Pelatihan Implementasi Nilai-Nilai Profetik Bagi Guru SMK Musaba Untuk Mengembangkan Karakter Siswa

Hardi Santosa, Farid Setiawan, Iin Inawati, Barry Nur Setyanto

Abstract


SMK Muhammadiyah Satu Bantul (musaba) merupakan sekolah pusat keunggulan dibawah binaan direktorat sekolah menengah kejuruan, dirjen vokasi kemdikbudristek. SMK Musaba juga menjadi sekolah unggulan Muhammadiyah di Kabupaten Bantul. Sebagai sekolah unggulan, musaba menjadi tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pendidikan bagi terwujudnya cita-cita persyarikatan Muhammadiyah. Pendidikan Muhammadiyah mengendaki terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia. Dalam Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah No.02/PED/I.0/B/2012 Ketentuan Dasar Pasal 1 Ayat 2, secara eksplisit disebutkan bahwa pembentukan Perguruan Muhammadiyah adalah untuk menyiapkan sumber daya manusia terdidik yang berakhlak mulia. Untuk membentuk akhlak mulia, guru sebagai garda terdepan perlu dibekali dengan mindset dan keterampilan nilai-nilai profetik yang terintegrasi dalam aktivitas akademik dan non akademik. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai profetik dalam pembelajaran dan layanan konseling. Untuk mewujudkan tujuan tersebut digunakan metode pelatihan training of trainer selama dua hari. Hari pertama diikuti oleh semua guru dan tendik berjumlah 80 orang dan hari kedua diikuti oleh wali amanah dan guru BK sejumlah 30 orang. Keberhasilan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diukur menggunakan angket evaluasi. Hasil angket evaluasi menunjukan: (1) 82% peserta menyatakan mendapatkan pemahman baru; (2) 90% menyatakan semakin memahami nilai-nilai profetik dalam pendidikan; dan 79% menyatakan terampil menggunakan metode sokratik dalam mengimplementasikan nilai-nilai profetik. Dengan demikian pengabdian ini telah memberikan dampak positif berupa peningkatan pemahaman dan keterampilan nilai-nilai profetik pada guru SMK musaba.


Keywords


BK Profetik, SMK Musaba, Metode Sokratik, Training of Trainer

Full Text:

PDF

References


Agustinova, D. E. (2019). A Humble and Meaningful Life of Commander in Chief, General Soedirman.

Ar Raniri, S. N. D. (2009). Asrar Al Insan Fi Ma’rifah Ar-ruh wa ar-Rahman (Rahasia Menyingkap Makrifat Allah, Alih Bahasa Agus Wahyudi). Diadit Media.

Baharuddin. (2007). Paradigma Psikologi Islami: Studi Tentang Elemen Psikologi dari al Qur’an. Pustaka Pelajar.

Budimansyah, D., Ruyadi, Y., & Rusmana, N. (2010). Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dahlan, M. D. (2005). Warna dan Arah Bimbingan dan Konseling Alternatif di Era Globalisasi (M. Supriatna & A. . Nurihsan (eds.); I). Rizqi Press.

Depdiknas. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. PMPTK.

Esterlita, S. P. (2005). Efektivitas Pendidikan Seksualitas Terhadap Peningkatan Kontrol Diri Pada Remaja Putri Yang Telah Aktif Secara Seksual. Universitas Mercu Buana.

Garaudy, R. (1982). Promesses De l’islam (Alih Bahasa, Rasjidi). Bulan Bintang.

Guswani, A. M., & Kawuryan, F. (2011). Perilaku agresi pada mahasiswa ditinjau dari kematangan emosi. Jurnal Psikologi UMK: PITUTUR, 1(2), 86–92.

Ibrahim, A. (2014). The need of discoursing social theology in Muslim Southeast Asia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 4(1), 1–23.

Indonesia, P. M. P. N. R. (2007). Nomor 27 Tahun (2008) tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta: Depdiknas.

Javidan, M., Dorfman, P. W., De Luque, M. S., & House, R. J. (2016). In the eye of the beholder: Cross-cultural lessons in leadership from Project GLOBE. In Readings and Cases in International Human Resource Management (pp. 119–154). Routledge.

Kartadinata, S. (2009). Terapi dan Pemulihan Pendidikan. UPI Press.

Kartadinata, S. (2011). Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. UPI Press.

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta’dib, 18(1), 13–25.

Lannai, D., Sudarma, M., Irianto, G., & Ludigdo, U. (2014). Phenomenology Study About Performance Meaning At Indonesia Foundation (Case Studies At Wakaf Foundation Of Indonesian Muslim University). International Journal of Business and Management Invention, 3(5), 8–16.

Lubis, L., & Asry, W. (2020). Ilmu pendidikan islam. Perdana Publishing.

Mirhan, J. B. K. J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Muhammadiyah, P. P. (2012). Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 02/PED/I. 0/B/2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Nasution, H. (2014). Falsafat dan Mistisme dalam Islam. Bulan Bintang.

