Perancangan Website Pemasaran Di Embung Blubuk, Pengasih, Kulon Progo

Arfiani Nur Khusna, Ulinnuha Yudiansa Putra

Abstract


Pariwisata hadir sebagai sentra perekonomian, berdampak pada kenaikan pendapatan masyarakat sehingga mendorong pemerintah untuk mengelola pariwisata. Tak terkecuali pemerintah pengelola wisata Embung Blubuk di daerah Pengasih Kulon Progo yang mulai mengoptimalkan potensi daerahnya untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata. Namun dengan banyaknya wisata di daerah Kulon progo, selain menambah pilihan masyarakat untuk berwisata, juga menjadikan kompetisi persaingan wisata semakin luas. Kendala pengelola wisata Embung Blubuk belum dikenal secara luas sehingga diperlukan pemasaran lebih gencar agar lebih dikenal ke masyarakat luas, salah satu cara mengenalkan daerah wisata dengan menggunakan website pemasaran. Tahapan membuat perancangan website pemasaran dilakukan dengan menganalisa data sesuai kebutuhan pengelola terkait informasi yang akan ditampilkan pada website, kemudian merancang struktur menu untuk website serta evaluasi terkait perancangan website pemasaran. Hasil kegiatan menunjukkan keberhasilan dengan indikasi berupa kesesuaian perancangan website pemasaran yang sesuai dengan keinginan pengelola Embung Blubuk sehingga dapat dilanjutkan dengan implementasi website pemasaran Embung Blubuk.


Keywords


Website; Pemasaran; Embung Blubuk

Full Text:

PDF

References


Fajrul, F.M., & Al-Husaini. (2013). Peran Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Dalam Pengembangan Potensi Pariwisata di Kabupaten Kulon Progo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial. Yogyakarta: Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.

Kharisma, B. (2019). Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (TLG Hipotesis, Studi Kasus: 8 Negara Asean). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 1193-1208.

Permadi, Y., & Khusna, A. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Pariwisata dan Reservasi Tempat Wisata Kabupaten Purbalingga Berbasis Web. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 5(1), 70-79.

Riyoko, S., & Lofian, B. (2020). Model Pengembangan Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Jepara. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(2), 113-120.

Utami, B., & Kafabih, A. (2021). Sektor Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 4(1), 383 – 389.

Wijayanto, H., Raharja, B. D., & Prabowo, I. A. (2021). Perancangan Aplikasi Mobile Berbasis Android untuk Meningkatkan Promosi Produk pada CV Putra Nugraha. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(3), 473-476.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arfiani Nur Khusna, Ulinnuha Yudiansa Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License