WORKSHOP MITIGASI LOW INNOVATIVE LEARNING TERHADAP PERGESERAN ERA SMART SOCIETY 5.0 BAGI GURU AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) DI TINGKAT SMP MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN SLEMAN

Mhd Lailan Arqam, Rizki Firmansyah, Muh. Nasrullah H, Khairil Anwar Diniy, Alifani Izuddin Habiburrakhman

Abstract


Permasalahan yang melatari kegiatan pengabdian ini yaitu peningkatan kapasitas dan wawasan inovasi pembelajaran bagi guru Ismuba dalam rangka menghadapi pergeseran era smart Society 5.0. Hal ini tentu sangat penting sebagai bentuk peningkatan inovasi dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Ismuba yang pada umumnya terkesan membosankan bagi sebagian siswa. Sementara itu, Ismuba dikenal sebagai “ruh” pada sekolah-sekolah Muhamamdiyah. Oleh sebab itu, selayaknya pembelajaran Ismuba menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan mempunyai daya tarik bagi setiap peserta didik di sekolah Muhammadiyah. Tujuan pengabdian ini sebagai bentuk upaya mitigasi rendahnya inovasi pembelajaran dalam meningkatkan inovasi pembelajaran bagi guru Ismuba melalui Microsoft Word 365 pada proses pembelajaran. Solusi yang diberikan berdasarkan hasil analisis permasalahan tentang inovasi pembelajaran Ismuba, maka diberi perlakuan dengan cara memberikan pemahaman atau wawasan yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran sebagai upaya dalam membangun mentalitas inovasi pembelajaran serta pelatihan pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word 365. Metode pelaksanaan dilakukan secara offline kepada seluruh guru Ismuba tingkat SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman. Diawali dengan Focus Group Discussion terkait era samart society serta kaitannya dalam pengembangan inovasi pembelajaran , kemudian pelatihan yang meningkatkan kapasitas dalam pengembangan pembelajaran berbasis Microsoft Word 365.

Hasil dari penelitian ini terbukti meningkatkan wawasan dan terampil dalam pengembangan pembelajaran berbasis Microsoft Word 365.


Keywords


Inovasi Pembelajaran, Ismuba, Smart Society 5.0, Microsoft Word 365

Full Text:

PDF

References


Awaru, O. T., Syam, A., Rahman, A., Torro, S., Zulkifli, Ferdiansyah, E., & Khatimah, A. K. (2021). Workshop Edukasi Microsoft Office 365 Dalam Upaya Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(Vol 5, No 2 (2021): April), 478–490. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/4078/pdf%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4078/pdf

Fatoni, A., Anindiati, I., Studi, P., Bahasa, P., Fakultas, A., Islam, A., Malang, U. M., Pembelajaran, P., & Arab, B. (2020). Pelatihan Peningkatan Kualitas Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Information Dan Communication Technology ( Ict ). Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 173–181.

Hidayah, A. A. F., Adawiyah, R. Al, & Mahanani, P. A. R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53–56. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.177

Maharani, E. (2018). Kemendikbud: Hanya 40 Persen Guru Yang Siap Dengan Teknologi. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/pj60ej335/kemendikbud-hanya-40-persen-guru-siap-dengan-teknologi

Ritonga, M., Lahmi, A., Rasyid, A., Bakar, R. A., & Sukri, I. (2021). Sosialisasi Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kapasitas Guru Pendidikan Agama Islam Dan Ismuba Se Kabupaten Kuantan Singingi. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1041. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i3.1041-1048


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mhd Lailan Arqam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License