Pelatihan Eksperimen Fisika dengan Teknologi Inovatif Terbaru untuk Guru Fisika SMA

Ariati Dina Puspitasari, Fajar Fitri, Eko Nursulistyo

Abstract


Kompetensi yang harus dimiliki oleh guru profesional sebagai guru modern abad 21 diantaranya adalah mampu menggunakan media belajar berbasis digital. Mata pelajaran Fisika berisi konsep fisis yang harus dibuktikan melalui eksperimen. Berdasarkan hal tersebut, maka guru Fisika dituntut mampu membelajarkan Fisika dengan eksperimen melalui pemanfaatan media belajar berbasis digital. Namun, saat ini guru masih memiliki permasalahan utama dalam pembelajaran Fisika tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan eksperimen guru Fisika dalam menerapkan teknologi inovatif terbaru. Kegiatan pelatihan terdiri dari 4 (empat) kali pertemuan, 2 (dua) kali pertemuan dilaksanakan secara luring dan 2 (dua) kali pertemuan dilaksanakan secara daring. Kegiatan terselenggara tanggal 12-15 September 2022. Pada pertemuan secara luring, pelatihan berisi pemaparan materi dan praktek tentang penerapan teknologi inovatif terbaru yang mendukung eksperimen Fisika, sedangkan pada pertemuan daring dilakukan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran yang menggunakan teknologi inovatif. Peserta pelatihan adalah guru dan laboran Fisika SMA berbasis pondok pesantren di DIY dengan jumlah peserta 10 orang. Bentuk peran serta Madrasah Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam pelatihan ini adalah menyediakan sarana  dan prasarana pelatihan. Hasil dari pelatihan ini adalah peningkatan 75% kemampuan guru dalam menerapkan teknologi inovatif terbaru sebagai pendukung eksperimen Fisika

Keywords


eksperimen, media pembelajaran, teknologi inovasi

Full Text:

PDF

References


Arvianto IR. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Upaya Menuju Era Industri 4.0. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika. 2020; 2(2): 93–102. DOI:10.36277/defermat.v2i2.52.

Nursulistiyo E, P A dina and Laifa Rahmawati. Untuk Guru FISIKA/FISIKA/Fisika Smp Muhammadiyah Kabupaten Sleman. 2017; : 200–204.

Nursulistiyo E and Puspitasari AD. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keunggulan Teknologi Dan Dijiwai Nilai Islam Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika. 2018; 6(1): 1–11.

Nursulistiyo E, Puspitasari A, Prabowo Y and Kusumaningtyas D. Student Learning Outcomes and Learning Evaluation in the Implementation of Physic Worksheet Base on Technological Excellence and Added With Islamic Values: Case Study For Male Students (Santri Putra). 2019; 317(IConProCS): 84–88. DOI:10.2991/iconprocs-19.2019.17.

Puspitasari AD, Suwondo N and Damayanti EN. Pengembangan Alat Pembelajaran FISIKA/FISIKA/FISIKA Pada Materi Serapan Kalor Pada Benda Berbantuan Arduino, in: Quantum Semin. Nas. Fis. Dan Pendidik. Fis., 2018: pp. 67–73.

Putri SB and Akhlis I. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Kegiatan Lab Virtual Dan Eksperimen Riil Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Dan Pengembangan Aktivitas Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal. 2018; 7(1): 14–22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ariati Dina Puspitasari, Fajar Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License