Pelatihan trainer outdoor learning untuk pengembangan karakter siswa TK ABA dan SD Muhammadiyah Dusun Nganggring Girikerto

Dwi Hastuti, Riana Mashar

Abstract


Masa Pandemi COVID-19 selama hampir tiga tahun menyisakan banyak PR yang harus diselesaikan oleh para pendidik dan orang tua. Salah satu dampak learning loss yang dialami anak karena pembelajaran dari rumah yang cukup lama menyebabkan terjadi kemunduran capaian perkembangan dan hasil belajar terutama dalam aspek sosial emosi dan pembentukan perilaku. Aspek tersebut sangat terkait dengan pengembangan karakter siswa yang kurang berkembang optimal selama masa pandemi. Perlu dilakukan upaya penanganan agar para pendidik memiliki kemampuan mengejar proses pembelajaran karakter yang tertinggal selama pandemi. Pengabdian ini bertujuan untuk melatih pendidik agar dapat mengembangkan pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran di luar ruangan sehingga pembentukan karakter siswa dapat dikembangkan secara efektif dan menyenangkan. Metode yang digunakan adalah pelatihan yang dibagi dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan dilakukan brainstroming, diskusi, dan FGD untuk menggali kebutuhan sekolah. Tahap pelaksanaan yaitu pelatihan untuk meningkatkan softskills dan hardskills guru sebagai trainer karakter melalui games dan peningkatan  kesadaran pendidik untuk menjadi trainer karakter outdoor learning yang efektif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi para peserta dalam pelaksanaan outdoor learning. Para peserta mampu menerapkan teknik-teknik aplikatif dan mengembangkan kegiatan bermain berbasis outdoor learning dengan mendokumentasikannya ke dalam produk media audiovisual di kanal Youtube.


Keywords


Pengembangan Karakter, Training of Trainer, Outdoor Learning

Full Text:

PDF

References


Abrhiem, T.H. (2014). The role of parenting styles in psychosocial development of adolescents. Bussiness and Management Review Vol. 3 (11). Pp 47-55 September 2014.

Astuti, R.D., (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal PEDAGOGI, Vol. 5, No. 2. http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378

Bisma Islam, Depag Kota Magelang, (2021). Angka perceraian di Kota Magelang.

Jafar, Syamsuddin, dan Sukaena, FS. (2017). A Descriptive Study of the Effectiveness of Parenting Against Early Childhood Social Development. Proceedings of the 3rd International Conference on Early Childhood Education Atlantis Press (202- 206).

Khairi, H., (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, Vol. 2 No. 2.

Lickona, T. (2012), Educating for Character, Mendidik untuk Membentuk Karakter, Jakarta: Remaja Rosdakarya

McKenry dan Price (2016). Families & Change: Coping With Stressful Events and Transitions. Edition: 5th. Publisher Sage

Mu’in, F. (2011), Pendidikan Karakter, Konstruksi Teoretik & Praktik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Nurhamidah, N., & Nurhafizah, N. (2019). PROFESIONALISME GURU PAUD DI ERA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 666–675. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.264

Nurmiyanti, (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak dengan Menggunakan Ice Breaking pada Anak Kelompok B di TK Nurul Huda Babakan Tangerang. Jurnal JECIES, Vol 02, No. 02. http://dx.doi.org/10.33853/jecies.v2i2.

O’Connor, E, Rodrigues, E, Cappella, E, McClowry, S, & Morris, J. (2012). Child disruptive behavior and parenting efficacy: a comparison of the effects of two models of insights. Journal of Community Psychology, Vol. 40 No. 5, pp 555- 572, July 2012.

Rahayuni G.A., (2020). Metode Membentuk Kesehatan Mental Siswa melalui Ice Breaking. Jurnal Cetta, Vol. 3, No. 2. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.459 z

Wahyuni, F., (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Adabiya, Vol. 15 No. 01. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Wulansari, B.Y. & Sugito, (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 3. No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Hastuti, Riana Mashar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License