Pemberdayaan Masyarakat di Sekolah Muhammadiyah Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Guna Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru

Meita Fitrianawati, Ishafit Ishafit, Meita Fitrianawati

Abstract


Kurikulum Merdeka Belajar telah dicanangkan oleh Kemendikbud pada awal tahun 2022 belum tersosialisasikan sepenuhnya kepada para guru, terkhusus di sekolah pinggiran kota Yogyakarta.  Mitra dalam kegiatan ini adalah sekolah Menengah Muhammadiyah di  Kecamatan Tempel yang mempunyai 1 sekolah menengah pertama dan 2 sekolah menengah kejuruan muhammadiyah. Pengambilan masyarakat ini menyasar pada mitra yang berkecimpung di dunia pendidikan. Masalah yang dihadapi mitra ketidakmampuan mitra dalam mengembangkan pembelajaran berbasis. kurikulum merdeka belajar dalam hal ini disebabkan karena minimnya pemahaman tentang kurikulum merdeka belajar sehingga pemahaman tentang mengembangkan perangkat pembelajaran masih sangat diperlukan Kurangya produktivitas guru yang disebabkan oleh rendahnya pemahaman dan kesadaran tentang mengembangkan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu koordinasi dengan mitra PPM dan Yayasan yang menaungi, aktivitas pelatihan dan workshop meliputi pelatihan dan workshop serta pendampingan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini direncanakan selama 4 hari pada bulan Juli - Oktober 2022. Berdasarkan hasil pemberdayaan tersebut terdapat peningkatan kompetensi pedagogik guru.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Kompetensi Pedagogik

Full Text:

PDF

References


https://www.covid19.go.id diakses tanggal 8 Mei 2022

https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 8 Mei 2022

https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/peluncuran-kurikulum-merdeka-platform-merdeka-mengajar diakses tanggal 8 Mei 2022

Pradnyaswari N. P. D. (2021). Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring di masa Covid-19 pada guru Sekolah Dasar. Thesis tidak dipublikasikan. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha

Giyarsi. (2020). Strategi alternatif dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid 19. GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(3), 224-244, https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/108


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Meita Fitrianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License