Pemberdayaan program literasi al-islam dan kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah Wonokromo 1 Bantul Yogyakarta

Soviyah Soviyah, Nur Rifai Akhsan, Fadhlurrahman Fadhlurrahman

Abstract


Di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah, pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan memiliki peran penting sebagai sarana untuk membentuk karakter pribadi siswa yang islami dan berakhlak mulia dalam berperilaku. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengembangan literasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan Bahasa Inggris bagi guru di SD Muhammadiyah Wonokromo 1 Bantul Yogyakarta. Rangkaian kegiatan PkM dilaksanakan seacra luring dan daring pada September – Desember 2022. Pihak yang terlibat anatar lain 13 guru, kepala sekolah, komite sekolah dan 2 mahasiswa.  Metode pelaksanaan PkM dilakukan melalui tiga tahap utama yaitu tahap pra-kegiatan dan pelaksanaan kegiatan yang dilaksankaan dalam bentuk Focused Group Discussion, pelatihan dan praktik. Sementara tahap paska kegiatan dilakukan melalui pendampingan kepada guru. Hasil dari PkM ini adalah terlaksananya program workshop dan pelatihan pengembangan literasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan terwujudnya 1 rencana program literasi islami sekolah. Secara dampak, program PkM ini adalah meningkatnya wawasan guru dalam mengembangkan program literasi siswa dalam bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, dan meningkatnya wawasan dan kemampuan guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Sementara luaran yang dihasilkan adalah artikel ilmiah, diseminasi melalui seminar, berita di media massa, serta video kegiatan yang diunggah di youtube.


Keywords


AIK; Literasi; SD Muhammadiyah Wonokromo.

Full Text:

PDF

References


Brewster, J and Ellis, G. (2003). The Primary English Teacher’s Guide. Edinburgh: pearson Education Limited.

Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.

Juriana, J. (2017). Pentingnya Penggunaan Bahasa Inggris dalam Komunikasi Dakwah pada Era Global. MAWA IZH JURNAL DAKWAH DAN PENGEMBANGAN SOSIAL KEMANUSIAAN, 8(2), 241-258.

Lenneberg, E. H. (1967). Biological Foundation of Language. New York: Wiley.

Munadzdzofah, O. (2018). Pentingnya Bahasa Inggris, China, dan Jepang Sebagai bahasa Komunikasi Bisnis di era Globalisasi. VOCATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretari, 1(2), 58-73.

Pinter, A. (2006). Taching Young Language Learners. Oxford: Oxford University Press.

Scovel, T. (1988). A Time to speak: Psycholinguistic Inquiry into the Critical Period for Human Speech. Rowley, Mass: Newburry House/Harper & Row.

Scott, W.A. & Ytreberg, L.H. (2004). Teaching English to Children. Essex: Pearson Education Limited.

Singleton, D. (1989). Language Acquisition: The Age Factor. Clevedon: Multilingual Matters.

Slattery, M & Willis, J. (2001). English for Primary Teachers. Oxford: Oxford University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Soviyah Soviyah, Nur Rifai Akhsan, Fadhlurrahman Fadhlurrahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License