Penguatan Tata Kelola Bank Sampah Di Wilayah Dusun

Aftoni Sutanto, Alia Ariesanti, Taufik Hidayat, Syamsul Fatah, Nuril Hanafi

Abstract


 ABSTRAK

Sampah merupakan masalah serius bagi masyarakat saat ini dan di masa yang akan datang. Masalah sampah segera diatasi dengan baik untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan peningkatan kesadaran dan pemahaman bagi masyarakat serta meningkatkan kinerja pengelolaan bank sampah di wilayah dusun. Metode kegiatan pengabdian dilakukan dalam bentuk penyuluhan dan workshop penguatan tata kelola bank sampah di wilayah dusun. Tim pengabdian terdiri dari dosen dan mahasiswa. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 11 sd 16 Februari 2022, 19.30 – 21.30 WIB. Lokasi kegiatan dilakukan di tiga wilayah yaitu Dusun Gedogan, Cepoko dan Bondalem, Desa Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pengelolaan sampah. Selanjutnya, pengelolaan bank sampah memerlukan AD/ART sebagai dasar hukum pengelolaan bank sampah. Untuk mewujudkan good governance diperlukan kerjasama antara pengelola bank sampah dan akademisi untuk merumuskan strategi pengembangan organisasi bank sampah, membuat strategi pengelolaan sampah, strategi pengemasan sampah olahan, dan strategi pemasaran produk sampah olahan. Selanjutnya, kerjasama dengan industri untuk menjual produk limbah olahan. Kemudian berhubungan dengan pemerintah desa terkait untuk pengakuan legalitas organisasi bank sampah dan peraturan desa untuk pengolahan sampah.


Keywords


Tata Kelola, Bank Sampah, Bantul

Full Text:

PDF

References


Berlianti. Fanny Ardila, Furqon Ali Akbar, Giang Akbar Ramadhan, dan Adlan Fauzi Lubis. 2021. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Gerakan Anti Sampah Di Rt 04, Bojong Asih, Bandung. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Data Wilayah Administratif, 2022. Data wilayah administratif Kelurahan Sumbermulyo. Website Kalurahan Sumbermulyo (bantulkab.go.id), diunduh bulan Maret 2022.

Ida Ida, Ariesa Pandanwangi, Rosida Tiurma Manurung, dan Nabilla Ayuningtyas. 2021. Pendampingan Komunitas Masyarakat Sukajadi Dalam Mengedukasi Nilai Guna Sampah Menjadi Berkah. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol. 07, No. 03.

Kholil. Ahmad, Budiaman, Aam A. Jumhur, dan Mirtawati. 2020. Bank Sampah Mutiara: Program PKW Kota Bekasi Tahun 2018-2020. Penerbit: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.

Nugroho, Ari Budi. 2021. Modul Sosialisasi Pengurangan Sampah dari Sumber Sampah untuk Mendukung Bantul Bersama. Penerbit: Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul.

Nursya’bana. Aulia, Azizah Qurrotu’ain, Hanifah Sekar Wulandari, Puspa Nujulla, Rehan Aula Salsabila, dan Muhammad Sahrul. 2021. Pengelolaan Bank Sampah Dalam Mewujudkan Desa Bersih. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Rahmadani, Faisal Arif. 2020. Upaya Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Melalui Pengelolaan Bank Sampah. Community Education Jounal. Vol. 3, No. 3.

Rahmawati, Syarifah, 2017. Konflik Keagenan dan Tata Kelola Perusahaan di Indonesia. Syiah Kuala University Press. Cetakan Kesatu. Banda Aceh.

Usis, Teguh, 2021. Sampah. Amanah, Rupiah. Penerbit: Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Wahyuni, E. Tri, Sunarto dan Prabang Setyono, 2014. Optimalisasi Pengelolaan Sampah Melalui Partisipasi Masyarakat Dan Kajian Extended Producer Responsibility (Epr) Di Kabupaten Magetan. Jurnal EKOSAINS | Vol. VI. No. 1. Maret 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aftoni Sutanto, Alia Ariesanti, Taufik Hidayat, Syamsul Fatah, Nuril Hanafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License