Diversifikasi Produk Kakao dan Pemasaran Berkelanjutan Dalam Mendorong Ekonomi Masyarakat Desa Bunder, Kabupaten Gunung Kidul

Rusdianto Rusdianto, Farrah Fadhillah Hanum, Budi Barata Kusuma Utami

Abstract


Kabupaten Gunung Kidul menjadi salah satu kabupaten yang mengembangkan tanaman kakao, dan salah satunya terletak di Desa Bunder. Besarnya potensi kakao belum diimbangi dengan tingkat pengetahuan masyarakat dalam inovasi olahan produk berbahan dasar coklat. Petani kakao di Desa Bunder masih memiliki kendala dalam pengolahan kakao. Pertama, belum memiliki pengetahuan terhadap karakteristik produk yang diinginkan pasar dan pengetahuan pengelolaan produk olahan kakao sehingga dapat diterima dipasar. Kedua masih minimnya kemampuan dalam pengembangan bisnis produk kakao. Ketiga belum memahami cara penentuan harga jual dan promosi hasil olahan kakao yang telah diproduksi. Beberapa permasalahan tersebut dapat diselesaikan dalam beberapa tahap. Pertama, pelatihan pengelolaan kakao kering secara benar dan produk turunannya. Kedua, pelatihan pengelolaan usaha dan menemukan peluang bisnis kakao. Ketiga pelatihan pembukuan sederhana dan penentuan harga jual produk agar usaha yang akan dijalankan dapat terekam pembukuannya. Keempat pelatihan pada bidang pengemasan produk dan pemasaran agar produknya dapat dijual ke pasar. Hasil pengabdian memberikan pengalaman baru kepada mitra tentang inovasi produk kakao mulai dari pengolahan biji kakao, pengolahan bahan baku, produk, sampai pada tahap pemasaran dan penentuan harga jualnya.


Keywords


Diversifikasi Produk; Pemasaran Berkelanjutan, Pertumbuhan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Fontana, A. (2011). Innovate We Can!. Cipta Inovasi Sejahtera

Muhammad, D. R. A., Fauza, G., & Affandi, D. R. (2021). Peningkatan Kapasitas Produksi Usaha Rintisan “Semesta Rasa” melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 210-216.

Purba, H. H., & Maarif, M. S. (2018). Pengembangan Produk Makanan Cokelat Berbasis Preferensi Konsumen. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 28(1).

Revulaningtyas, I. R. (2020). Pelatihan Pengolahan Kakao Oleh Praktisi Internasional Untuk Meningkatkan Mutu Produk Olahan Kakao Di Kelompok Tani Desa Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 3(1), 392-399.

Shaf, W. A. (2015). Tumpang Sari Pada Produksi Benih Kelapa Dalam.

Sondakh, R. C., Kusrianti, N., & Astri, F. (2021). Pendampingan Pembuatan Kreasi Cokelat untuk Pengembangan Industri Rumahan Desa Ginunggung, Kabupaten Tolitoli. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 132-138.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rusdianto Rusdianto, Farrah Fadhillah Hanum, Budi Barata Kusuma Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License