Integrasi Pendidikan Antikorupsi dalam Budaya Sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Bantul

Dr. Sumaryati, M.Hum, Supriyadi Supriyadi, Trisna Sukmayadi

Abstract


Integrasi Pendidikan antikorupsi dalam budaya sekolah sangat penting. Dalam hal ini penanaman dan pembiasaan nilai-nilai antikorupsi terjadi dengan menyenangkan. SMA Muhammadiyah 1 Bantul bertujuan mencetak kader-kader Muhammadiyah yang berakhlak mulia. Salah satu indikator berakhlak mulia adalah mengimplementasikan sembilan nilai yang dikembangkan dalam PAK. Dengan demikian integrasi PAK dalam budaya sekolah di sekolah ini sangat penting dilakukan. Namun terdapat permasalahan yang dihadapi sekolah ini, pertama, guru dan peserta didik memiliki keterbatasan dalam hal pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan antikorupsi. Kedua, Pendidikan antikorupsi belum terintegrasi secara jelas dalam budaya sekolah. Tujuan pengabdian meningkatkan pemahaman guru dan peserta didik tentang pendidikan antikorupsi, dan menambah keterampilan guru mengintergrasikan PAK dalam budaya sekolah. Metode pelaksanaan dengan sosialisasi/ pelatihan dan workshop. Hasil kegiatan, pertama terdapat peningkatan pemahaman guru dan peserta didik tentang korupsi dan pendidikan antikorupsi. Kedua, SMA Muhammadiyah 1 Bantul mengintegrasikan Pendidikan antikorupsi dalam visi,misi, tujuan sekolah, tata tertib sekolah, ekstrakurikuler Hizbul wathon, dan dalam kegiatan rutin tadarus


Keywords


Pendidikan Antikorupsi (PAK), budaya sekolah, Hizbul Wathon, tata tertib sekolah, visi misi tujuan sekolah

Full Text:

PDF

References


Ali, A., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063–2069.

Aminah, S. (2021). -HUBUNGAN KAUSALITAS MATA PELATIHAN “ANEKA” DENGAN MEMBANGUN INDONESIA BEBAS KORUPSI:-. BESTARI, 2(1), 55–66.

Anesti, A., Darmawani, E., & Ramadhani, E. (2022). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Anti Korupsi Di SMK Negeri 5 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 7930–7935.

Broto, R. W. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kepanduan Hizbul Wathan (Studi Terhadap Implementasi Manajemen Kurikulum Pengenal Tingkat Purwa Kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo). G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2).

Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Saintikom, 15(1).

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.

Danil, E. (2021). Korupsi: Konsep, Tindak Pidana Dan Pemberantasannya-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Defretes, D. A., & Kleden, K. L. (n.d.). TINDAK PIDANA KORUPSI SEBAGAI KEJAHATAN LUAR BIASA.

Fajar, A., Husen, A., & Supandi. (2015). Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi Pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Berdasarkan Kurikulum 2013 SMP/MTs Kelas IX. Kemendikbud Dirjen Pendidikan Dasar Pembinaan Pendidikan Kewarganegaraan.

Hidayatullah, A. D. (2021). RESPON DAN PERAN GENERASI MUDA DALAM AGENDA PERUBAHAN IKLIM. Sosio Religia, 2(1).

Juliani, M., Marliana, M., Haryanto, H., Theofhilia, E., Chandra, F., Katherine, K., Madya, L., Gamelia, W., & Gamelia, W. (2022). Penyuluhan Integritas dan Gerakan Anti Korupsi terhadap Siswa-Siswi SMAK Yos Sudarso Batam. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 1745–1751.

Kurniawan, M. W., & Setiyowati, R. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi Melalui Habitus Keteladanan di SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 62–74.

Madina, N. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Terpuji Kepada Siswa Pada Kegiatan Tadarus Al-Qur’an di Sekolah MTsN 3 Banjarmasin.

Manurung, R. (2012). PENDIDIKAN ANTIKORUPSI SEBAGAI SATUAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER DAN HUMANISTIK. Jurnal Sosioteknologi, 11(27).

Mardhotillah, R. R., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Rihlah, J., & Nurfaiza, Y. I. (2022). Karakterisasi Pendidikan Anti Korupsi dan Wawasan Kebangsaan: Program Pengabdian Masyarakat. Indonesia Berdaya, 3(4), 799–808.

