Pelatihan Pengembangan Materi Praktikum Biologi Bagi Guru dan Laboran Biologi SMA Kota Yogyakarta

Oktira Roka Aji, Ambar Pratiwi, Nurul Suwartiningsih, Nursyiva Irsalinda

Abstract


Perkembangan kurikulum merdeka belajar yang telah diterapkan pada semua tingkat sekolah membutuhkan adanya pengembangan dan pengayaan materi pembelajaran termasuk kegiatan praktikum Biologi pada tingkat SMA. Praktikum Biologi masih minim dan monoton karena terbatasnya keterampilan dan fasilitas praktikum sehingga diperlukan pengayaan materi praktikum yang relevan dengan perkembangan keilmuan biologi terkini. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan keberdayaan guru Biologi SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta dalam

mengembangkan praktikum Biologi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode pelatihan dan pendampingan tentang pengayaan materi praktikum Biologi meliputi pembuatan specimen basah hewan, pengamatan jamur dan pemisahan pigmen tumbuhan. Pelaksanaan kegiatan meliputi pre-test, penyampaian materi, praktik, diskusi tanya jawab dan post-test. Kegiatan ini diikuti oleh 16 guru dan laboran Biologi di lingkungan Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan pada September 2022 bertempat di laboratorium riset Biologi FAST. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman dan penguasaan variasi materi acara praktikum Biologi yang dapat diterapkan di SMA tersebut.

Keywords


biologi, pengayaan, specimen hewan, pigmen, jamur

Full Text:

PDF

References


Fuadi, T.M. 2020. Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik. Prodi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry. Darussalam, Banda Aceh, 22 Juni 2020.

Sumarni. 2012. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Sabaniah, Siti., Dadan F Ramdhan, & Siti Khozanatu Rohmah. 2021. Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43-54.

Ratnawati, Shinta. 2020. Implementasi Student Center Learning dengan Metode Blended Learning Mata Kuliah Perilaku Organisasi. Soedirman Economics Education Journal. 2(1), 85 – 96.

Hidayat, F. A., & Fathurrahman. 2018. Pendampingan Pemanfaatan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran IPA. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6–14. https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/154

Mirdayanti, Rina. 2020. Momentum Berbenah Dunia Pendidikan Dimasa Pandemi Covid-19. Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif. MBridge Press: Yogyakarta.

Pratiwi, R. 2013. Manajemen Koleksi Spesimen Biota Laut. Jakarta: Pusat Penelitian Oseanografi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indoensia.

Kaenuwihanulah, J.I., Damayani, N.A. dan Anwar, R.K. 2021. Identifikasi dan penyimapanan koleksi Museum Zoologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) Institut Teknologi Bandng Jatinangor. Informatio: Journal of Library and Informastion Science. 1(1): 99-120.

Hasidah, Mukarlina, dan Rousdy, D.W. 2017. Kandungan Pigmen Klorofil, Karotenoid dan Antosianin Daun Caladium. Protobiont. 6(2):29-37.

Suparmi dan Prasetyo, B. 2007. Kajian Biologis Potensi Pigmen Tumbuhan sebagai Bahan Pewarna Alami Makanan.

Wardhani, A.K., Uktolseja, J.L.A., dan Djohan. 2020. Identifikasi Morfologi dan Pertumbuhan Bakteri pada Cairan terfermentasi Silase pakan Ikan. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek V.

Matsui, H., Iwakawa, H., Hyon, G. S., Yotsui, I., Katou, S., Monte, I., ... & Nakagami, H. (2020). Isolation of natural fungal pathogens from Marchantia polymorpha reveals antagonism between salicylic acid and jasmonate during liverwort–fungus interactions. Plant and Cell Physiology, 61(2), 265-275.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Oktira Roka Aji, Ambar Pratiwi, Nurul Suwartiningsih, Nursyiva Irsalinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License