I-STEM (Islamic, Science, Technology, Engineering, Mathematics): Wajah Baru Pembelajaran IPA dan Matematika di Sekolah Dasar Muhammadiyah Unggulan Aisyiyah Bantul

Ika Maryani, Okimustava Okimustava, Burhanudin Arif Nur Nugroho

Abstract


Permasalahan tentang SDM di Indonesia khususnya pada siswa di sekolah masih sangat kompleks. Kemampuan menyelesaikan masalah secara holistik dan terintegrasi belum menjadi sasaran utama pendidikan di Indonesia. Integrasi I-STEM dapat menjadi alternatif metode yang strategis dalam melatih kemampuan berpikir siswa. SD Muhammadiyah Unggulan Aisyiyah Bantul sebagai sekolah mitra dari FKIP UAD memiliki beberapa permasalahan kurangnya keterampilan guru dalam mengelola kelas sehingga berdampak pada proses pembelajaran yang kurang interaktif. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang dan mengiplementasikan pembelajaran berbasis I-STEM di sekolah. Metode pelatihan berbasis active learning digunakan untuk memberdayakan seluruh peserta agar pelatihan lebih bermakna. Pelatihan terdiri dari lima tahapan yaitu pelatihan dan pendampingan tentang konsep pembelajaran I-STEM; pendampingan tentang model pembelajaran I-STEM; analisis I-STEM pada Kurikulum Merdeka; pendampingan merancang pengelolaan pembelajaran I-STEM; dan pendampingan penataan kelas. Pelatihan dilaksanakan dengan tatap muka sebanyak 3 (tiga) kali pertemuan klasikal, dan 1 (satu) kali pendampingan di kelas I-STEM. Hasil pengukuran pengetahuan peserta menunjukkan bahwa pengetahuan tentang konsep pembelajaran ISTEM tergolong sedang, pengetahuan tentang model pembelajaran ISTEM tergolong sedang, kemampuan manganalisis I-STEM pada Kurikulum Merdeka tergolong rendah. Pengukuran kepuasan peserta terhadap pelatihan dan pendampingan diukur dengan capaian satisfication (75,2%), ease for learning (74,1%), ease of use (73,5%), dan usefullness (73,6%).

Keywords


Islamic; Science; Technology; Engineering; Mathematics

Full Text:

PDF

References


Abd Kadir, & Hanun Asrohah. (2015). Pembelajaran Tematik (2nd ed.). PT RajaGrafindo Persada. http://digilib.uinsby.ac.id/6928/2/Pembelajaran Tematik--Kadir1.pdf

Asmuniv. (2015). Pendekatan Terpadu Pendidikan STEM Dalam Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner Untuk Menyosong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pusat Pengembangan Dan Emberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif Dan Elektronika Malang. http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/listrik-electro/1507-asv9

Breiner, J. M., Harkness, S. S., Johnson, C. C., & Koehler, C. M. (2012). What Is STEM? A Discussion About Conceptions of STEM in Education and Partnerships. School Science and Mathematics, 112(1), 3–11. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2011.00109.x

Erviana, V. Y. (2016). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 97–113. https://www.neliti.com/publications/71412/kesiapan-guru-sekolah-dasar-dalam-pelaksanaan-pembelajaran-tematik-integratif-pa

Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan Stem Project-Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264–272. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org

Laboy-Rush, D. (2011). Integrated STEM education through problem-based learning. http://www.slideshare.net/dlaboyrush/integrating-stem-educationthrough-project-based-learning

Lustanti, R. K., & Adullah, M. H. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1–10.

Maryani, I., & Martaningsih, S. T. (2017). Primary School Teachers’ Perception About Curriculum 2013 Assessment System. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 153–164. https://doi.org/10.24246/J.SCHOLARIA.2017.V7.I2.P153-164

Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Jurnal inovasi pendidikan IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190–201. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/8570/9023

Prastowo, A. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD / MI Melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a538

Wang, H.-H., Moore, T. J., Roehrig, G. H., & Sun Park, M. (2011). STEM Integration: Teacher Perceptions and Practice. Journal of Pre-College Engineering Education Research (J-PEER, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.5703/1288284314636

Wangid, M. N., Mustadi, A., Erviana, V. Y., & Arifin, S. (2014a). Kesiapan guru sd dalam pelaksanaan pembelajaran tematik-integratif pada kurikulum 2013 DI DIY. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 175–182. https://doi.org/10.21831/JPE.V2I2.2717

Wangid, M. N., Mustadi, A., Erviana, V. Y., & Arifin, S. (2014b). The Study on The Elementary School Teacher Readiness in Implementing Thematic-Integrative Teaching and Learning in Curriculum 2013, Yogyakarta. In Jurnal Prima Edukasia (Vol. 2, Issue 2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2717/2267


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ika Maryani, Okimustava Okimustava, Burhanudin Arif Nur Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License