Peningkatan profesionalisme guru PAUD dalam penguasaan kurikulum merdeka dengan STEAM berbasis loose part Di Yogyakarta

Avanti Vera Risti Pramudyani, Ariati Dina Puspitasari, Toni Kus Indratno

Abstract


Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum baru memiliki capaian penguasaan literasi dan STEAM. Capaian pembelajaran STEAM dikembangkan dengan tujuan anak mampu mengembangkan keterampilan 4C. Keempat keterampilan dibutuhkan dalam kehidupan pada Abad 21. Permasalahan muncul ketika STEAM mulai diterapkan dijenjang pendidikan dasar seperti di PAUD. Pendekatan STEAM telah disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran di PAUD namun masih banyak guru belum mampu memahami, mengembangkan, dan menginovasikan pendekatan ini agar lebih mudah dilakukan oleh anak. Kondisi tersebut sesuai dengan permasalahan mitra yaitu satu secara kualitatif baru sebagian kecil guru yang memahami konsep pendekatan STEAM namun masih kesulitan dalam mengimplementasikan. Kedua mitra memerlukan tambahan pengetahuan, dan keterampilan dalam mengimplementasikan STEM di pembelajaran berbasis Loose Part. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan luring. Pada tahap 1 pelatihan dilaksanakan dari tanggal 26 – 27 Agustus 2022 dan tahap 2 dilakukan pada tanggal 14 - 15 November 2022. Peserta pelatihan kegiatan ini mencapai 30 peserta. Selama kegiatan dibantu oleh 4 orang mahasiswa PG PAUD. Hasil dari pelatihan ini adalah perubahan pengetahuan, pemahaman penyusunan RPPH KMerdeka dengan STEM berbasis loose part sebagai bagian dari kompetensi profesional, dan guru mampu melakukan praktek pembelajaran dengan STEAM berbasis Loose Part dengan Kurikulum Merdeka, video di Youtube, artikel prosiding seminar nasional PkM, dan artikel media massa.


Keywords


kurikulum; merdeka; STEAM; loose part; paud

Full Text:

PDF

References


Affifi, R. (2019). Between Will and Wildness in STEAM Education. In Why Science and Art Creativities Matter (Issue 4, pp. 79–99). Brill | Sense. https://doi.org/10.1163/9789004421585

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & S, N. H. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5 . 0. Prosding Seminar Nasional, 319–324. http://repository.unpkediri.ac.id/3615/

Hadiyanti, Siti Maryam, Elan and Rahman, T. (2021). Analisis MEdia Loose Part untuk Meningkatkan Kemapuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 5, 2580–9679.

Jolly, A. (2014). What Is STEM Education? STEM by Design, 1(14), 1–9. http://www.fate1.org/journals/2014/white.pdf

Juliana Utley, T. I. J. C. (2020). Engineering and STEM education. School Science and Mathematics, 120(7), 377–378. https://doi.org/10.1111/ssm.12435

Keulen, H. v. (2018). STEM in Early Childhood Education. Europan Journal of STEM Education, 3(3), 1–3. https://doi.org/0.20897/ejsteme/3866

Kurnia, A., & Nasrudin, D. (2022). Mengukur Efektivitas Pelatihan Implementasi Pembelajaran STEAM- Loose Parts pada Guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3727–3738. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2372

Mcclure, E. R., Guernsey, L., Clements, D. H., Bales, S. N., Nichols, J., Kendall-Taylor, N., & Levine, M. H. (2017). STEM starts early: Grounding science, technology, engineering, and math education in early childhood. http://joanganzcooneycenter.org/publication/stem-starts-early/

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kreaivitas AUD. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31.

Pramudyani, A. V. R. & Asmorojati, W. A. (2020). Pelatihan peningkatan kesadaran hukum terhadap kekerasan seksual pada anak usia dini berdasarkan UU Perlindungan Anak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, November, 755–764. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5211/1143

Pramudyani, Avanti Vera Risti and Indratno, T. K. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Penerapan STEAM pada PAUD. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat UAD, 1073–1081.

Pramudyani, A. V. R. &, & Rohmadheny, P. S. (2019). Pelatihan pemanfaatan aplikasi microsoft office dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan profesionalisme bagi guru PAUD di PCA Mantrijeron. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 711–718. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2312/612

Rustiana, A. (2010). Efektivitas Pelatihan bagi Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Dinamika Manajemen, 1(2), 137–143. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/view/2469/2522

Safitri, Dewi. 1, M. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, 40–52.

