ToT Peningkatan Kompetensi Manajerial dan Kelembagaan SDM Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) pada Jaringan Koperasi Syariah Muhammadiyah Yogyakarta

Bagus Gumelar, Ahmad Rizal Sholihudin, Mustika Rahmi

Abstract


Berdasarkan FGD Pra-kegiatan yang dilakukan oleh Tim Pengabdian dengan Pimpinan JKSM Kota Yogyakarta didapatkan beberapa masalah yang ditemui dalam pengelolaan dan manajemen BTM anggota JKSM Kota Yogyakarta. Hampir seluruh anggota JKSM Kota Yogyakarta menghadapi problem yang kurang lebih serupa dan sama-sama terdampak pandemi Covid-19. Setelah melalui masa yang berat dua tahun terakhir, disadari bahwa BTM anggota JKSM Kota Yogyakarta mesti berbenah pada tahun 2022. Permasalahan yang dihadapi seperti: (1) bisnis koperasi kebanyakan masih di bawah skala ekonomi, (2) lemah dalam aspek bisnis mulai dari permodalan, manajemen, akses pasar, (3) sulit akses pada lembaga keuangan, (4) profesionalisme sumber daya manusia koperasi masih rendah dan (5) sulit bersaing di pasar. Jika disimpulkan secara garis besar, terdapat dua masalah utama yang dihadapi oleh para anggota JKSM Kota Yogyakarta yaitu (1) pengelolaan manajemen koperasi dan (2) kualitas dan kapasitas dari SDM baik anggota maupun pengurus koperasi.

Pengabdian ini ditujukan untuk menjadi pelaksana dari solusi yang perlu dilakukan. Bentuk dari kegiatan pengabdian ini secara garis besar adalah menopang aktifitas pada Unit PPM UAD. Kegiatan inti dari pengabdian in adalah pelatihan dan konsultasi. Kegiatan pelatihan yang dilakukan menyasar pada pengurus, pengelola, dan pengawas dan angggota. Permasalahan utama yang dihadapi koperasi adalah kurangnya kompetensi SDM terkait kelembagaaan dan manajerial koperasi. Pelaksanaan kegiatan PPM UAD dikelompokkan menjadi tiga tahapan yaitu persiapan, produksi, dan evaluasi (pasca program).

Outcome dari pengabdian ini JKSM mempunyai SDM dan SOP yang handal dan mampu meningkatkan keunggulan bersaing. Luaran wajib dari program ini adalah publikasi seminar nasional, publikasi media massa nasional, peningkatan produktifitas, manajemen dan tata kelola yang baik dan berkelanjutan. Luaran tambahan berupa buku dan poster (HAKI).


Keywords


Koperasi Syariah; Kelembagaan; Manajerial; Training of Trainer

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 16 /Per/M.KUKM/IX/2015 tentang pelaksanaan kegiatan usaha simpan pinjam dan pembiayaan syariah oleh koperasi.

Romdhoni, Abdul Haris. 2016. Analisis Komparasi Manajemen Risiko Pada Koperasi Syariah Di Kabupaten Boyolali. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam Vol. 02, No. 03.

Arifin, Zainul, Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah, Jakarta: Alfabeta, 2002.

Murwadji, Tarsisius, dkk. 2018. Penerapan Manajemen Risiko Operasional Perbankan Di Koperasi Guna Meningkatkan Citra Koperasi Di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 02, No. 03

Pandji dan Ninik, 2003, Dinamika Koperasi, Jakarta: Bina Adiaksara

Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Arnawa, G. 2014. Manajemen Koperasi Menuju Kewirausahaan Koperasi. Jurnal Manajemen Fak. Ekonomi, 1(1), 1-12.

Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 18 Tahun 2015 Tentang Pedoman Diklat Bagi SDM Koperasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bagus Gumelar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License