Peningkatan literasi keuangan bagi Diaspora Indonesia di China

Indanazulfa Qurrota A'yun, Rifki Khoirudin, Agus Salim, Budi Jaya Putra, Dini Yuniarti

Abstract


Pengelolaan keuangan bagi para diaspora Indonesia mempunyai peran penting untuk masa depan diaspora itu sendiri. Untuk itu, tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan literasi keuangan dan investasi yang bisa menjadi pilihan pengelolaan keuangan yang tepat bagi para diaspora Indonesia. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah secara online dan akan dilaksanakan sebanyak empat kali dalam dua semester yang berbeda. Dalam kegiatan ini, akan menyertakan mitra kegiatan dari Pengurus Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Tiongkok dimana ketelibatannya adalah mengkoordinasikan peserta diaspora Indonesia yang ada di Tiongkok. Selama pengabdian, peserta pelatihan mendapat banyak antusias dari berbagai diaspora, tidak hanya yang berasal dari Indonesia namun juga berasal dari Malaysia, Tiongkok, dan Nigeria. Luaran pengabdian ini meliputi satu artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui prosiding ber ISBN/ISSN dari seminar nasional yang diselenggarakan oleh LPPM UAD, satu artikel pada media massa cetak/elektronik, video kegiatan diunggah, peningkatan keberdayaan mitra dan partisipasi pengurus AUM sesuai permasalahan yang dihadapi. Untuk penerapan Al Islam dan kemuhammadiyahan (AIK) adalah AIK 4: Islam dan Ilmu Pengetahuan.


Keywords


diaspora Indonesia, investasi, keuangan.

Full Text:

PDF

References


A’yun, Indanazulfa Qurrota, Rifki, Khoirudin, Suripto. 2022. Asian Journal of Community Services (AJCS), 1(2), 71-74.

Ceccagno, A., & Gao, R. 2022. The making of a skilled worker: the transnational mixed embeddedness of migrant workers. Mobilities.

Sari, S., Delanova, M., & Akbar, T.H. 2020. Pelatihan Persiapan Calon Pekerja Migran Indonesia sebelum Penempatan hingga Pemulangan di Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(2), 144-153.

Wulandari, Ardi, P.R.R., & Fitriana, V.N. 2021. Pelatihan Mini Mba Secara Daring Terhadap Pekerja Migran Indonesia Di Taiwan: Manajemen Keuangan Pribadi. BERNAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-5.

Kwartawaty, N.N., Noviana, E., & Mahardika, G.T. 2020. Pelatihan Mini MBA Secara Daring Terhadap Pekerja Migran Indonesia Di Taiwan: “Niche Marketing & Marketing 4.0”. BERNAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 661-666.

Salim, Agus., A’yun, Indanazulfa Qurrota, dan Suripto. 2022. Penguatan Literasi Keuangan Bagi Diaspora Indonesia di Tiongkok. JurnalPKM: Pengabdiankepada Masyarakat, 1(2), 84-88.

Setiawan, Budi. 2019. Pelatihan Literasi Keuangan Generasi Milenial Di Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 7(4), 882-887.

Sukirman, Hidayah, R., Suryandari, D., & Purwanti A., 2019. Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri dan Berperan dalam Peningkatan Literasi Keuangan Indonesia (Otoritas Jasa Keuangan). Abdimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 165-169.

Ullah, A. A., Hasan, N. H., Mohamad, S. M., & Chattoraj, D. 2021. Privileged migrants and their sense of belonging: Insider or outsider? Asian Journal of Social Science, 49(3), 161–169.

Zou, J., & Deng, X. (2022).To inhibit or to promote: How does the digital economy affect urban migrant integration in China? Technological Forecasting and Social Change, 179.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indanazulfa Qurrota A'yun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License