Pelatihan pembuatan hand sanitizer sebagai upaya pencegahan penyebaran covid 19 di era pembelajaran tatap muka di TK ABA Lemah Dadi, Bangunjiwo, Bantul.

Farrah Fadhillah Hanum, Firda Mahira Alfiata Chusna, Aster Rahayu

Abstract


Kegiatan pembelajaran tatap muka pasca pandemi COVID-19 sudah mulai tidak hanya oleh perguruan tinggi namun juga oleh TK dan sekolah dasar (SD). Meskipun pandemic COVID-19 sudah mulai mereda dan begerak menuju era endemic, namun masyarakat terutama anak-anak masih sangat dihimbau dan diharapkan untuk tetap melakukan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menggunakan hand sanitizer. Hal ini selain dalam rangka mengendalikan lonjakan kasus ini juga sebagai upaya pencegahan diri dari jenis infeksi virus serupa lainnya. Oleh karena itu pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan dasar ekstrak lidah buaya ini dilakukan kepada guru-guru TK dan ibu-ibu Aisyiyah di sekitar TK ABA Lemah Dadi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Selain pembuatan yang mudah sehingga dapat dilakukan di TK dan rumah-rumah warga, juga modal yang diperlukan kecil dikarenakan bahan-bahan yang digunakan mudah didapat. Sehingga pelatihan ini memili keuntungan yang cukup positif dari segi ekonomi juga. Diantara bahan utama yang diperlukan adalah alcohol 70%, gel lidah buaya, dan juga aroma.  Dengan perbandingan 1:2 untuk alkohol dan gel lidah buayanya, dihasilkan hand sanitizer yang tidak hanya dapat mematikan bakteri dan virus juga memiliki kelebihan menjaga kelembaban tangan. Berdasarkan perkiraan harga untuk 1 liter alkohol yang digunakan, akan menghasilkan sekitar 50 botol hand sanitizer dengan modal per botolnya Rp 3470. 


Keywords


hand sanitizer, pembelajaran tatap muka, pelatihan , TK

Full Text:

PDF

References


Aminah, dkk. 2018. Kualitas Gel Pembersih Tangan (Handsanitizer) dari Ekstrak Batang Pisang dengan Penambahan Alkohol, Triklosan dan Gliserin yang Berbeda Dosisnya. Jurnal Bioeksperimen, Vol.4, No.2, 61-70.

Warrahmah, dkk. 2016. Pemanfaatan Infusa Lidah Buaya (Aloe vera L) sebagai Antiseptik Pembersih Tangan terhadap Jumla Koloni Kuman. Jurnal Cerebellum,vol 2, no 3

Edwars, D.L., Johnsons, C.E., 1987 , Insect repellent induced toxic encephalopathy in child., Clin Pharm., VOL 6., Hal 496-498

Fatmawati, F. 2020. Edukasi Penggunaan Hand Sanitizer Dan Pembagian Hand Sanitizer Disaat Pandemi Covid-19. JCES, Vol. 3, No. 2, 432- 438.

Furnawanthi I. 2003. Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Si Tanaman Ajaib, PT. Agromedia Pustaka, Jakarta

Ismiyati, T.Y. Hendrawati dan Ratri Ariatmi Nugrahani. 2017. Pelatihan Budidaya Dan Pengolahan Aloe Vera Menjadi Bahan Tambahan Makanan dan Lotion di Aisyiah Kota Depok. Jurnal Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Natsir, Nur Aim. 2013. Pengaruh Ekstrak Daun Lidah Buaya (Aloe vera) Sebagai Penghambat Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus. Prosiding FMIPA Universitas Pattimura.

R. Rajeswari, dkk. 2012. Aloe vera: The Miracle Plant Its Medicinal and Traditional Uses in India. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, Tamil Nadu Agricultural University, Coimbatore, India.vol 1 no 4, 118-124.

Wijaya, J. 2013. Formulasi sediakan Gel Hand sanitizer dengan Bahan Aktif Triklosan 1,5% dan 2%. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, II(1): 1-1

T.Y. Hendrawati. 2015. Aloe Vera Powder Properties Produced from Aloe Chinensis Baker, Pontianak, Indonesia. Journal of Engineering Science and Technology Special Issue on SOMCHE 2014 & RSCE 2014 Conference, January (2015) 47 – 59. School of Engineering, Taylor’s University


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Farrah Fadhillah Hanum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License