Optimalisasi Keterampilan Literasi Guru Sekolah Dasar dalam menghadapi Digitalisasi Pendidikan Era Merdeka Belajar

NURUL HIDAYATI ROFIAH, meita fitrianawati, Muhammad Ragil Kurniawan

Abstract


Keterampilan literasi guru-guru khususnya literasi digital dan numerasi dalam implementasi kurikulum merdeka masih belum maksimal. Era digitalisasi merdeka belajar menuntut untuk siswa mempunyai kemampuan dalam hal teknologi namun juga kemampuan literasi dan numerasi. Mitra dalam kegiatan ini adalah Sekolah Dasar Muhammadiyah Gendol 1 yang memiliki masalah dalam hal keterampilan literasi. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan agar peserta mampu untuk menganalisis masalah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar dengan memanfaatkan teknologi digital. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu koordinasi dengan mitra pengabdian masyarakat dan yayasan yang menaungi, aktivitas pelatihan dan workshop, implementasi pelatihan serta pendampingan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini laksanakan selama empat kali pertemuan pada bulan Juli-Oktober 2022. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan, dan keterampilan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran secara digital. Media pembelajaran, bahan ajar, dan lembar kerja peserta didik menjadi lebih menarik dan mudah diakses oleh peserta didik.


Keywords


digital literacy, subject spesific pedagogy, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 NURUL HIDAYATI ROFIAH, meita fitrianawati, Muhammad Ragil Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License