Pelatihan Pembelajaran Matematika menggunakan Media Pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar bagi guru Sekolah Dasar

Widayati Widayati, Mujidin Mujidin, Rusmining Rusmining

Abstract


SD Muhammadiyah Purbayan Kotagede Yogyakarta terdiri dari 18 kelas dengan jumlah guru 25 orang. Masih banyak siswa yang minat belajar Matematikanya rendah, semangat belajarnya sangat kurang. Dalam pembelajaran matematika guru jarang menggunakan  alat peraga, alat peraganyapun terbatas. Bagi guru-guru masih ada permasalahan dalam meningkatkan minat belajar Matematika. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah para Guru bisa menerapkan pembelajaran Matematika menggunakan Alat Peraga sehingga minat belajar Matematika siswa meningkat. Adapun solusi untuk menyelesaikan ini adalah dengan mengadakan seminar dan pelatihan dalam pembelajaran matematika menggunakan Alat Peraga dan video pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar Siswa. Selain itu dilaksanakan pula pendampingan bagi guru untuk menerapkan produk dalam pembelajaran matematika. Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 bulan mulai bulan Juni sampai dengan bulan Desember 2022. Kegiatannya terbagi menjadi dua tahap yaitu 1) Pelatihan pembuatan alat peraga dan video pembelajaran, 2) Pendampingan bagi guru dalam implementasi pembelajaran dengan mengamati minat belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan postest. Analisis data menggunakan mencar presentase dari nilai rata-rata. Terlaksananya workshop pembuatan pembuatan alat peraga Matematika dan video, serta kegiatan pendampingan bagi para peserta pelatihan dalam meningkatkan minat belajar siswa sehingga para guru dapat menerapkan hasil kegiatan ini dalam pembelajaran. Hasil pretest sebesar 37,5 % dan postest sebesar 92,4 % guru sudah mengetahui betul bagaimana mengajar menggunakan Alat Peraga Peraga. Dari hasil observasi 42,5 % siswa yang menunjukkan minat belajar siswa sangat kurang. Setelah guru menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika, dari hasil pengamatan 88,3 % siswa sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran      Adapun solusi untuk menyelesaikan ini adalah dengan mengadakan pelatihan dalam meningkatkan minat belajar Matematika menggunakan Media Pembelajaran berupa Alat Peraga dan Video Pembelajaran. Selain itu dilaksanakan pula pendampingan bagi guru untuk menerapkan produk dalam pembelajaran matematika. Kegiatan ini  dilaksanakan selama 7 bulan mulai bulan Juni sampai dengan bulan Desember 2022. Kegiatannya terbagi menjadi dua tahap yaitu 1) Pelatihan pembuatan alat peraga dan video pembelajaran, 2) Kegiatan pendampingan bagi guru dalam implementasi dalam pembelajaran dengan mengamati ,minat belajar siswa.

       Kegiatan pelatihan Pelatihan meningkatkan minat belajar siswa dan workshop pembuatan media pembelajaran berupa alat peraga Matematika dapat terlaksana dengan baik, para peserta sangat antusias. Terlaksananya kegiatan  pendampingan bagi para peserta pelatihan dalam meningkatkan minat belajar siswa dan workshop pembuatan pembuatan  alat peraga Matematika, sehingga para guru dapat menerapkan hasil kegiatan ini dalam pembelajaran. Mitra mampu mempraktekkan meningkatkan minat belajar siswa melalui pembelajaran Matematika menggunakan alat peraga. Pembelajaran.Guru membuat beberapa Alat Peraga dan video pembelajaran Matematika.

 


Keywords


Alat Peraga; Minat; Video Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Andi, Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Djatmiko, Diah Arum Pratiwi2* , Afif Afghohani (2018). Analisis Kesulitan Dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal Pendidikan matematika 1(1). Hal 1-16

Hidayat, Puput Wahyu dan Djamilah Bondan Widjajanti. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 13, No. 1, Hal. 63- 75.

Komariyah, Siti dkk. (2018). Analisis Pemahaman Konsep dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Sosiohumaniora. Vol. 4, No. 1, Februari 2018.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Nisa dkk. (2017). Penyusunan Skala Minat Belajar Matematika dengan Penerapan Model Rasch. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti. Vol. 1, No. 1, 2017, Hal. 58-64.

Nirmalasari Yulianty.(2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 4(1). 60-65.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1),171- 210.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantuan Vidoe Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ ajpm.v4i1.95.

Rhine, S., Harrington, R., & Olszewski, B. (2015). The role of technology in increasing preservice teachers’ anticipation of students’ thinking in algebra. Contemporary Issues in Technology & Teacher Education, 15(2), 85–105. https://doi.org/10.1186/1742-6413-5- 7.

Sholihah, Silfi Zainatu, dan Afriansyah, Ekasatya Aldila. 2017. ”Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele”. Jurnal Mosharafa. 6(2).

Yamomaha Telaumbanua. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Darmawangsa 14(4). 709-722.

Yosua Damas Sadewo. Pebria Dheni Purnasari (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal Pada Sekolah Dasar. Jurnal Sebatik 25(2).590-597


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Widayati Widayati, Mujidin Mujidin, Rusmining Rusmining

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License