Sosialisasi pemotongan ternak dan penanganan daging pada masa PMK di PHQ Prenggan, Kota Yogyakarta

Muhammad Mar'ie Sirajuddin, Arsyad Cahya Subrata, Tole Sutikno Sutikno

Abstract


Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) salah satu merupakan usaha yang dibangun oleh persyarikatan untuk mencapai maksud dan tujuan Muhammadiyah, menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Penyedia Hewan Qurban (PHQ) Prenggan adalah AUM milik Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kotagede, yang bergerak dibidang penjualan hewan qurban. Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang baru-baru ini mewabah memberikan efek negatif yaitu penurunan penjualan ternak qurban, pencegahan penularan PMK dapat dilakukan dengan tata laksana pemotongan ternak dan penanangan daging qurban dengan benar. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman  kepada masyarakat tentang terkait tatalaksana pemotongan ternak dan penanganan daging dengan benar, dalam upaya pencegahan PMK, dan juga memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat baik PHQ Prenggan ataupun konsumen. Metode pengabdian dilakukan dengan cara sosialisasi secara offlline bertempat di Masjid Muadz bin Jabbal, Kotagede, Yogyakarta. Materi yang disampaikan terkait tata laksana penyembelihan dan pengelolaan limbah penyembelihan, penanganan daging yang disampaikan terkait metode pemasakan daging, penyimpanan daging, penanganan jeroan, pencucian kemasan daging dengan desifectant. Hasil pengabdian dievaluasi menggunakan kuisioner dan dikaji peningkatan pengetahuan masyarakat sebelum dan sesudah dilakukan pengabdian. Hasil evaluasi pengabdian disimpulkan bahwa mitra dapat menyerap dengan baik materi pengabdian yang disampaikan.

Full Text:

PDF

References


Gelolodo, M. A. (2017). Peranan Pendekatan Molekular dalam Program Eradikasi Penyakit Mulut dan Kuku. J Jurnal Kajian Veteriner, 5(1), 21-42.

Otoluwa, M. A., Salendu, A. H., Rintjap, A., & Massie, M. (2015). Prospek pengembangan usaha ternak sapi potong di Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. J Zootec 36(1), 191-197.

Silitonga, R. J. (2017). Ancaman Masuknya Virus Penyakit Mulut dan Kuku Melalui Daging Ilegal di Entikong, Perbatasan Darat Indonesia dan Malaysia. Jurnal Sain Veteriner, 34(2), 147-154.

Subarkah, M. A. (2017). Muhammadiyahdan amal usaha di bidang pendidikan. J Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 13(2).

Yendraliza, Y., Magfirah, M., & Rodiallah, M. (2018). Struktur Populasi Dan Potensi Kecamatan Benai Di Kabupaten Kuantan Singingi Untuk Pengembangan Sapi Potong: Population Structure and The Potency Of Benai District, Kuantan Singingi Regency For The Beef Cattle Development. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan, 21(2), 70-77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Mar'ie Sirajuddin, Arsyad Cahya Subrata, Tole Sutikno Sutikno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License