ToT Bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Miliran untuk Mengembangkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan

Trikinasih Handayani, Caraka Putra Bhakti, Alpendi Alpendi

Abstract


Pendidikan lingkungan hidup perlu ditanamkan kepada anak sedini mungkin agar siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Salah satu program pemerintah pada pendidikan formal untuk meraih hal tersebut dicanangkanlah program adiwiyata. Tujuan dari program Adiwiyata berdasarkan pada Permen nomor 05 Tahun 2013 yaitu untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Pelaksanaannya berdasarkan tiga prinsip yaitu edukatif, partisipasi, dan berkelanjutan. Program pengabdian kepada masyarakat bertujuan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi warga sekolah SD Muhammadiyah Miliran untuk meningkatkan pemahaman dan pendampingan agar terwujudnya sekola adiwiyata yang perduli dan berbudaya lingkungan. Metode yang digunakan adalah pelatihan, ceramah, tanya jawab dan diskusi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru SD Muhammadiyah Miliran yang baik untuk meraih perdikat sekolah adiwiyata yang memiliki sikap peduli dan berbudaya lingkungan.


Keywords


ToT, Adiwiyata, SD Muh Miliran

Full Text:

PDF

References


Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru Yeni Afriyeni Sekolah Tinggi Persada Bunda Pekanbaru. Jurnal PAUD Lectura, 1(2), Hal. 123-133.

Ardiyanto, R., Banowati, E., & Suharini, E. (2018). Implementasi Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Siswa Pada Lingkungan Di SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang. Edu Geography, 6(2), 110–117. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/23600

Handayani, T., Wuryadi, W., & Zamroni, Z. (2015). Pembudayaan Nilai Kebangsaan Siswa Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Adiwiyata Mandiri. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 95–105. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7815

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup. (2013). No 5. Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Jakarta, Indonesia: Kementerian Lingkungan Hidup.

Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor. Untirta Civic Education Journal ISSN, I(02), 0–116.

Rahmah, Y. D. (2014). Implementasi Program Adiwiyata (Studi pada Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(4), 453–757.

Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 67. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.133

Undang-undang RI. (2009). Nomor 32 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Republik Indonesia.

Wahyudi, T. N., Prasetyo, D., Prasetyo, A. D., Rinawati, R., Kusumawati, I., Hasana, U. U., … Gistiani, T. L. (2020). Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10794

Widaningsih, L. (2009). Pendidikan Lingkungan Hidup: Membelajarkan Anak pada Kearipan Alam. Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup, 1(3), 1–8. Retrieved from http://www.academia.edu/download/32372099/PLHdi_sekolah.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trikinasih Handayani, Caraka Putra Bhakti, Alpendi Alpendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License