Pelatihan menulis sebagai media penyampai informasi masyarakat di Murtigading, Sanden, Bantul

Nur Fatimah, M.Hum, Ayu Wahyuni, M. Fikri Apriseshar, Toyib Widodo

Abstract


Menyampaikan pesan melalui kata-kata menjadi salah satu medium strategis untuk menyampaikan pesan kepada warga masyarakat. Karenanya tim pengabdian kepada masyarakat mengadakan kegiatan pengabdian terkait olah kata untuk informasi layanan publik. Kegiatan pengabdian berlangsung di Murtigading, Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta adalah pemuda Murtigading khususnya yang berada di kelurahan Murtigading khususnya pedukuhan Sanggrahan dan sekitarnya yakni Trisigan 2 dan Dagan. Inti dari pengabdian ini adalah pelatihan pendampingan dan pembuatan produk hasil pelatihan. Dalam pengabdian ini disampaikan materi pentingnya keterampilan menulis untuk menyampaikan informasi kepada publik. Peserta diajak untuk menghubungkannya dengan isu-isu penting di masyarakat dan menentukan informasi mana yang perlu disampaikan kepada warga. Selanjutnya setelah materi pengantar, kepada peserta diberi pelatihan untuk menuangkan pesan secara tertulis dengan memanfaatkan Canva. Peserta mendapat pendampingan untuk pembuatan poster dan banner untuk informasi layanan masyarakat. Dari pelatihan ini dihasilkan beberapa outdoor banner untuk menyampaikan informasi ke warga masyarakat. Melalui pelatihan ini peran serta pemuda dalam kegiatan kemasyarakatan semakin meningkat, khususnya melalui keterampilan dan kreativitas mereka dalam merangkai kata untuk menghasilkan dan menyampaikan informasi yang berguna kepada warga masyarakat.

Keywords


informasi; masyarakat; menulis; pelatihan

Full Text:

PDF

References


Dewirsyah, A. R. (2018). Error Analysis of Language in Political Party Banner in Nagan Raya Regency, Aceh. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 1(3), 192-207.

Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51-58.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Santi, I. N., Mubaraq, R., Farid, F., & Sriwanti, S. (2020). Pelatihan membuat logo usaha menggunakan aplikasi canva bagi mahasiswa wirausaha. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 41-45.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi Canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436.

Zhu, Z., Sun, D., Long, R., & Pan, W. (2019, July). A New Method of Banner Color Design. In International Conference on Human-Computer Interaction (pp. 245-255). Springer, Cham.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Fatimah, M.Hum, Ayu Wahyuni, M. Fikri Apiseshar, Toyib Widodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License