Septikasari, R. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Sistem Informasi Kurikulum Nasional. (n.d.). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Sistem Informasi Kurikulum Nasional. Pusat Kurikulu. Retrieved November 4, 2022, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan/?jenjang=2&kurikulum1=1&kurikulum2=4

Syafi’i, Imam & Dianah, N. D. (2016). Pemanfaatan Loose Part dalam Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini. III(1), 105–114. https://doi.org///doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203

Utley, T. I. J. C. J. (2020). Engineering and STEM education. Sch. Sci. Math., 120(7), 377–378. https://doi.org/doi: 10.1111/ssm.12435

Affifi, R. (2019). Between Will and Wildness in STEAM Education. In Why Science and Art Creativities Matter (Issue 4, pp. 79–99). Brill | Sense. https://doi.org/10.1163/9789004421585

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & S, N. H. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5 . 0. Prosding Seminar Nasional, 319–324. http://repository.unpkediri.ac.id/3615/

Hadiyanti, Siti Maryam, Elan and Rahman, T. (2021). Analisis MEdia Loose Part untuk Meningkatkan Kemapuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 5, 2580–9679.

Jolly, A. (2014). What Is STEM Education? STEM by Design, 1(14), 1–9. http://www.fate1.org/journals/2014/white.pdf

Juliana Utley, T. I. J. C. (2020). Engineering and STEM education. School Science and Mathematics, 120(7), 377–378. https://doi.org/10.1111/ssm.12435

Keulen, H. v. (2018). STEM in Early Childhood Education. Europan Journal of STEM Education, 3(3), 1–3. https://doi.org/0.20897/ejsteme/3866

Kurnia, A., & Nasrudin, D. (2022). Mengukur Efektivitas Pelatihan Implementasi Pembelajaran STEAM- Loose Parts pada Guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3727–3738. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2372

Mcclure, E. R., Guernsey, L., Clements, D. H., Bales, S. N., Nichols, J., Kendall-Taylor, N., & Levine, M. H. (2017). STEM starts early: Grounding science, technology, engineering, and math education in early childhood. http://joanganzcooneycenter.org/publication/stem-starts-early/

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kreaivitas AUD. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31.

Pramudyani, A. V. R. & Asmorojati, W. A. (2020). Pelatihan peningkatan kesadaran hukum terhadap kekerasan seksual pada anak usia dini berdasarkan UU Perlindungan Anak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, November, 755–764. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5211/1143

Pramudyani, Avanti Vera Risti and Indratno, T. K. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Penerapan STEAM pada PAUD. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat UAD, 1073–1081.

Pramudyani, A. V. R. &, & Rohmadheny, P. S. (2019). Pelatihan pemanfaatan aplikasi microsoft office dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan profesionalisme bagi guru PAUD di PCA Mantrijeron. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 711–718. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2312/612

Rustiana, A. (2010). Efektivitas Pelatihan bagi Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Dinamika Manajemen, 1(2), 137–143. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/view/2469/2522

Safitri, Dewi. 1, M. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, 40–52.

Septikasari, R. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Sistem Informasi Kurikulum Nasional. (n.d.). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Sistem Informasi Kurikulum Nasional. Pusat Kurikulu. Retrieved November 4, 2022, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan/?jenjang=2&kurikulum1=1&kurikulum2=4

Syafi’i, Imam & Dianah, N. D. (2016). Pemanfaatan Loose Part dalam Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini. III(1), 105–114. https://doi.org///doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203

Utley, T. I. J. C. J. (2020). Engineering and STEM education. Sch. Sci. Math., 120(7), 377–378. https://doi.org/doi: 10.1111/ssm.12435

Affifi, R. (2019). Between Will and Wildness in STEAM Education. In Why Science and Art Creativities Matter (Issue 4, pp. 79–99). Brill | Sense. https://doi.org/10.1163/9789004421585

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & S, N. H. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5 . 0. Prosding Seminar Nasional, 319–324. http://repository.unpkediri.ac.id/3615/

Hadiyanti, Siti Maryam, Elan and Rahman, T. (2021). Analisis MEdia Loose Part untuk Meningkatkan Kemapuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 5, 2580–9679.

Jolly, A. (2014). What Is STEM Education? STEM by Design, 1(14), 1–9. http://www.fate1.org/journals/2014/white.pdf

Juliana Utley, T. I. J. C. (2020). Engineering and STEM education. School Science and Mathematics, 120(7), 377–378. https://doi.org/10.1111/ssm.12435

Keulen, H. v. (2018). STEM in Early Childhood Education. Europan Journal of STEM Education, 3(3), 1–3. https://doi.org/0.20897/ejsteme/3866

Kurnia, A., & Nasrudin, D. (2022). Mengukur Efektivitas Pelatihan Implementasi Pembelajaran STEAM- Loose Parts pada Guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3727–3738. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2372

Mcclure, E. R., Guernsey, L., Clements, D. H., Bales, S. N., Nichols, J., Kendall-Taylor, N., & Levine, M. H. (2017). STEM starts early: Grounding science, technology, engineering, and math education in early childhood. http://joanganzcooneycenter.org/publication/stem-starts-early/

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kreaivitas AUD. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31.

