Pelatihan Video Content Creator Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Kampung Wisata Purbayan

Bambang Robi'in, Arif Ardy Wibowo, Gibbran Prathisara, Iis Suwartini, Vera Yuli Erviana

Abstract


Kampung wisata Purbayan memiliki potensi wisata yang beragam, mulai dari wisata religi, wisata budaya dan sejarah, serta wisata kuliner. Berbagai tempat wisata tersebut memiliki daya tarik bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Sayangnya, sampai saat ini masih sedikit wisatawan yang mengetahui dan mau berkunjung ke tampat-tempat wisata tersebut. Hal ini dikarenakan masyarakat masih belum banyak mengetahui tempat-tempat wisata di Purbayan. Berbagai kegiatan dapat dilakukan untuk menarik para wisatawan, salah satunya adalah dengan meproduksi dan menyebarkan konten video mengenai lokasi dan daya tarik wisata melalui sosial media sesuai dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat sekarang. Permasalahan yang dihadapi oleh pengurus kampung wisata Purbayan adalah kurangnya pemahaman dan ketrampilan para pengurus kampung wisata dalam membuat konten video yang berkualitas. Berdasarkan pada permasalan tersebut maka perlu adanya kegiatan pelatihan video content creator bagi para pengurus dan pegiat kampung wisata Purbayan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pengurus kampung wisata Purbayan dalam membuat video dengan konten pariwisata di lingkungan Purbayan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode pelatihan secara offline dengan sasaran mitra yaitu pengurus kampung wisata Purbayan. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahapan sosialisasi, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 30-31 Juli 2022. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah berjalan dengan baik dan memberikan luaran atau dampak meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan para peserta pelatihan mengenai pembuatan video konten pariwisata sebesar 37%. Dengan meningkatnya pengetahuan dan ketram pilan tersebut, diharapkan produksi video dengan konten wisata akan terus meningkat.

Keywords


Content Creator, Kampung Wisata, Purbayan, Video, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Auliya, Z. F., Rifqi, M., Umam, K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Customer Review (OTRs) dan Rating Kekuatan baru pada Pemasaran Online di Indonesia. 89–98.

Erviana, V. Y., Bambang Robiin, Iis Suwartini, & Arif Ardy Wibowo. (2021). Pelatihan Pementasan Virtual Seni Budaya Kelurahan Purbayan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal SOLMA, 10(3), 510–517. https://doi.org/10.22236/solma.v10i3.7904

Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Administrasi Dan Bisni, 11(1), 47–56.

Oktarianti, R., Setyati, D., Utami, E. T., & Suwandari, A. (n.d.). Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Marketing Strategy for Pottery Products in Kesilir Village-Wuluhan-Jember Regency by Digital Marketing Strategies to Overcome the Impact of the Covid-19 Pandemic.

Rahmaningtyas, W., Widhiastuti, R., Purasani, H. N., Pangestu, A., & Rusdiana, R. (2022). Digital Marketing for Village Tourism. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1011–1015. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i2.1572

Wandanaya, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. CCIT Journal, 5(2), 174–185. http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/220


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bambang Robi'in, Arif Ardy Wibowo, Gibbran Prathisara, Iis Suwartini, Vera Yuli Erviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License