Pelatihan Membangun Personal Brand dan Peningkatan Bisnis utuk Mahasiswa Asing di Tiongkok
Abstract
Mengembangkan dunia pendidikan Tionghoa-Indonesia membuka peluang bagi pelajar Indonesia untuk belajar di luar negeri. Tak jarang, kondisi keterbatasan ekonomi yang dihadapi para mahasiswa tersebut. Sehingga banyak dari mahasiswa yang membuka peluang bisnis namun tidak dengan strategi bisnis dan komunikasi yang memadai. Akibatnya tingkat penjualan belum bisa dikatakan menjangkau pasar yang luas dan belum maksimal dalam branding produk atau jasa yang ditawarkan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan konsep brand atau logo dan pelatihan strategi pengemasan produk atau usaha. Hasilnya, semua peserta dapat menerapkan pengetahuan tersebut ke bisnis mereka. Semua masalah mereka diharapkan dapat diminimalisir, dan bisnis mendapatkan peningkatan penjualan karena tidak hanya penjualan tetapi juga mencakup elemen lain seperti tren dan pengemasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran
UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43-43.
Bo, X. (2017). China, Indonesia agree to step up Belt and Road cooperation. Xinhua.
Fadillah, D., & Jandevi, U. (2020). Communication Model of Indonesian Student Organizations in China through the Indonesian Movement Helps. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 142. https://doi.org/10.31315/jik.v18i2.3465
Fadillah, D., & Kumajaya. (2017). Lompatan Strategis China Dalam Komunikasi Global. Samudra Biru.
Faqih. (2019). PP Muhammadiyah Melantik PCIM Tiongkok di Beijing. Suara Muhammadiyah. https://suaramuhammadiyah.id/2019/12/11/pp-muhammadiyah-melantik-pcim-tiongkok-di-beijing/
Hendrawan, A. (2019). Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk
umkm asti gauri di kecamatan bantarsari cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50-61.
Luke Nolan. (2014). Five Reasons Why You Should Study Abroad In China. G-Meo. http://www.gmeochina.com/five-reasons-why-you-should-study-abroad-in-china/
Saptanti, I. R. (2017). Ni Hao, Nanning. PT Inspirator Juara Indonesia.
Suara Muhammadiyah. (2020). PCIM dan Amanat Internasionalisasi Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah. https://muhammadiyah.or.id/pcim-dan-amanat-internasionalisasi-muhammadiyah/
Wahyuddin. (2019). Akselerasi Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia Melalui Program The Belt and Road Initiative. In Fadlan Muzakki (Ed.), Indonesia dalam The Belt and Road Initiative (pp. 71–84). PPI Tiongkok.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nunik Hariyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License