Sosialisasi dan edukasi pengelolaan keuangan pribadi di PCIM Tiongkok

Indanazulfa Qurota'ayun, Rifki Khoirudin, Agus Salim, Budi Jaya Putra, Dini Yuniarti

Abstract


Salah satu cara mencapai hidup mandiri dan sejahtera di masa depan adalah kemampuan mengelola keuangan. Perlu adanya pemahaman mengenai bagaimana strategi mengelola keuangan pribadi. Hal ini menjadi penting bagi setiap orang, demikian juga bagi pekerja migran maupun para pelajar dan mahasiswa yang belajar di luar negeri.  Untuk itu pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dalam pengelolaan keuangan pribadi. Kegiatan pengabdian ini merupakan implementasi kerjasama dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Tiongkok.  Metode pelaksanaan pengabdian meliputi sosialisasi, edukasi dan diskusi. Peserta kegiatan terdiri dari pekerja migran, pelajar dan mahasiswa di luar negeri. Peserta selain dari Indonesia juga berasal dari berbagai negara, yaitu Nigeria, China, dan Thailand. Sosialisasi dan edukasi dilakukan secara daring, menjelaskan bagaimana  strategi pengelolaan keuangan, identifikasi kebutuhan dengan keinginan, porsi kebutuhan hidup, strategi jika pendapatan tidak mencukup, strategi mengelola dana lebih, investasi bodong dan pinjaman online. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dengan peserta yang menunjukkan antusiame dengan memberikan pertanyaan Berdasarkan hasil respon mitra tersebut menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta dalam mengelola keuangan keluarga.


Keywords


education; literacy; management; finance

Full Text:

PDF

References


Amelia R. W., Sari, W.I, Nofiana, L., Hidayat, A., Lutfi, A.M., Akbar, M.R. (2020). Strategi Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Melalui Produk Perbankan Untuk Warga Rt 006/Rw 10, Kampung Cimuncang, Desa Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat. DEDIKASI PKM UNPAM. Vol. 1, No. 1, Mei, Hal (93-99).

Barua, R., & Hunter, S. (2013). The E¤ect of Remittance Related Financial Education on Financial Inclusion: A Singapore-Indonesia Corridor Case Study. The Fondation for Development Cooperation, 27.

Buchdadi, A. D., Kurnianti, D., Susita, D., & Sholeha, A. (t.t.). Peningkatan Literasi Keuangan untuk Pekerja Migran di Taiwan. JAMU:Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(2), 132.

Hogarth, J. M., Kolodinsky, J., & Hilgert, M. A. (2007). Financial education and community economic development. Financing Low-Income Communities: Models, Obstacles, and Future Directions, 9781610444, 72–94.

Juniasti, R., Siregar, E., Oppusunggu, L.S., Tobing F. (2020). Peningkatan Literasi Terhadap Lembaga Jasa Keuangan Bank Pada Masyarakat Kelurahan Cawang Jakarta Timu. Jurnal Comunita Servizio, Volume 2, Nomor 2, Hal 429 - 436.

Otoritass jasa Keuangan. (2014). Perencanaan Keuangan Ibu Rumah Tangga.

Putri, I. G. A. P., Artani, D. K. T. B. (n.d.). Pemberdayaan Remaja Guna Meningkatkan Literasi Keuangan Keluarga. Prosiding Webinar Nasional Peranan Perempuan/Ibu dalam Pemberdayaan Remaja di Masa Pandemi COVID-19, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sukirman, S., Hidayah, R., Suryandari, D., Purwanti, A. (2019). Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri dan Berperan dalam Peningkatan Literasi Keuangan Indonesia (Otoritas Jasa Keuangan). Jurnal Abdimas. Vol 23, No 2 (2019). https://doi.org/10.15294/abdimas.v23i2.17951

Ummah, B. B., Nuryartono, N., & Anggraeni, L. (2015). Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembanguan, hlm. 1-27 Vol 4 No 1. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembanguan, 4(1), 1–27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rifki Khoirudin, Rifki Khoirudin, Rifki Khoirudin, Agus Salim, Budi Jaya Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License