Norman, A. (2011). The Socratic method as an approach to learning and its benefits. Pittsburgh. PA: Carnegie Mellon University Press.

Pratiwi, F., Rahman, I. K., & Suhandi, T. (2019). Efektivitas Bimbingan Gestalt Profetik Untuk Meningkatkan Keimanan Siswa Kelas X Di SMAN 10 Kota Bogor. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(1), 127–137.

Ridwan, R. (2018). Pengembangan Konseling Dan Psikoterapi Komprehensif Qur’ani Untuk Mengatasi Problematika Manusia. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 2(1), 1–21.

Rosyadi, K. (2004). Pendidikan Profetik. Pustaka Pelajar.

Rusmana, N. (2010). Group Excercise Sebagai Sarana Efektif Pendidikan Nilai dan Pengembangan Karakter. Seminar Internasional Kerjasama UPI Dan UPSI.

Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. In Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510

Santosa, H., Kartadinata, S., & Nurihsan, J. (2021). ISLAMIC PROPHETIC GUIDANCE MODEL TO DEVELOP NOBLE CHARACTER IN INDONESIA. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 305–320.

Santosa, H., Yusuf, S., & Ilfiandra, I. (2019). KRR sebagai Program Pengembangan Perilaku Seksual Sehat Remaja pada Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 233–242.

Shalahuddin, H. (2009). Konsep Teologi Islam: Mengkaji Klaim Rasionalisme Mu’tazilah. UIKA Press.

Sobur, K. (2015). Logika Dan Penalaran Dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 14(2), 387–414. https://doi.org/10.30631/tjd.v14i2.28

Supardi, U. S. (2015). Arah pendidikan di Indonesia dalam tataran kebijakan dan implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Suprihatin, D., Rusmana, N., & Budiman, N. (n.d.). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Exercises untuk Mengembangkan Resiliensi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 284–296.

Tafsir, A. (2012a). Berjalan Menuju Tuhan, Rukun Islam Sebagai Tarekat. Simbiosa Rekatama Media.

Tafsir, A. (2012b). Filsafat Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.

Tan, C., & Ibrahim, A. (2017). Humanism, Islamic education, and Confucian education. Religious Education, 112(4), 394–406.

Yusuf, S. (2006). Konseling Spiritual Teistik. Rizqi Press.

Zarman, W. (2014). Konsep dan penerapan model pendidikan karakter mahasiswa unikom. Majalah Ilmiah UNIKOM.

Agustinova, D. E. (2019). A Humble and Meaningful Life of Commander in Chief, General Soedirman.

Ar Raniri, S. N. D. (2009). Asrar Al Insan Fi Ma’rifah Ar-ruh wa ar-Rahman (Rahasia Menyingkap Makrifat Allah, Alih Bahasa Agus Wahyudi). Diadit Media.

Baharuddin. (2007). Paradigma Psikologi Islami: Studi Tentang Elemen Psikologi dari al Qur’an. Pustaka Pelajar.

Budimansyah, D., Ruyadi, Y., & Rusmana, N. (2010). Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dahlan, M. D. (2005). Warna dan Arah Bimbingan dan Konseling Alternatif di Era Globalisasi (M. Supriatna & A. . Nurihsan (eds.); I). Rizqi Press.

Depdiknas. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. PMPTK.

Esterlita, S. P. (2005). Efektivitas Pendidikan Seksualitas Terhadap Peningkatan Kontrol Diri Pada Remaja Putri Yang Telah Aktif Secara Seksual. Universitas Mercu Buana.

Garaudy, R. (1982). Promesses De l’islam (Alih Bahasa, Rasjidi). Bulan Bintang.

Guswani, A. M., & Kawuryan, F. (2011). Perilaku agresi pada mahasiswa ditinjau dari kematangan emosi. Jurnal Psikologi UMK: PITUTUR, 1(2), 86–92.

Ibrahim, A. (2014). The need of discoursing social theology in Muslim Southeast Asia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 4(1), 1–23.

Indonesia, P. M. P. N. R. (2007). Nomor 27 Tahun (2008) tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta: Depdiknas.

Javidan, M., Dorfman, P. W., De Luque, M. S., & House, R. J. (2016). In the eye of the beholder: Cross-cultural lessons in leadership from Project GLOBE. In Readings and Cases in International Human Resource Management (pp. 119–154). Routledge.

Kartadinata, S. (2009). Terapi dan Pemulihan Pendidikan. UPI Press.

Kartadinata, S. (2011). Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. UPI Press.

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta’dib, 18(1), 13–25.

Lannai, D., Sudarma, M., Irianto, G., & Ludigdo, U. (2014). Phenomenology Study About Performance Meaning At Indonesia Foundation (Case Studies At Wakaf Foundation Of Indonesian Muslim University). International Journal of Business and Management Invention, 3(5), 8–16.

