Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Pendirian Koperasi Syariah

Muhammad Hamdi, Purwoko Purwoko

Abstract


Desa Banjarharjo Kulonprogo merupakan salah satu desa di Perbukitan Menoreh yang menghadapi permasalahan dalam bidang ekonomi. Sebagian besar masyarakatnya memiliki profesi sebagai petani penggarap dengan tingkat pendapatan yang masih rendah. Usaha untuk meningkatkan pendapatan sudah dilakukan namun saat ini masih mengalami kesulitan. Salah satu masalah yang dihadapi saat ini untuk pemberdayaan ekonomi umat adalah minimnya akses permodalan yang bisa dijangkau oleh umat. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menemukan solusi akses permodalan berbasis Syariah yang bisa dijangkau oleh umat yang hidup di pedesaan.

Solusi yang ditawarkan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat adalah pendirian Koperasi Syariah. Pendirian Koperasi Syariah diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses permodalan untuk mengembangkan usaha mereka sesuai dengan nilai-nilai Islam. Metode pelaksanaan kegiatan adalah consult-training, implementasi solusi dilakukan dengan melaksanakan pendampingan mulai dari perencanaan pendirian Koperasi Syariah sampai dengan tahap operasionalisasi. Selain itu, juga akan dilakukan pelatihan untuk calon pengelola koperasi sehingga nantinya bisa mengelola Koperasi Syariah dengan baik. Kegiatan pendampingan pendirian Koperasi Syariah direncanakan akan dilakukan selama tujuh bulan. Kegiatan pengabdian ini akan melibatkan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Banjarharjo, Kabupaten Kulonprogo sebagai mitra non produktif dan jamaah Pengajian Ahad Pagi PRM Banjarharjo sebagai mitra produktif. Mereka adalah ujung tombak Persyarikatan Muhammadiyah di wilayah perbukitan Menoreh yang gigih untuk membentengi aqidah umat dan berlomba-lomba dalam memberikan manfaat kepada masyarakat.


Keywords


pemberdayaan ekonomi; koperasi syariah; peningkatan kompetensi; simpan pinjam; fiqih muamalah.

Full Text:

PDF

References


BPS. (2022). Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik. Retrieved May 18, 2022.

Desa Banjarharjo. (2019). Profil Wilayah Desa - Kelurahan BANJARHARJO. Banjarharjo. Retrieved May 18, 2022.

Hamdi, M., Indarti, N., Manik,, H. F. G. G., & Lukito-Budi,, A. S. (2022). Monkey see, monkey do? Examining the effect of entrepreneurial orientation and knowledge sharing on new venture creation for Gen Y and Gen Z. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, ahead-of-print(2022/1/4).

Hidayat, F. (2016). Alternatif Sistem Pengawasan pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) dalam Mewujudkan Shariah Compliance. Jurnal Mahkamah: Kajian Ilmu Hukum Dan Hukum Islam, 1(2), 383-407.

Hutagalung, M. W. R., & Batubara, S. (2021). Peran Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1494-1498.

Kadir, H., & Yusuf, Y. (2012). Optimalisasi pengaruh dan eksistensi koperasi sebagai soko guru perekonomian daerah. Jurnal Ekonomi, 20(03).

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2015). TANFIDZ KEPUTUSAN MUKTAMAR MUHAMMADIYAH KE-47. Berita Resmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 80. (Issue Muktamar, p. 14). Berita Resmi Muhammadiyah.

Republika. (2022). Prof Haedar Nashir: Gerakan Ekonomi dan Pariwisata Halal Memajukan Umat. Republika. Retrieved May 18, 2022.

Tabrani, M., & Aghniya, I. R. (2019). Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 14(1), 41-50.

Wulan, S., Patmarina, H., & Ardansyah, A. (2017). Prosedur Pendirian Koperasi. Pengabdian Kepada Masyarakat, (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Hamdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License