Pramudyani, A. V. R. & Asmorojati, W. A. (2020). Pelatihan peningkatan kesadaran hukum terhadap kekerasan seksual pada anak usia dini berdasarkan UU Perlindungan Anak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, November, 755–764. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5211/1143

Pramudyani, Avanti Vera Risti and Indratno, T. K. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Penerapan STEAM pada PAUD. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat UAD, 1073–1081.

Pramudyani, A. V. R. &, & Rohmadheny, P. S. (2019). Pelatihan pemanfaatan aplikasi microsoft office dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan profesionalisme bagi guru PAUD di PCA Mantrijeron. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 711–718. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2312/612

Rustiana, A. (2010). Efektivitas Pelatihan bagi Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Dinamika Manajemen, 1(2), 137–143. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/view/2469/2522

Safitri, Dewi. 1, M. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, 40–52.

Septikasari, R. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Sistem Informasi Kurikulum Nasional. (n.d.). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Sistem Informasi Kurikulum Nasional. Pusat Kurikulu. Retrieved November 4, 2022, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan/?jenjang=2&kurikulum1=1&kurikulum2=4

Syafi’i, Imam & Dianah, N. D. (2016). Pemanfaatan Loose Part dalam Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini. III(1), 105–114. https://doi.org///doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203

Utley, T. I. J. C. J. (2020). Engineering and STEM education. Sch. Sci. Math., 120(7), 377–378. https://doi.org/doi: 10.1111/ssm.12435

Affifi, R. (2019). Between Will and Wildness in STEAM Education. In Why Science and Art Creativities Matter (Issue 4, pp. 79–99). Brill | Sense. https://doi.org/10.1163/9789004421585

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & S, N. H. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5 . 0. Prosding Seminar Nasional, 319–324. http://repository.unpkediri.ac.id/3615/

Hadiyanti, Siti Maryam, Elan and Rahman, T. (2021). Analisis MEdia Loose Part untuk Meningkatkan Kemapuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 5, 2580–9679.

Jolly, A. (2014). What Is STEM Education? STEM by Design, 1(14), 1–9. http://www.fate1.org/journals/2014/white.pdf

Juliana Utley, T. I. J. C. (2020). Engineering and STEM education. School Science and Mathematics, 120(7), 377–378. https://doi.org/10.1111/ssm.12435

Keulen, H. v. (2018). STEM in Early Childhood Education. Europan Journal of STEM Education, 3(3), 1–3. https://doi.org/0.20897/ejsteme/3866

Kurnia, A., & Nasrudin, D. (2022). Mengukur Efektivitas Pelatihan Implementasi Pembelajaran STEAM- Loose Parts pada Guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3727–3738. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2372

Mcclure, E. R., Guernsey, L., Clements, D. H., Bales, S. N., Nichols, J., Kendall-Taylor, N., & Levine, M. H. (2017). STEM starts early: Grounding science, technology, engineering, and math education in early childhood. http://joanganzcooneycenter.org/publication/stem-starts-early/

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kreaivitas AUD. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31.

Pramudyani, A. V. R. & Asmorojati, W. A. (2020). Pelatihan peningkatan kesadaran hukum terhadap kekerasan seksual pada anak usia dini berdasarkan UU Perlindungan Anak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, November, 755–764. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5211/1143

Pramudyani, Avanti Vera Risti and Indratno, T. K. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Penerapan STEAM pada PAUD. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat UAD, 1073–1081.

Pramudyani, A. V. R. &, & Rohmadheny, P. S. (2019). Pelatihan pemanfaatan aplikasi microsoft office dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan profesionalisme bagi guru PAUD di PCA Mantrijeron. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 711–718. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2312/612

Rustiana, A. (2010). Efektivitas Pelatihan bagi Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Dinamika Manajemen, 1(2), 137–143. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/view/2469/2522

Safitri, Dewi. 1, M. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, 40–52.

Septikasari, R. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Sistem Informasi Kurikulum Nasional. (n.d.). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Sistem Informasi Kurikulum Nasional. Pusat Kurikulu. Retrieved November 4, 2022, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan/?jenjang=2&kurikulum1=1&kurikulum2=4

Syafi’i, Imam & Dianah, N. D. (2016). Pemanfaatan Loose Part dalam Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini. III(1), 105–114. https://doi.org///doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203

Utley, T. I. J. C. J. (2020). Engineering and STEM education. Sch. Sci. Math., 120(7), 377–378. https://doi.org/doi: 10.1111/ssm.12435


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Avanti Vera Risti Pramudyani, Ariati Dina Puspitasari, Toni Kus Indratno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License