Implementasi pembelajaran agama Islam dan ekonomi Islam dengan metode fun learning dalam meningkatkan akhlak santri

Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana, Sunu Prasetya Adi, Safika Maranti, Tri Yaumil Falikah

Abstract


Taman Pendidikan Al-Qur’an atau TPA merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam non formal yang bertujuan untuk mengajarkan agama Islam kepada anak dan membentuk akhlak mulia. TPA Melati merupakan salah satu TPA yang masih eksis hingga saat ini. Akan tetapi, proses pembelajaran agama Islam yang dilakukan oleh ustadz-ustadzah di TPA Melati masih terbilang monoton atau kurang variatif sehingga hal tersebut berdampak pada akhlak santri. Selain itu, kesadaran santri untuk berinfaq serta membayar iuran wajib bulanan juga minim. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian ini untuk implementasi pembelajaran agama Islam dan ekonomi Islam dengan metode fun learning dalam meningkatkan akhlak santri. Metode pelaksanaan pengabdian ini, pertama yaitu diawali dengan assessment untuk menilai dan mengukur kemampuan awal ustadz-ustadzah dan santri dalam pembelajaran agama Islam dan ekonomi Islam. Selain itu, di tahap awal juga menilai akhlak santri. Kedua, penyuluhan dan pelatihan. Pada tahap ini ustadz-ustadzah diberikan sosialisasi dan pelatihan terkait implementasi pembelajaran agama Islam dan ekonomi Islam dengan metode fun learning dalam meningkatkan akhlak santri. Ketiga, proses pendampingan. Tim pakar melakukan pendampingan kepada ustadz-ustadzah dalam memahami dan mempraktekkan metode fun learning dalam meningkatkan akhlak santri. Keempat, evaluasi yaitu melakukan penilaian di akhir terhadap implementasi pembelajaran agama Islam dan ekonomi Islam dengan metode fun learning serta menilai akhlak santri apakah terdapat peningkatan yang baik atau tidak. Hasil dari pengabdian ini yaitu mitra dapat mengimplementasikan pembelajaran agama Islam dan ekonomi Islam dengan metode fun learning dalam meningkatkan akhlak santri. Dampak dari pengabdian ini yaitu ustadz-ustadzah memiliki keterampilan dalam penyampaian pembelajaran agama Islam dan ekonomi Islam dengan menggunakan metode fun learning dan dapat meningkatkan akhlak yang baik pada diri santri.


Keywords


akhlak; ekonomi Islam; fun learning; pembelajaran agama Islam

Full Text:

PDF

References


Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., Alawiyah, T. N. A., Rohimah, S., Imtihan, Z., Hasmiati, W., Mustapida, H., & Sukenti, K. (2021). Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 120–123. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.682

Attamimi, I. F., Kamaliyah, M., Nurjanah, S., & Dewinggih, T. (2021). Meningkatkan Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kumbung. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, November, 84–94.

Hartono, H., Lesmana, C., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 139–147. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.587

Kalinda, I. (n.d.). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Fun Learning pada Anak Usia Dini di TPQ Jami’ Babussalam Kota Bengkulu.

Layyinah, L. (2017). Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6987

Mujahida, M., & Rus’an, R. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered dan Learner Centered. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 323–331. https://doi.org/10.56488/scolae.v2i2.74

Nurhudayana, Muh. Djunaidi, B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Peserta Didik. Pendidikan Islam, 17(1).

Parhan, M., & Sutedja, B. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Agama Islam Di Universitas Pendidikan Indonesia. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 114–126. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20165

Priyadi, U., Hidayat, S. N., & Islamawati, A. (2013). Peningkatan Mutu Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Dengan Pembuatan Kurikulum TPA. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan Seri Pengabdian Masyarakat, 2(3), 204–211. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7879/6888

Tang, M. (2018). Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Merespon Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 717–740. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3173

Yuliana, A. R., & Wurinta, A. R. (2020). Manajemen Strategi Pembelajaran dalam Membentuk 9 Pilar Karakter di Playgroup MILAS. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 37–46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana, Sunu Prasetya Adi, Safika Maranti, Tri Yaumil Falikah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License