Pelatihan Penulisan Kreatif untuk Komunitas Internasional ECLIPSE dalam rangka Penguatan Intercultural Communication Awareness

Ani Susanti, Ani Susanti, Hana Farida, Intan Rawit Sapanti

Abstract


Tujuan pelatihan penulisan kreatif yang didalamnya diagendakan diskusi tentang keanekaragaman budaya dan dilibatkannya para peserta dari berbagai latar belakang budaya dan negara, maka diharapkan pemahaman lintas budaya atau intercultural awareness dapat ditingkatkan. Selain itu, dengan diciptakannya berbagai tulisan menarik dalam pelatihan penulisan kreatif, maka pelatihan ini bertujuan untuk menambah jumlah pustaka berkonten budaya yang dapat mempermudah komunitas internasional dalam mengakses berbagai informasi budaya dan mendukung peningkatan pemahaman lintas budaya. Solusi dari permasalahan di atas adalah dengan memberikan pelatihan penulisan kreatif khususnya penulisan karya sastra dan karya populer yang memiliki muatan budaya masing-masing peserta dari beberapa negara.

 

Metode pelaksanaan pengabdian ini meliputi Focus Group Discussion untuk menyaring kebutuhan peserta, pelatihan penulisan kreatif, pengembangan dan pendampingan penulisan kreatif, proses penyuntingan naskah serta penyusunan naskah antologi karya peserta pelatihan. Rencana kegiatan pengabdian akan dilaksanakan dengan metode sinkronus dan asinkronus melalui zoom meeting dan juga melalui pertemuan asinkron pada proses pendampingan dan pengembangan penulisan kreatif. Adapun keterlibatan AUM pada pengabdian ini terdapat PCM Malaysia yang memberikan rekomendasi kegiatan pengabdian dan IMM Malaysia yang akan menjadi peserta pelatihan ini.

 

Target luaran dari pengabdian ini adalah artikel prosiding seminar nasional PPM, publikasi di media massa, video kegiatan, serta buku naskah antologi karya para peserta pelatihan. Kata kunci : komunitas internasional, pemahaman lintas budaya, penulisan kreatif, pengabdian.


Full Text:

PDF

References


Gutiérrez Almarza G, Durán Martínez R, Beltrán Llavador F. Identifying students’ intercultural communicative competence at the beginning of their placement: towards the enhancement of study abroad programmes. Intercult Educ. 2015;26(1):73–85.

Machwate S, Bendaoud R, Henze J, Berrada K, Burgos D. Virtual exchange to develop cultural, language, and digital competencies. Sustain. 2021;13(11):1– 16.

Batardière M-T, Giralt M, Jeanneau C, Le-Baron-Earle F, O’Regan V. Promoting intercultural awareness among European university students via pre-mobility virtualexchanges. J virtual Exch. 2019;2(1):1–6.

Yunus S. Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia; 2015.

Tarigan HG. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa;2008.

Marahimin I. Menulis Secara Populer. Jakarta: PT Dunia Pustaka; 2010.

Jabrohim dkk. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2009.

Rahardi F. Panduan Lengkap Menulis Artikel, Feature, dan Esai. Depok: KawanPustaka; 2006.

Sastra dan Ilmu Sastra : Pengantar Teori Sastra. Tujuh. Jakarta: Pustaka Jaya; 1984.

Y S dan M. Keterampilan Dasar Menulis. Limabelas. Jakarta: Universitas Terbuka;2007.

Morley, David. 2007. The Cambridge Introduction to Creative Writing. New York: Cambridge University Press.

Steen Steensen (2009) Online Feature Journalism, Journalism Practice, 3:1, p13-29, https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/17512780802560716

Grobman, Laurie (2002). "Just Multiculturalism": Teaching Writing as Critical and Ethical Practice. JAC: A Journal of Composition Theory, v22 n4 p815-45. https://www.jstor.org/stable/20866532

Sapanti, Intan Rawit & Hana Farida. Pelatihan menulis artikel feature bagi penyandang disabilitas netra di Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, Vol 3 p1274-1279. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/7648


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ani Susanti, Ani Susanti, Hana Farida, Intan Rawit Sapanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License