Pelatihan Analisis Karakteristik Tes bagi Guru SMA

Kusumarasdyati Kusumarasdyati, Kusumadyahdewi Kusumadyahdewi, Hakkun Elmunsyah

Abstract


Tes merupakan salah satu alat yang paling sering digunakan dalam mengukur kemampuan pembelajar di pendidikan menengah. Untuk mendapatkan skor yang betul-betul mencerminkan kemampuan pembelajar, tes harus memenuhi beberapa karakteristik, yaitu sahih, dapat diandalkan, tidak terlalu sulit maupun terlalu mudah, dan dapat membedakan pembelajar yang mampu dan kurang mampu. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membekali para guru SMA agar memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menyusun tes yang baik. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Vita Surabaya dalam tiga tahap. Pada tahap pertama, para guru mempelajari konsep-konsep yang berkaitan dengan karakteristik tes, yaitu kepraktisan, validitas (kesahihan), reliabilitas (keterandalan), tingkat kesulitan butir soal dan daya pembeda butir soal. Pada tahap berikutnya, mereka menganalisis karakteristik tes yang telah mereka gunakan di kelas pada semester sebelumnya. Tahap terakhir berupa evaluasi kegiatan yang dilakukan untuk menjaring pendapat para peserta mengenai pelatihan. Hasil kuesioner dan wawancara menunjukkan respon positif para guru terhadap kegiatan ini karena mereka memandang kegiatan ini sangat bermanfaat untuk evaluasi pembelajaran di kelas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kusumarasdyati Kusumarasdyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License