Pelatihan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi guru taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal (TK ABA) se-kapanewon girisubo, kabupaten gunungkidul

purwanti pratiwi purbosari, etika dyah puspitasari

Abstract


Keragaman kondisi lingkungan di daerah Kapanewon Girisubo Kabupaten Gunungkidul yang dekat dengan pantai dan berkontur pegunungan sangat berpotensi dimanfaatkan sebagai sumber belajar bagi siswa Taman Kanak-kanak (TK). Sayangnya potensi lingkungan tersebut belum dimanfaatkan secara optimal oleh guru-guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) di Kapanewon Girisubo. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk melatih guru-guru TK ABA di Kapanewon Girisubo untuk bisa memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, praktek, dan refleksi. Berdasarkan data evaluasi yang diperoleh diketahui bahwa pengetahuan peserta terkait sumber belajar dari sebelum mengikuti pelatihan (sangat kurang 18,2%, kurang 72,7%, baik 9,1%, sangat baik 0%) menjadi meningkat setelah mengikuti pelatihan (sangat kurang 0%, kurang 0%, baik 81,8%, sangat baik 18,2%). Pengetahuan peserta terkait lingkungan sebagai sumber belajar sebelum mengikuti pelatihan (sangat kurang 9,1%, kurang 72,7%, baik 18,2%, sangat baik 0%) juga menjadi meningkat setelah mengikuti pelatihan (sangat kurang 0%, kurang 0%, baik 72,7%, sangat baik 27,3%). Motivasi peserta untuk memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar sebelum mengikuti pelatihan (sangat kurang 0%, kurang 72,7%, baik 27,3%, sangat baik 0%) juga meningkat setelah mengikuti pelatihan (sangat kurang 0%, kurang 0%, baik 27,3%, sangat baik 72,7%). Demikian pula terkait penerapan lingkungan sebagai sumber belajar di sekolah peserta sebelum mengikuti pelatihan (sangat kurang 0%, kurang 63,6%, baik 36,4%, sangat baik 0%) juga mengalami peningkatan setelah mengikuti pelatihan (sangat kurang 0%, kurang 0%, baik 63,6%, sangat baik 36,4%).

Keywords


lingkungan, sumber belajar, tk aba

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Aslindah, A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak di TK Alifia Samarinda. Pendas Mahakam, 5(1), 6–11. https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.455

Hasanah, N. (2020). Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna. Jurnal Golden Age, 4(01), 167–181. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2224

Hasnah. (2021). Peningkatan Profesionalitas Guru dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) TK Islam Terpadu Al Azka. Literasiologi, 2(2), 2019.

Hermawan, I., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2020). Konsep Amanah dalam Perspektif Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. 12(2), 2020.

Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 66–73. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Nurmadiah. (2015). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Afkar, 3(1), 1–28.

Pakaya, S. (2021). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Supervisi (Pembinaan) Dengan Teknik Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Upaya Peningkatan Kreativitas Guru Di SD Negeri 03 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 865–876. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.865-876.2021

Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi: CV Jejak.

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia Group.

Sudono, A. (2006). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.

Sulistiani, W., & Mustami’ah, D. (2016). Efektivitas Modul Pembelajaran Tematik Kelautan dan Kemaritiman untuk Menumbuhkan Minat Kebaharian pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Prosiding Seminar Asean Psychology & Humanity, 2, 512–521. http://mpsi.umm.ac.id/files/file/512 -521 Wiwik Sulistiani, Dewi Mustami’ah.pdf

Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang Strategi Pembelajaran, Sikap, dan Motivasi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 196–201.

Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 38–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247

Waluyati, M. (2020). Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Edutech, 8(1), 80–91. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27089

Wiyati, S. W. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar melalui Diskusi MGMP di SMP Negeri 1 Punung Kabupaten Pacitan. Jurnal Refleksi Pembelajaran, 4(1), 32–41.

Yuniarni, D. (2018). Pengetahuan Guru Mengenai Sistem Pembelajaran Alamiah Otak di TK Mujahidin 1 Pontianak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 31–48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 purwanti pratiwi purbosari, etika dyah puspitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License