Pelatihan pemanfaatan teknologi digital dan fun learning di MTs Muhammadiyah Sanden untuk mendukung Gerakan Bantul Bersih Sampah

Nur Fatimah, Ani Susanti, Muh Saeful Effendi, Ahmad Azhari, Etri Widyastuti, Hasna Rahmah Dhiya, Nur Bidayah Syarifah

Abstract


Pembelajaran di MTs Muhammadiyah di Murtigading, Sanden, Bantul saat pengabdian ini dilakukan masih mengandalkan buku teks. Pembelajaran yang mengandalkan pemanfaatan buku teks semata belum memungkinkan tercapainya target pembelajaran yang komprehensif bagi siswa. Oleh karena itu, tim pengabdian mengusahakan penyelesaian masalah tersebut dengan beberapa tahapan.  Di tahap awal dilakukan koordinasi, sharing dan diskusi dalam melakukan analisis kebutuhan ICT guru-guru di sekolah. Pada tahap pelaksanaan, kepada para guru tersebut diberikan pelatihan pemanfaatan media digital dan workshop metode pembelajaran yang menarik (Fun Learning) dengan media digital yang berkontribusi pada permasalahan sosial, lebih spesifik lagi pendidikan untuk lingkungan yang bersih dan sehat. Dalam hal ini tim melakukan pelatihan untuk penguatan literasi media digital dan pemberdayaan guru dalam menggunakan metode dan media untuk mengajar yang menyenangkan, dihubungkan dengan materi lingkungan dan pola hidup bersih dan sehat yang mendukung Program Bantul Bersama 2025. Sesudah mengikuti kedua pelatihan tersebut, para guru di MTs Muhammadiyah di Murtigading, Sanden didampingi dalam menuntaskan pengembangan project yang dibuat untuk pembelajaran dengan memanfaatkan Wordwall dan Canva. Aplikasi tersebut dimanfaatkan untuk pembelajaran sehingga guru dalam proses belajar mengajar dapat memfasilitasi siswa dalam menerapkan materi dalam bentuk tangible learning product dari hasil project based learning yang memanfaatkan teknologi digital. 


Keywords


Canva, Fun Learning, Pendidikan Lingkungan, Wordwall

Full Text:

PDF

References


Beckett, G. H., & Slater, T. (2018). Project‐based learning and technology. The TESOL encyclopedia of English language teaching, 1-7.

Fatimah, N. (2012). Developing literacy skills through learning products in English for young learners. Proceedings on the second TEYLIN National Conference.

Fragoulis, I., & Tsiplakides, I. (2009). Project-based learning in the teaching of English as a foreign language in Greek primary schools: From theory to practice. English Language Teaching, 2(3), 113–119.

Hutchinson, T & Waters, A. (1991). English for Specific Purposes: A learning-centred approach. Cambridge: Cambridge University Press.

Junaedi. (2022). Desa tanpa TPA. Yogyakarta: Kedaulatan Rakyat 17 Mei 2022 hal. 11.

Stoller, F. (2002). Project work: A means to promote language and content. In J. C. Richards & W. A. Renandya (Eds.), Methodology in language teaching: An anthology of current practice (pp. 107–120). Cambridge: Cambridge University Press.

Vijayalakshmi, M. (2019). Environmental education for quality enhancement of sustainable development environmental education for quality enhancement of sustainable development. Conference: Best Practices in Enhancing the Quality of Higher Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Fatimah, Ani Susanti, Muh Saeful Effendi, Ahmad Azhari, Etri Widyastuti, Hasna Rahmah Dhiya, Nur Bidayah Syarifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License