Pelatihan Peningkatan Individual Development Plans (IDPs) bagi Guru pada Post-Pandemic Future Berbasis Nilai-Nilai Al-Islam

Indah Shofiyah, Fitri Nur Mahmudah, Sukirman Sukirman, Achadi Budi Santosa, Aliyah Rasyid Baswedan, Ana Budi Rahayu

Abstract


Kecanggihan teknologi harus diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber saya manusia. Saat ini dunia bergerak serba cepat, berbagai profesi perlu melakukan penyesuaian terhadap kemajuan dunia. Salah satu hal yang menjadi faktor  penentu kualitas sumber daya manusia adalah sektor pendidikan. Sehingga para guru dituntut untuk menjadi pendidik yang professional, bisa menggunakan teknologi sebagai media untuk menyampaikan materi dan memiliki perencanaan karir yang baik. Tidak hanya itu, untuk bisa menjadi professional seorang guru juga harus didukung dengan jiwa dan raga yang sehat. Pengabdian ini bertujuan untuk mewujudkan pendidik yang professional sehingga dapat memberikan kinerja terbaiknya untuk memberikan pendidikan holistik kepada para santri. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dilakukan dengan mitra sekolah PPM MBS Pleret. Metode pendampingan dan pelatihan dilakukan secara blended, namun para peserta hadir semua secara luring. Materi yang disampikan berkaitan  diantaranya: goal setting, jenjang karir dan manajemen kelas yang baik. Setelah terlaksananya pengabdian ini para guru bisa meningkatkan kompetensinya dalam memberikan pengajaran kepada para murid dengan media yang lebih interaktif, sehingga  materi yang disampaikan mudah dipahami. Selain itu para guru juga peduli terhadap kesehatan diri dan bisa membuat perencanaan keuangan individu.

 


Full Text:

PDF

References


Egeberg, H. M., Mcconney, A., & Price, A. (2016). Classroom Management and National Professional Standards for Teachers : A Review of the Literature on Theory and Practice. 41(7).

König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to online teaching during COVID-19 school closure: teacher education and teacher competence effects among early career teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608–622. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650

Rizwana, S., Tirmizi, H., Batool, A., & Manzoor, P. S. (2022). Classroom Management Strategies : A Comparative Study Of University Teachers. 19(1), 7886–7894.

Syaifullah. (2006). KONSEP IPTEK DAN KETERPADUANNYA DALAM ALQURAN Syaifullah MS Dosen Jurusan Syariah STAIN Datokarama Palu. Jurnal Hunafa, 3(3), 287–298.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indah Shofiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License