Pendampingan Pengelolaan Sampah Berbasis BUMKal di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul untuk Mewujudkan Gerakan Bantul Bersama

Dedi Wijayanti, Son Ali Akbar, Nurul Satria Abdi, Purwati Zisca Diana, Muhammad Saeful Efendi, Ariesty Fujiastuti

Abstract


Pemerintah Kabupaten Bantul bertekad mewujudkan Bersih Sampah 2025 melalui Gerakan Bantul Bersama. Gerakan ini dapat diwujudkan apabila ada sinergisitas dan kolaborasi dari berbagai stakeholder. Dan salah satu stakeholder adalah dari akademisi  yaitu dari Universitas Ahmad Dahlan melalui pengabdian dosennya sebagai salah satu hal yang tertuang dalam catur dharma perguruan tinggi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, tujuan dari pengabdian ini adalah: (1) mengembangkan aplikasi tersistem mengenai data pengelola sampah; (2) perlunya pendampingan terhadap BUMKal yang menjadi titik prioritas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul; (3) pendampingan pembuatan peraturan kalurahan dan sosialisasi Gerakan Bantul Bersama; (4) pendampingan pembuatan literasi mengenai lingkungan dan pengelolaan sampah. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini yaitu metode tutorial dengan pendampingan secara luring yang dilakukan dengan pembagian tugas enam dosen dan empat mahasiswa yang terlibat. Adapun hasil dan dampak pengabdian  dari pengabdian ini adalah: (1) tersusunnya sebuah aplikasi tersistem bernama simbersama yang terdapat dalam web Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul; (2)  pendampingan terhadap BUMKal di Gilangharjo, Triharjo, dan Tirtonirmolo; (3) sosialisasi dan pendampingan pembuatan peraturan kalurahan di Kalurahan Trirenggo dan Palpabang; (4) tersusunnya literasi (video persuasif) untuk mensukseskan Gerakan Bantul Bersama.


Keywords


sampah, BUMKal, Bantul Bersama

Full Text:

PDF

References


Alex S. 2020. Sukses Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik. Bantul: Pustaka Baru Press.

Tim Hayu S. 2020. Buku Saku Khotbah untuk Umat Islam. Jakarta: Yayasan ICLEI. [3]Wahyuni Purnami. 2020. Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Kesadaran Ekologis Siswa. 9(2), 110-116.

Bambang Wintoko. 2020. Panduan Praktis Mendirikan Bank Sampah. Bantul: Pustaka Baru Press.

Tim Wahid MA. 2022. Modul Sosialisasi Pengurangan Sampah dari Sumber Sampah untuk mendukung Bantul Bersama. Bantul: Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul.

Tim Ilyas Asaad.2011.Teologi Lingkungan: Etika Pengelolaan Lingkungan dalam Perspektif Islam. Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Lingkungan Hidup, Dan Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dedi Wijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License