Meningkatkan Budaya Literasi bagi Guru-guru SMK Muhammadiyah 1 Tempel Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Yusron Masduki, Sutipyo Ru'iya, Sri Roviana

Abstract


Dunia literasi merupakan ciri khas dari seorang akademisi, karena dunia akademik selalu dituntut untuk melahirkan karya ilmiah, yang dikemudian akan diterbitkan dalam bentuk buku teks ataupun buku ajar di kampus maupun di sekolah-sekolah. Setiap guru seyogyanya harus dapat menulis buka ajar yang akan disampaikan kepada anak didiknya. Tujuan pengabdian ini untuk dapat meningkatkan budaya literasi, yakni dengan pelatihan dan pembimbingan secara berulang kali secara intensif, target dari pelatihan ini akan menghasilkan karya ilmiahnya lebih berkualitas, sehingga pembaca tertarik untuk menikmati apa yang sedang dibacanya. Mitra pengabdian adalah SMK Muhammadiyah 1 Tempel Sleman Yogyakarta yaitu salah satu lembaga pendidikan kejuruan di Sleman Utara. Untuk meningkatkan daya tarik guru dari siswa-siswinya, guru seharusnya dapat menyusun karya ilmiah seperti buku atau modul yang digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Salah satu solusi guru-guru SMK Muhammadiyah I Tempel untuk memperoleh kompetensi tersebut perlu ditata dan diberdayakan dalam literasi. Metode pengabdian yaitu mengadakan pelatihan dan pendampingan dalam penulisan karya ilmiah. Target pelatihan dapat tercapai karena diikuti seluruh guru dilaksanakan dalam bentuk pemberian informasi atau penyuluhan, pelatihan dan praktik penulisan buku ajar. Hasil pelatihan ini meningkatkan motivasi para guru untuk menulis setelah memperoleh materi dari pelatihan.


Keywords


budaya literasi, buku, psikologi Islami

Full Text:

PDF

References


Arodhiskara, Y., Patahuddin, P., Suherman, S., Buhaerah, B., dan Jadda, A. A. T. (2020) "Pelatihan Literasi Menulis Esai Bagi Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Parepare," Jppm (Jurnal Pengabdi. Dan Pemberdaya. Masyarakat), Vol. 4, No. 1, P. 69, Doi: 10.30595/Jppm.V0i0.3985.

Bosra, M. B., Kistoro, H. C. A., dan Syawaliani, G. A. (2020) "Teacher's Communication Model In Learning Islamic Education For Autism Children," Al-Ta Lim J.., Vol. 27, No. 3, Pp. 306-317, Doi: 10.15548/Jt.V27i3.636.

Gumiandar, S. (2013) "Komitmen Pimpinan Dalam Pelaksanaan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (Studi Kasus Iain Syekh Nurjati Cirebon)," Holistik, Vol. 02, No. 02, Pp. 27-56.

Gusman, B. A.; Kistoro, dan Ru'iya, S. (2021) "Strategy Of Islamic Religious Education Teachers In Cultivating Islamic Character During The Covid-19Pandemic," Al Qalam, Vol. 38, No. 2, Pp. 209-224.

Mardapi, D. (2017) Pengukuran, Penilain Dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Kistoro, H. C. A., Masduki, Y. dan Yusutria, (2021) "Pelatihan Pembuatan Rpp Merdeka Belajar Bagi Guru Agama Islam Sd Dan Mi Muhammadiyah Se-Kulon Progo," In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, Pp. 1545-1552.

Permana, E.P., Mujiwati, E.S., dan Sahari, S. (2017) "Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri," J. Abdinus, Vol. 1, No. 1, Pp. 53-68, 2017, [Online]. Available: Http://Ojs.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/.

Ranti, M. G., Huriaty, D., dan Zulkarnain, M. R. (2021) "Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Budaya Literasi Di Kalangan Guru Matematika Smp Kabupaten Banjar," Bubungan Tinggi J. ..., Vol. 3, No. 3, Pp. 174-182, [Online]. Available: Http://Ppjp.Ulm.Ac.Id/Journals/Index.Php/Btj/Article/View/2511.

Ru’iya, S. dan Kistoro, H. C. A. (2019) "Peningkatakan Kemampuan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Pertama Dan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Se Kulon Progo," J. Pengabdi. Masy. Karya Husada, Vol. 1, No. 2.

Wicaksa, A. (2019) "Pelatihan Penulisan Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Ilmiah," Plakat (Pelayanan Kpd. Masyarakat), Vol. 1, No. 1, P. 8, Doi: 10.30872/Plakat.V1i1.2690.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yusron Masduki, Sutipyo Ru'iya, Sri Roviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License