Pelatihan Implementasi Model Pembelajaran Berorientasi HOTS Bermuatan Karakter Berbasi Ipteks di SD Muhammadiyah Gamplong

Lisa Retnasari, Hanum Hanifa Sukma, Muhammad Fakhrur Saifudin

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi guru untuk memilih dan mengimplementasikan model pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) bermuatan karakter berbasis teknologi. Mengingat kompetensi keterampilan abad 21 yang harus dimiliki peserta didik yaitu 4Cs (critical thinking, communication, collaboration, and creativity). Selain itu pula, proses pembelajaran pada satuan pendidikan dasar perlu mengintegrasiskan penguatan pendidikan karakter (PPK).  Berdasarkan hasil observasi di SD Muhammadiyah Gamplong guru menemui kendala dalam proses pembelajaran yang berorientasi HOTS seperti kesulitan memahami, memilih dan mengimplementasikan model pembelajaran yang berorientasi HOTS. Berdasarkan masalah tersebut, maka tujuan pelatihan ini adalah melatih guru di SD Muhammadiyah Gamplong dalam mengimplemtasikan model pembelajaran yang berorientasi HOTS yang di dalamnya termuat proses pendidikan karakter dan mengkolaborasi teknologi dalam pencarian informasinya.  Metode pelaksanaan pelatihan yaitu 1) ceramah dan diskusi, 2) praktik, dan 3) refleksi dan tindak lanjut. Perangkat yang penting dalam pelatihan ini yaitu laptop dan koneksi internet. Adapun solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu, menambahkan beberapa koneksi internet supaya jaringan lebih lancar. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juli 2022 dan pendampingan 17-18 September 2022. Hasil dari PPM berjalan dengan baik, dibuktikan dengan guru mampu mengimplementasian model pembeajaran berorientasi HOTS terlihat dari RPP guru yang telah disusun.


Keywords


Model pembelajaran, HOTS, Karakter, IPTEK

Full Text:

PDF

References


Afandi & Sajidan. (2017). Stimulasi Keterampilan Tingkat Tinggi. UNSPRESS.

Amir, T.M, 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ananda, R., Rahma Rani, A., & Tuanku Tambusai, U. (2022). Pengembangan Model TPACK untuk Menunjang Kompetensi Profesional pada Guru Sekolah Dasar. 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.4031

Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Ariyana, Yoki, Ari Pudjiastuti dkk. (2018) Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Febriana, Rina. (2021). Kompetensi Guru. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Muthmainnah, A., Rahma, D., Ashifa, R., Rohmah, S., & Guru Sekolah Dasar, P. (n.d.). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Sekolah Dasar.

Nurul Sakinah, R. (n.d.). Urgensi Penerapan Pembelajaran Berbasis HOTS di Sekolah Dasar.

Neraca Pendidikan Daerah. 2018. Hasil Uji Kompetensi Guru. Jakarta: Kemdikbud.

Puspitaloka, N., & Budiana, L. M. (2018). Pelatihan aplikasi hot potatoes sebagai bahan ajar berbasis ICT guna meningkatkan profesionalisme guru SDIT Telukjambe timur dan sekolah islam At-taubah Karawang. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2).

Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326

Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas Iii SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54.

Seng,O.T.(2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21𝑠𝑡 Century. Singapore: Thompson Learning.

Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Zubaidah, Siti. (2019). Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo Kendari.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lisa Retnasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License