Pelatihan Integrasi Podcast dalam Pembelajaran

Aan Hendroanto, Vita Istihapsari

Abstract


Muhammadiyah Boarding School Pleret Bantul saat ini menerapkan pembelajaran matematika secara blended dengan tujuan untuk memanfaatkan teknologi sebagai bagian dari peningkatan kualitas pendidikan disana. Pembelajaran biasanya dilakukan melalui berbagai platform agar siswa mudah dalam mengikuti pembelajaran online maupun blended. Namun, dampak yang terjadi siswa pemahamannya rendah, kurang memahami materi dan kurang bisa mengembangkan karakternya. Disisi lain,guru juga belum memiliki kemampuan dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang interaktif secara blended. Oleh karena itu, guru memerlukan pelatihan pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dan memberikan pendidikan karakter pada anak. Solusi dari permasalahan ini yaitu menggunakan podcast pembelajaran. Pelatihan ini dilaksanakan menjadi dua tahap yaitu pelatihan pembuatan podcast pembelajaran dan pelatihan implementasi podcast pada pembelajaran. Selain itu akan dilaksanakan pula pendampingan bagi guru. Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 bulan mulai bulan Juni sampai dengan bulan Desember 2022. Pelaksanaan tahap 1 yaitu pada 12-13 Agustus 2022 dengan peserta sebanyak 8 orang guru. Hasil pengabdian ini diketahui memberikan dampak kompetensi guru yang meningkat dan mampu mengoperasikan software untuk podcast. Adapun luaran dari kegiatan pengabdian ini yaitu video kegiatan serta artikel publikasi di media massa elektronik atau cetakPelatihan ini dilaksanakan menjadi dua tahap yaitu pelatihan pembuatan podcast pembelajaran dan pelatihan implementasi podcast pada pembelajaran. Selain itu akan dilaksanakan pula pendampingan bagi guru. Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 bulan mulai bulan Juni sampai dengan bulan Desember 2022. Pelaksanaan tahap 1 yaitu pada 12-13 Agustus 2022 dengan peserta sebanyak 8 orang guru.

Hasil pengabdian ini diketahui memberikan dampak kompetensi guru yang meningkat dan mampu mengoperasikan software untuk podcast. Adapun luaran dari kegiatan pengabdian ini yaitu video kegiatan serta artikel publikasi di media massa elektronik atau cetak

Keywords


Podcast; Pembelajaran Matematika; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Bloom, B. S., Krathwohl, D. R., & Masia, B. B. (1984). Bloom taxonomy of educational objectives. Allyn and Bacon, Boston, MA. Copyright (c) by Pearson Education.< http://www. coun. uvic. ca/learn/program/hndouts/bloom. html.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Himmah, R. A., & Mulyono, D. D. (2021). Podcast Sebagai Media Suplemen Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 5(1), 25-36.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126-135.

Sudarmoyo, S. (2020). Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 65-73.

Zuhra, F., & Ridha, U. (2021). Diskursus Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi dalam Pandemi Covid-19. Jurnal riset dan pengabdian masyarakat, 1(1), 1-11

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Himmah, R. A., & Mulyono, D. D. (2021). Podcast Sebagai Media Suplemen Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 5(1), 25-36.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126-135.

Sudarmoyo, S. (2020). Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 65-73.

Zuhra, F., & Ridha, U. (2021). Diskursus Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi dalam Pandemi Covid-19. Jurnal riset dan pengabdian masyarakat, 1(1), 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aan Hendroanto, Vita Istihapsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License