Pelatihan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi guru taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal (TK ABA) se-kapanewon girisubo, kabupaten gunungkidul
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449
Aslindah, A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak di TK Alifia Samarinda. Pendas Mahakam, 5(1), 6–11. https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.455
Hasanah, N. (2020). Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna. Jurnal Golden Age, 4(01), 167–181. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2224
Hasnah. (2021). Peningkatan Profesionalitas Guru dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) TK Islam Terpadu Al Azka. Literasiologi, 2(2), 2019.
Hermawan, I., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2020). Konsep Amanah dalam Perspektif Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. 12(2), 2020.
Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 66–73. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Nurmadiah. (2015). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Afkar, 3(1), 1–28.
Pakaya, S. (2021). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Supervisi (Pembinaan) Dengan Teknik Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Upaya Peningkatan Kreativitas Guru Di SD Negeri 03 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 865–876. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.865-876.2021
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi: CV Jejak.
Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia Group.
Sudono, A. (2006). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.
Sulistiani, W., & Mustami’ah, D. (2016). Efektivitas Modul Pembelajaran Tematik Kelautan dan Kemaritiman untuk Menumbuhkan Minat Kebaharian pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Prosiding Seminar Asean Psychology & Humanity, 2, 512–521. http://mpsi.umm.ac.id/files/file/512 -521 Wiwik Sulistiani, Dewi Mustami’ah.pdf
Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang Strategi Pembelajaran, Sikap, dan Motivasi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 196–201.
Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 38–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247
Waluyati, M. (2020). Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Edutech, 8(1), 80–91. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27089
Wiyati, S. W. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar melalui Diskusi MGMP di SMP Negeri 1 Punung Kabupaten Pacitan. Jurnal Refleksi Pembelajaran, 4(1), 32–41.
Yuniarni, D. (2018). Pengetahuan Guru Mengenai Sistem Pembelajaran Alamiah Otak di TK Mujahidin 1 Pontianak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 31–48.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 purwanti pratiwi purbosari, etika dyah puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License