PENAK BERUBAH (Pendampingan Anak Belajar Di Rumah dengan Bahagia) pasca pandemi pada orang tua

Wahyu Kurniawati, Rahma Kurnia Novitasari, Dechoni Rahmawati

Abstract


Pemerintah memberikan kebijakan untuk membuka kembali sekolah-sekolah dan mengijinkan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka langsung, setelah 2,5 tahun menghadapi pandemi covid-19. Guru, siswa dan orang tua beradaptasi lagi dengan proses pembelajaran yang masih dilakukan bertahap, tetap dengan protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam jaringan selama 2,5 tahun selama pandemi memberikan dampak kualitas belajar siswa yang kurang maksimal. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua tentang pendampingan anak belajar di rumah dengan bahagia pasca pandemi covid-19. Pelatihan ini dilakukan secara langsung terhadap 10 orang tua selama 4 bulan hasilnya orang tua merasa mendapatkan pendampingan, dukungan, dan solusi atas masalah yang dihadapi selama mendampingi anak-anak ketika belajar di rumah. Dampaknya anak-anak merasa bahagia, sehingga motivasi belajar dapat meningkat.


Keywords


PENAK BERUBAH, covid-19

Full Text:

PDF

References


Agani, P. G. S. D., & Wahyu Kurniawati, U. P. Y. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Gugus 1 Piyungan Bantul. Universitas PGRI Yogyakarta.

Fathoni, A., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021). Higher Education Students and Covid-19: Challenges and Strategies in facing Online Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3).

Fathoni, A., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021). Persepsi mahasiswa pgsd pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Kwangsan, 9(1), 347038.

Fathoni, A., Surjono, H. D., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif terhadap Mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2).

Hobol, P. G. S. D., & Wahyu Kurniawati, U. P. Y. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Ambarbinangun Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas PGRI Yogyakarta.

Kurniawati, W., Erviana, L., & Desstya, A. (2020). Solusi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Perkotaan Saat Pandemi Covid-19. Malay Local Wisdom in the Period and After the Plague, 95, 12-13.

Kusumaningrum, R. N., Purwanti;&, & Mardiana, T. (2021). Pendampingan Orang Tua terhadap Proses Belajar Secara Daring Selama Masa Pandemi. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 3(3), 20–39.

Nugroho, A., Hawanti, S. &, & Pamungkas, B. T. (2021). Kontribusi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1691–1699.

Ramadhani, P. G. S. D., & Wahyu Kurniawati, U. P. Y. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Universitas PGRI Yogyakarta.

Ratiwi, D. R. &, & Sumarni, W. (2020). Peran Orang Tua dalam PendampinganPembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes.

Sartika, Q. D. (2016). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus Kartini Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. PGSD, Universitas PGSD Yogyakarta.

Sudrajat;, Dwipoyono, S. A. P., & R., & Chaer, T. (2021). Pendampingan Orangtua Terhadap Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 24–31

Syafril, E. P. E., & Kurniawati, W. (2021, March). PPT-Audio; The Alternative Audio-Visual Media for Online Learning during the Corona Pandemic. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1823, No. 1, p. 012046). IOP Publishing.

Tarkuni, P. G. S. D., & Wahyu Kurniawati, U. P. Y. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Mundakjaya, Kabupaten Indramayu. Universitas PGRI Yogyakarta.

Agani, F.N.U & Kurniawati, W. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Siswa Kelas V SD Gugus 1 Piyungan Bantul. Repository UPY.

Fathoni, A., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021a). Higher Education Students and Covid-19 : Challenges and Strategies in facing Online Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(3), 396–408. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.31039

Fathoni, A., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021b). PERSEPSI MAHASISWA PGSD PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 09(01), 107–123.

Fathoni, A., Surjono, H. D., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021). Peran Multimedia Interaktif Bagi Keberhasilan Pembelajaran Sistem Peredaran Darah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 147–157.

Hobol, F. K. ., & Kurniawati, W. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Ambarbinangun Tahun Ajaran 2018/2019. Repository UPY, 1–6.

Kusumaningrum, R. N., Purwanti;&, & Mardiana, T. (2021). Pendampingan Orang Tua terhadap Proses Belajar Secara Daring Selama Masa Pandemi. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 3(3), 20–39.

Nugroho, A., Hawanti, S. &, & Pamungkas, B. T. (2021). Kontribusi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1691–1699.

Ramadhani, W. N. &, & Kurniawati, W. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Repository.

Ratiwi, D. R. &, & Sumarni, W. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes.

Sartika, Q. D., & Kurniawati, W. (2016). Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus Kartini Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Repository UPY, 1–8.

Sudrajat;, Dwipoyono, S. A. P., & R., & Chaer, T. (2021). Pendampingan Orangtua Terhadap Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 24–31.

Syafril, E. P. E., & Kurniawati, W. (2021). PPT-Audio ; The Alternative Audio-Visual Media for Online Learning during the Corona Pandemic PPT-Audio ; The Alternative Audio-Visual Media for Online Learning during the Corona Pandemic. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012046

Tarkuni&, & Kurniawti, W. (2020). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar ( SD ) Negeri 1.

Zulfitria;, Ansharullah;&, & Pratami, C. A. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahyu Kurniawati, Rahma Kurnia Novitasari, Dechoni Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License