Penguatan Pengetahuan Profesional Guru PAUD Aisyiyah Melalui Pendalam Materi Asesmen dan Pelaporan Perkembangan Anak berdasarkan Kurikulum Merdeka

Prima Suci Rohmadheny, Miftahurrahma Rosyda, Ega Asnatasia Maharani, Rizki Nur Rachmadi Yudadiningrat, Rizqi Yunianti

Abstract


Asesmen dan perencanaan pembelajaran merupakan dua hal yang saling berhubungan. Asesmen yang dilakukan dengan tepat oleh guru PAUD dan menjadi dasar dalam merancang pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Oleh sebab itu, tujuan utama dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pelayanan guru PAUD Aisyiyah dalam melakukan asesmen dan pelaporan perkembangan anak usia dini agar dapat menjadi dasar bagi mereka dalam merancang pembelajaran yang tepat dan bermakna selanjutnya. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan ceramah, brainstorming dan diskusi yang melibatkan 10 orang pendidik PAUD Aisyiyah. Kegiatan diawali dengan pre-test dengan skor rata-rata 72 dan diakhiri dengan post-tes dengan skor rata-rata 85. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pelatihan ini terbukti berhasil meningkatkan pengetahuan guru PAUD Aisyiyah dalam hal asesmen dan pelaporan evaluasi. Dampak dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan layanan stimulasi yang tepat didasarkan pada hasil asesmen pada anak usia dini.


Keywords


profesional, PAUD Aisyiyah, asesmen perkembangan, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64–84.

Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54–64.

Irwan, I. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 43–54.

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan metode brainstorming dengan bantuan media gambar grafis untuk meningkatkan hasil belajar Pkn siswa kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18–25.

Labahi, P. A. (2019). Penerapan Metode “Brainstorming” Pada Diklat Masyarakat Budidaya dan Pengolahan Aren Kabupaten Pangkep. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 19(1), 01–09.

Purba, F. J. (2020). Penggunaan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 8(1).

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(1), 75–94.

Rohmanurmeta, F. M., Harsanti, A. G., & Widyaningrum, H. K. (2016). Pengaruh Metode Brainstorming terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 10–19.

Siregar, M. (2019). Penerapan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa VIII Spm Negeri 2 Satu Atap Pangkatan Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2013/2014. CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC), 1(1), 27–33.

Yakin, A. (2020). Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), 157–163.

https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220407_152206_Salinan%20Permendikbudristek%20Nomor%2014%20Tahun%202022%20-%20jdih.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prima Suci Rohmadheny, Miftahurrahma Rosyda, Ega Asnatasia Maharani, Rizki Nur Rachmadi Yudadiningrat, Rizqi Yunianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License