Penanaman Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Komunikasi Positif: Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini di Sekolah

Avanti Vera Risti Pramudyani, Dewi Eko Wati, Septia Nurul Wathani, Intan Farnisya, Nila Sari

Abstract


Disiplin merupakan perilaku yang dilakukan tanpa adanya paksaan ataupun hukuman. Namun, kenyataannya masih banyak permasalahan terjadi ketika guru membentuk disiplin bagi anak dengan hukuman fisik terutama guru-guru di daerah 3T karena minimnya pengetahuan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, dan praktek pendisiplinan anak dengan komunikasi efektif sehingga tidak lagi menggunakan hukuman fisik  sebagai upaya dalam memberikan stimulasi yang tepat bagi anak. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring karena jarak mitra yang sangat jauh yaitu Sorong, Papua Barat. Dalam proses pelatihan akan digunakan metode ceramah, diskusi, PBL, dan praktek. Kegiatan pelatihan dilakukan pada 12 – 13 Agustus dan 18 – 19 November 2022 setiap pelatihan minimal 400 menit dilaksanakan. Hasil dari pengabdian ini adalah perubahan pengetahuan, pemahaman, dan peningkatan kompetensi profesional guru dalam membentuk kedisipinan anak melalui komunikasi efektif yang ditunjukkan melalui hasil kuesioner mengenai komunikasi dan kedisiplinan, artikel prosiding seminar nasional, artikel di media massa, dan video di Youtube.

Full Text:

PDF

References


Alsehaimi, A., Barron, I., & Hodson, A. (2019). Physical Child Abuse by Parents and Teachers in Saudi Arabia: a Systematic Literature Review. Journal of Child and Adolescent Trauma, 12(1), 107–117. https://doi.org/10.1007/S40653-017-0167-7

Boonstra, K. E. (2021). Constructing “Behavior Problems”: Race, Disability, and Everyday Discipline Practices in the Figured World of Kindergarten. Anthropology and Education Quarterly, 52(4), 373–390. https://doi.org/10.1111/aeq.12374

Chen, X., Wu, X., & Wang, Y. (2018). Mothers’ Emotional Expression and Discipline and Preschoolers’ Emotional Regulation Strategies: Gender Differences. Journal of Child and Family Studies, 27(11), 3709–3716. https://doi.org/10.1007/S10826-018-1199-9

Flicker, E. S., & Hoffman, J. A. (2006). Guiding Children’s Behavior : Developmental Discipline In The Classroom. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Kostelnik, Marjorie J. dan kawan-kawan. 2007.Developmentally Appropriate Curriculum. Ohio: Pearson.

L’Écuyer, R., Poulin, F., Vitaro, F., & Capuano, F. (2021). Bidirectional Links Between Teachers’ Disciplinary Practices, Students’ Peer Status, and Students’ Aggression in Kindergarten. Research on Child and Adolescent Psychopathology, 49(5), 671–682. https://doi.org/10.1007/S10802-021-00767-3

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar Dan Baik. Diterjemahkan oleh Lita. S. Nusa Dua

M. Fadlillah dan Lilif Muallifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Miller-Perrin, C., & Perrin, R. (2018). Physical punishment of children by US parents: moving beyond debate to promote children’s health and well-being. Psicologia: Reflexao e Critica, 31(1). https://doi.org/10.1186/s41155-018-0096-x

Nisa, Hoirun. 2016. Komunikasi Efektif dalam Pendidikan Karakter. UNIVERSUM. Vol. 10, No. 1, Hal. 49 - 63.

Patel, S. N., Shanmugam, I., Obong’o, C., Mupambireyi, Z., Kasese, C., Bangani, Z., & Miller, K. S. (2021). Child disciplinary practices, abuse, and neglect: Findings from a formative study in Chitungwiza, Zimbabwe. Child Abuse and Neglect, 115. https://doi.org/10.1016/J.CHIABU.2021.105016

Rochimi, I. F., & Suismanto, S. (2019). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 231–246. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-02

Van Lange, P. A. M., Rinderu, M. I., & Bushman, B. J. (2017). Aggression and violence around the world: A model of CLimate, Aggression, and Self-control in Humans (CLASH). Behavioral and Brain Sciences, 40(May). https://doi.org/10.1017/S0140525X16000406

Wassan, S. H., Channa, W. M., & Soomro, A. A. M. (2022). A Correlational Study Examining the Relationship between Restorative Practices and School Climate in Secondary Schools of Kotdiji, Sindh, Pakistan. Sukkur IBA Journal of Educational Sciences and Technologies, 1(2), 25–34. https://doi.org/10.30537/sjest.v1i2.1028

Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2018). Kekerasan Terhadap Anak, Penanaman Disiplin, dan Regulasi Emosi Orang Tua. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 21–26. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6541

Wassan, S. H., Channa, W. M., & Soomro, A. A. M. 2, s.l. 2022. A Correlational Study Examining the Relationship between Restorative Practices and School Climate in Secondary School of Kotdiji, Sindh, Pakistan. Sukkur IBA Journal of Educational, 2022, Vol. 1.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter; Konsep dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Avanti Vera Risti Pramudyani, Dewi Eko Wati, Septia Nurul Wathani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License