Mushthofa, A., Khizbullah, M. A., & Ramadhani, R. A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Profesionalisme Guru. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 35–44.

Nawawi, I. (2017). Pengembangan pendidikan antikorupsi berbasis kantin kejujuran di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 12–17.

RAHMAN, H. (2020). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH.

Sari, I. I. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengaplikasikan Visi Dan Misi Di SMA Swasta Muhammad Saman Desa Telagasaro Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2(1).

Shobirin, M. (2014). Model Penanaman Nilai Antikorupsi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(2), 107–117.

Simarmata, H. M. P., Sahri, S., Subagio, S., Syafrizal, S., Purba, B., Purba, P. B., Manullang, S. O., Purba, B., & Nurhilmiyah, N. (2020). Pengantar Pendidikan Anti Korupsi. Yayasan Kita Menulis.

Sinuraya, T. S. D., & Suwarno, P. (2021). STRATEGI PEMBERANTASAN DAN PENCEGAHAN KORUPSI DI INDONESIA DALAM MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 125–130.

Sumaryati, Sumaryati, Murtiningsih, S., & Maharani, S. D. P. (2020). Penguatan Pendidikan Antikorupsi Perspektif Esensialisme: Penguatan Pendidikan Antikorupsi Perspektif Esensialisme. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 6(1), 1–14.

Sumaryati, Suyadi, & Hastuti, D. (2019). Pendidikan Antikorupsi Dalam Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat. Yogyakarta: UAD Press.

Suryani, I. (2015). Penanaman nilai-nilai anti korupsi di lembaga pendidikan perguruan tinggi sebagai upaya preventif pencegahan korupsi. dalam Jurnal Visi Komunikasi, 14(02), 285–301.

Trisnawati, D. D. (2013). Membangun disiplin dan tanggung jawab siswa SMA Khadijah Surabaya melalui implementasi tata tertib sekolah. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 397–411.

Ubwarin, E., Salamor, Y. B., Leatemia, W., & Salamor, A. M. (2020). Pendidikan Anti Korupsi Bagi Siswa SMA di Kabupaten Maluku Tengah. Altruis: Journal of Community Services, 1(2), 112–118.

Via, I., & Padang, A. T. (2021). Pentingnya Tata Tertib Untuk Membentuk Disiplin Belajar Siswa SMP. Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi dan Ilmu Sosial, 1(1), 78–94.

Widiartana, G., & Setyawan, V. P. (2020). Urgensi Pendidikan Antikorupsi Terhadap Pencegahan Korupsi Dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Hukum Mimbar Justitia, 6(2), 173–189.

Yudiatmaja, W. E., IP, S., Samnuzulsari, T., Sos, S., Alfiandri, S., & Siti Arieta, S. H. (2015). PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI SMK NEGERI 2 KABUPATEN BINTAN. Laporan Pengabdian Masyarakat Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Zuhri, M. N. C. (2013). Studi tentang efektivitas tadarus al-quran dalam pembinaan akhlak di smpn 8 yogyakarta. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 11(1), 112–129.

Zulqarnain, Z., Ikhlas, M., & Ilhami, R. (2022). Perception of college students on civic and anti-corruption education: Importance and relevance. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 8(1), 123–134

Aminah, S. (2021). -HUBUNGAN KAUSALITAS MATA PELATIHAN “ANEKA” DENGAN MEMBANGUN INDONESIA BEBAS KORUPSI:-. BESTARI, 2(1), 55–66.

Anesti, A., Darmawani, E., & Ramadhani, E. (2022). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Anti Korupsi Di SMK Negeri 5 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 7930–7935.

Broto, R. W. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kepanduan Hizbul Wathan (Studi Terhadap Implementasi Manajemen Kurikulum Pengenal Tingkat Purwa Kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo). G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2).

Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Saintikom, 15(1).

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.

Danil, E. (2021). Korupsi: Konsep, Tindak Pidana Dan Pemberantasannya-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Defretes, D. A., & Kleden, K. L. (n.d.). TINDAK PIDANA KORUPSI SEBAGAI KEJAHATAN LUAR BIASA.

Fajar, A., Husen, A., & Supandi. (2015). Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi Pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Berdasarkan Kurikulum 2013 SMP/MTs Kelas IX. Kemendikbud Dirjen Pendidikan Dasar Pembinaan Pendidikan Kewarganegaraan.

Hidayatullah, A. D. (2021). RESPON DAN PERAN GENERASI MUDA DALAM AGENDA PERUBAHAN IKLIM. Sosio Religia, 2(1).

