Program tahsinul qur’an bagi lansia

Yusuf Hanafiah, Pribawa E. Pantas, Muh Alif Kurniawan, Husein Ma'ruf, Asri Putri Satya Insani, Kinanti Amalia Putri

Abstract


Al-Qur’an merupakan kalamullah yang menjadi pedoman serta petunjuk hidup manusia. Membacanya merupakan kewajiban dan akan mendapatkan pahala besar. Namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik khususnya para lansia. Salah satunya yang terjadi pada para jama’ah lansia masjid Hayu Kurniawan Sorosutan, Yogyakarta. Secara lebih spesifik, kendala kaum lansia jama’ah masjid tersebut dalam membaca al-Qur’an terdapat pada tiga aspek, yaitu 1) aspek makhroj huruf; 2) aspek panjang pendek bacaan; dan 3) aspek pemahaman hukum tajwid. Berangkat dari problem tersebut, penulis melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan Tahsinul Qur’an. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kemampuan baca al-Qur’an jama’ah lansia masjid Hayu Kurniawan dalam aspek makhroj huruf, panjang pendek bacaan, dan pemahaman hukum tajwid. Metode dalam program ini adalah dengan mengadakan assessment awal kemampuan baca al-Qur’an jama’ah, penyuluhan berupa pemahaman terhadap tajwid, dan pelatihan tahsinul Qur’an. Hasil dan dampak dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah peningkatan keberdayaan mitra dalam beberapa hal, yaitu 1) kemampuan melafalkan makhroj huruf dengan benar; 2) pemahaman aspek panjang pendek bacaan; serta 3) pemahaman hukum tajwid (hukum bacaan).


Keywords


Tahsinul Qur’an, Lansia, Masjid Hayu Kurniawan

Full Text:

PDF

References


BA Gusman; dkk. (2021). Studi Terhadap Implementasi Metode Takrir Bagi Penghafal Al-Qur’an. Saliha, 4(2). http://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/saliha/article/view/166

Dimas Choirul. (2022). DMI: 65 Persen Muslim Indonesia Buta Baca Alquran. Okenews. https://nasional.okezone.com/read/2022/01/22/337/2536279/dmi-65-persen-muslim-indonesia-buta-baca-alquran#:~:text=JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Masjid,dilakukan oleh sejumlah kelompok Islam.

Fatmah, Data, T. P., Data, T. A., Data, P. K., & Islamiyah, W. (2021). Upaya Wahdah Islamiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Metode Dirosa pada Masyarakat Desa Sibalaya Utara. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman.

Fifin Alfionita, dkk. (2021). Studi Analisis Terhadap Implementasi Pembelajaran Tajwid Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Pandemi Covid 19. TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 11(2). http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/tarbiya/article/view/1251/688

Gunawan, F., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Drill And Practice Meningkatkan Kecakapan Bahasa Jepang Ungkapan Sehari-Hari. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p187

Iskandar, I., & Amirullah, M. (2020). Pelaksanaan Dirasah Qur’aniyah sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Baca Al-Qur’an di Desa Tukamasea Kabupaten Maros. WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.36701/wahatul.v1i1.135

Lukman Hakim; dkk. (2022). MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE TAJWID DI TPQ DARUL ULUM HIDAYATULLAH KOTA PROBOLINGGO. Development, 1(2).

M. Ilham, M. I. (2017). HERMENEUTIKA ALQURAN. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan. https://doi.org/10.35905/kur.v10i2.595

Mohamad Nasirudin; dkk. (2021). Menjaga Generasi Islam Bangsauntuk Cerdas MembacaAl Qur’ansesuai Tajwid. KEAGAMAAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2).

Muklisin. (2019). PEMBERANTASAN BUTA AKSARA AL-485¶$1 PADA SUKU ANAK DALAM (STUDI KASUS DI DESA DWI KARYA BHAKTI KECAMATAN PELEPAT KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI). Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 5(1).

Rama Joni; et all. (2020). Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Warga Desa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1).

WR. Lestari dkk. (2021). Efektivitas Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 yusuf hanafiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License