Implementasi teknologi pengolahan aloe vera dan serai di Kelompok Tani Pelangi, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta

Ika Dyah Kumalasari, Aster Rahayu, Siti Jamilatun

Abstract


Pada masa pandemi Covid-19 yang sekarang telah menuju endemic menyebabkan banyak dampak yang dihadapi seperti dampak kesehatan dan dampak secara perekonomian. Mitra sasaran Program ini adalah Kelompok Tani KT-PELANGI di Desa Mendungan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Mitra pada program pengabdian masyarakat ini termasuk mitra ekonomi produktif. Pengembangan produk dari hasil pertanian seperti aloevera dan serai (hasil utama) menjadi permasalah utama disebabkan oleh pengetahuan dan ketrampilan KT PELANGI yang masih kurang dan minimnya peralatan produksi yang dimiliki. Produk yang sudah dihasilkan hanya menggunakan peralatan sederhana dan kurang penggunaan alat dengan teknologi yang baik. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu sosialisasi, pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan hasil panen KT-PELANGI dengan mengimplementasikan teknologi dari pengusul yang terintegrasi dengan ilmu pengetahuan. Metode pelaksanaan program ini dengan sosialisasi, pelatihan, pengukuran capaian dengan kuesioner dan wawancara serta pendampingan. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengetahuan dan ketrampilan dalam membuat produk olahan pangan meningkat mencapai nilai rata-rata 80%, pengolahan produk kesehatan (handsanitizer) 50% dan pembuatan lilin aroma terapi berbahan aloe vera dan sereh meningkat mencapai lebih dari 50%. Program Pengabdian masyarakat di KT Pelangi rata-rata meningkatkan pengetahuan pengolahan produk dari aloe vera dan sereh sebesar 55%.


Full Text:

PDF

References


] Araujo, R.S., Costa, F.S., Maia, D.A.S., Sant`Ana, H.B., dan Cavalcante Jr, C.L. (2007). Synthesis and Characterization of Al-MCM-41 and Ti-MCM-41 Materials: Application to Oxidation of Anthracene. Brazilian Journal of Chemical Engineering, 24(1), 135-141.

Astuti, E,. Rahayu, A., Sulistiawati, E., Effect of Time and Reaction Speed on Making Liquid Soap in Terms of Viscosity and Density Values, Vol 8, No 1 (2021): June 2021

Diputra, M.A., Ina, P.T., Puspawati, G.A.K.D. (2021). Pengaruh Perbandingan Tepung Singkong (Manihot esculenta Cranz) Dan Puree Wortel (Daucus carota L) Terhadap Karakteristik Kue stiK. Itepa: Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan, 10 (2), 315-323.

Haquee, M.S., Putra, R.K., Ratnasari, D. (2019). Pembuatan Kue Kapit Sari Daun Lidah Buaya ( Aloe Vera L. ) Sebagai Produk Alamiah Inovatif Siap Konsumsi Bagi Masyarakat Non Agraris Untuk Menjaga Kesehatan Lambung. Journal of Holistic and Health Sciences, 3(2), 115-122.

Jamilatun, S., Lutfiani, I. N., Pitrri, D.P., The Effect of Variations of Stearin Mass and Used Cooking Oil From Purification with Activated Carbon on the Quality of The Candle, Agroindustrial Technology Journal

Kumalasari, I. D., 2018., Karakteristik Fisik-Kimia Cookies Tinggi Serat dan Rendah Gula Kombinasi Tepung Garut dan Tepung Bengkoang, SNTT-VI (seminar Nasional Teknologi Terapan), Banda Aceh.

Profile Balai Penyuluhan Pertanian Kota Yogyakarta (2021) https://pertanian.jogjakota.go.id

Salamah, S., Rahayu, A., Hanum, F.F., Pelatihan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga Minyak Goreng Bekas Menjadi Sabun Mandi, Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 21 November 2020, Hal. 613-618.

Salamah, S., Rahayu, A., Hanum, F.F., Pelatihan pembuatan hand sanitizer sebagai upaya pemberdayaan masyarakat untuk pencegahan pandemi covid -19, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 23 Oktober 2021, Hal. 1196-1202.

Website Badan Ketahanan Pangan (2021) http://bkp.pertanian.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ika Dyah Kumalasari, Aster Rahayu, Siti Jamilatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License