Juliani, M., Marliana, M., Haryanto, H., Theofhilia, E., Chandra, F., Katherine, K., Madya, L., Gamelia, W., & Gamelia, W. (2022). Penyuluhan Integritas dan Gerakan Anti Korupsi terhadap Siswa-Siswi SMAK Yos Sudarso Batam. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 1745–1751.

Kurniawan, M. W., & Setiyowati, R. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi Melalui Habitus Keteladanan di SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 62–74.

Madina, N. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Terpuji Kepada Siswa Pada Kegiatan Tadarus Al-Qur’an di Sekolah MTsN 3 Banjarmasin.

Manurung, R. (2012). PENDIDIKAN ANTIKORUPSI SEBAGAI SATUAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER DAN HUMANISTIK. Jurnal Sosioteknologi, 11(27).

Mardhotillah, R. R., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Rihlah, J., & Nurfaiza, Y. I. (2022). Karakterisasi Pendidikan Anti Korupsi dan Wawasan Kebangsaan: Program Pengabdian Masyarakat. Indonesia Berdaya, 3(4), 799–808.

Mushthofa, A., Khizbullah, M. A., & Ramadhani, R. A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Profesionalisme Guru. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 35–44.

Nawawi, I. (2017). Pengembangan pendidikan antikorupsi berbasis kantin kejujuran di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 12–17.

RAHMAN, H. (2020). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH.

Sari, I. I. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengaplikasikan Visi Dan Misi Di SMA Swasta Muhammad Saman Desa Telagasaro Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2(1).

Shobirin, M. (2014). Model Penanaman Nilai Antikorupsi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(2), 107–117.

Simarmata, H. M. P., Sahri, S., Subagio, S., Syafrizal, S., Purba, B., Purba, P. B., Manullang, S. O., Purba, B., & Nurhilmiyah, N. (2020). Pengantar Pendidikan Anti Korupsi. Yayasan Kita Menulis.

Sinuraya, T. S. D., & Suwarno, P. (2021). STRATEGI PEMBERANTASAN DAN PENCEGAHAN KORUPSI DI INDONESIA DALAM MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 125–130.

Sumaryati, Sumaryati, Murtiningsih, S., & Maharani, S. D. P. (2020). Penguatan Pendidikan Antikorupsi Perspektif Esensialisme: Penguatan Pendidikan Antikorupsi Perspektif Esensialisme. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 6(1), 1–14.

Sumaryati, Suyadi, & Hastuti, D. (2019). Pendidikan Antikorupsi Dalam Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat. Yogyakarta: UAD Press.

Suryani, I. (2015). Penanaman nilai-nilai anti korupsi di lembaga pendidikan perguruan tinggi sebagai upaya preventif pencegahan korupsi. dalam Jurnal Visi Komunikasi, 14(02), 285–301.

Trisnawati, D. D. (2013). Membangun disiplin dan tanggung jawab siswa SMA Khadijah Surabaya melalui implementasi tata tertib sekolah. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 397–411.

Ubwarin, E., Salamor, Y. B., Leatemia, W., & Salamor, A. M. (2020). Pendidikan Anti Korupsi Bagi Siswa SMA di Kabupaten Maluku Tengah. Altruis: Journal of Community Services, 1(2), 112–118.

Via, I., & Padang, A. T. (2021). Pentingnya Tata Tertib Untuk Membentuk Disiplin Belajar Siswa SMP. Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi dan Ilmu Sosial, 1(1), 78–94.

Widiartana, G., & Setyawan, V. P. (2020). Urgensi Pendidikan Antikorupsi Terhadap Pencegahan Korupsi Dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Hukum Mimbar Justitia, 6(2), 173–189.

Yudiatmaja, W. E., IP, S., Samnuzulsari, T., Sos, S., Alfiandri, S., & Siti Arieta, S. H. (2015). PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI SMK NEGERI 2 KABUPATEN BINTAN. Laporan Pengabdian Masyarakat Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Zuhri, M. N. C. (2013). Studi tentang efektivitas tadarus al-quran dalam pembinaan akhlak di smpn 8 yogyakarta. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 11(1), 112–129.

Zulqarnain, Z., Ikhlas, M., & Ilhami, R. (2022). Perception of college students on civic and anti-corruption education: Importance and relevance. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 8(1), 123–134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dr. Sumaryati, M.Hum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License