Workshop Implementasi Literasi Numerasi dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka

mukti sintawati, Hengkang Bara Saputro, Sugeng Riyanto

Abstract


Kurikulum merdeka sudah mulai diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia. Penerapan Kurikulum Merdeka ini masih menimbulkan kesulitan bagi para guru Sekolah Dasar (SD). Hal ini disebabkan karena tidak adanya pelatihan implementasi kurikulum merdeka dari pemerintah. Sebagian besar guru belajar secara mandiri melalui aplikasi Merdeka Mengajar, namun hal ini masih menimbulkan kesulitan bagi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Prodi Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ahmad Dahlan memberikan Workshop Implementasi Literasi Numerasi dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru SD Muhammadiyah Argosari Sedayu Bantul. SD Muhammadiyah Argosari Sedayu sudah mulai menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajarannya, namun belum semua guru mendapatkan pelatihan tentang Kurikulum Merdeka. Guru-guru belajar mengembangkan perangkat pembelajaran berupa modul ajar kurikulum merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, 26-27 Agustus 2022 dan 28-29 Oktober 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 18 Guru SD Muhammadiyah Argosari Sedayu. Selain itu, guru-guru juga dilatih dalam membiasakan literasi dan numerasi dalam pembelajaran. Hasil dari Kegiatan ini peserta workshop mampu mengimplementasikan literasi dan numerasi dalam modul ajar kurikulum merdeka.


Keywords


kurikulum merdeka, literasi, numerasi

Full Text:

PDF

References


OECD.2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing

OECD. 2018. PISA 2015. PISA Result in Focus. Paris: PISA-OECD Publishing.

OECD. 2019. PISA 2018. PISA Result Combined Executive Summaries. PISA-OECD Publishing

Puslitjak & INOVASI. (2021). Pemulihan pembelajaran: Waktunya untuk bertindak risalah kebijakan.

Suyono, dkk. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, [S.l.], p. 116-123, nov. 2017. ISSN 2581-1983. Available at: . Date accessed: 13 feb. 2022. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116.

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Andriani, D. (2017). Kiat Menghadapi Anak dengan Gangguan Sensori. Tempo, Retrieved from Https://Cantiktempo.Co/Read/858285/Kiat-Menghadapi- Anak-Dengan-GangguanSensori/Full&view=ok

Nataliya, P. (2015). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343–358.

Romadhon. 2020. Pentingnya Membaca Dan Menulis Serta Kaitannya Dengan Kemajuan Peradaban Bangsa. Jurnal Edukasi, 1(1),1-11.

Wulandari, S & Prasetyaningrum S. (2018). Media stamp game untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak slow learner di sekolah dasar. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 131-148.

Meilanic, R. S. M. 2021. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958-964.

Montessori, M. 2020. Dr. Montessori’s Own Handbook, terjemah: Pratiwi Utami. Yogyakarta: Bentang Pustaka

Lilard, P.P, & Jessen, L.L. 2019. Montessori: Mendidik sejak lahir, terjemah Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Montessori, M. (2008). The Absorbent Mind (Pikiran yang Mudah Menyerap),terjemah: Daryanto.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Montessori, M. 2013. Metode Montessori Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua didik paud. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudono, A. 2010. Sumber belajar dan alat permainan: untuk pendidikan anak usia dini. Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 mukti sintawati, Hengkang Bara Saputro, Sugeng Riyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License