudin, C. (2019). Analisis literasi TIK guru SMK di Kabupaten Bandung berdasarkan Demografi. Jurnal Teknik Informatika, 11(3), 1-7.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (E-Journal),1, 1276-1283.

Ana, R., Marzal, J. and Damris, M. (2015). Investigation in Knowledge, Skill and Implementation of Information and Communication Technology (ICT) Senior High School Mathematic Teachers in Tanjung Jabung Barat. Edu-Sains, 4(2), 37-45.

Wibowo, E. dan Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 148-155.

Fitri, E. R. (2021). Pengembangan LKPD Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2),281-291.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anggit Prabowo, Andriyani Andriyani, Afit Istiandaru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License