Lubis, L., & Asry, W. (2020). Ilmu pendidikan islam. Perdana Publishing.

Mirhan, J. B. K. J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Muhammadiyah, P. P. (2012). Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 02/PED/I. 0/B/2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Nasution, H. (2014). Falsafat dan Mistisme dalam Islam. Bulan Bintang.

Norman, A. (2011). The Socratic method as an approach to learning and its benefits. Pittsburgh. PA: Carnegie Mellon University Press.

Pratiwi, F., Rahman, I. K., & Suhandi, T. (2019). Efektivitas Bimbingan Gestalt Profetik Untuk Meningkatkan Keimanan Siswa Kelas X Di SMAN 10 Kota Bogor. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(1), 127–137.

Ridwan, R. (2018). Pengembangan Konseling Dan Psikoterapi Komprehensif Qur’ani Untuk Mengatasi Problematika Manusia. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 2(1), 1–21.

Rosyadi, K. (2004). Pendidikan Profetik. Pustaka Pelajar.

Rusmana, N. (2010). Group Excercise Sebagai Sarana Efektif Pendidikan Nilai dan Pengembangan Karakter. Seminar Internasional Kerjasama UPI Dan UPSI.

Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. In Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510

Santosa, H., Kartadinata, S., & Nurihsan, J. (2021). ISLAMIC PROPHETIC GUIDANCE MODEL TO DEVELOP NOBLE CHARACTER IN INDONESIA. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 305–320.

Santosa, H., Yusuf, S., & Ilfiandra, I. (2019). KRR sebagai Program Pengembangan Perilaku Seksual Sehat Remaja pada Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 233–242.

Shalahuddin, H. (2009). Konsep Teologi Islam: Mengkaji Klaim Rasionalisme Mu’tazilah. UIKA Press.

Sobur, K. (2015). Logika Dan Penalaran Dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 14(2), 387–414. https://doi.org/10.30631/tjd.v14i2.28

Supardi, U. S. (2015). Arah pendidikan di Indonesia dalam tataran kebijakan dan implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Suprihatin, D., Rusmana, N., & Budiman, N. (n.d.). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Exercises untuk Mengembangkan Resiliensi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 284–296.

Tafsir, A. (2012a). Berjalan Menuju Tuhan, Rukun Islam Sebagai Tarekat. Simbiosa Rekatama Media.

Tafsir, A. (2012b). Filsafat Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.

Tan, C., & Ibrahim, A. (2017). Humanism, Islamic education, and Confucian education. Religious Education, 112(4), 394–406.

Yusuf, S. (2006). Konseling Spiritual Teistik. Rizqi Press.

Zarman, W. (2014). Konsep dan penerapan model pendidikan karakter mahasiswa unikom. Majalah Ilmiah UNIKOM.

Agustinova, D. E. (2019). A Humble and Meaningful Life of Commander in Chief, General Soedirman.

Ar Raniri, S. N. D. (2009). Asrar Al Insan Fi Ma’rifah Ar-ruh wa ar-Rahman (Rahasia Menyingkap Makrifat Allah, Alih Bahasa Agus Wahyudi). Diadit Media.

Baharuddin. (2007). Paradigma Psikologi Islami: Studi Tentang Elemen Psikologi dari al Qur’an. Pustaka Pelajar.

Budimansyah, D., Ruyadi, Y., & Rusmana, N. (2010). Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dahlan, M. D. (2005). Warna dan Arah Bimbingan dan Konseling Alternatif di Era Globalisasi (M. Supriatna & A. . Nurihsan (eds.); I). Rizqi Press.

Depdiknas. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. PMPTK.

Esterlita, S. P. (2005). Efektivitas Pendidikan Seksualitas Terhadap Peningkatan Kontrol Diri Pada Remaja Putri Yang Telah Aktif Secara Seksual. Universitas Mercu Buana.

Garaudy, R. (1982). Promesses De l’islam (Alih Bahasa, Rasjidi). Bulan Bintang.

Guswani, A. M., & Kawuryan, F. (2011). Perilaku agresi pada mahasiswa ditinjau dari kematangan emosi. Jurnal Psikologi UMK: PITUTUR, 1(2), 86–92.

Ibrahim, A. (2014). The need of discoursing social theology in Muslim Southeast Asia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 4(1), 1–23.

Indonesia, P. M. P. N. R. (2007). Nomor 27 Tahun (2008) tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta: Depdiknas.

Javidan, M., Dorfman, P. W., De Luque, M. S., & House, R. J. (2016). In the eye of the beholder: Cross-cultural lessons in leadership from Project GLOBE. In Readings and Cases in International Human Resource Management (pp. 119–154). Routledge.

Kartadinata, S. (2009). Terapi dan Pemulihan Pendidikan. UPI Press.

Kartadinata, S. (2011). Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. UPI Press.

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta’dib, 18(1), 13–25.

Lannai, D., Sudarma, M., Irianto, G., & Ludigdo, U. (2014). Phenomenology Study About Performance Meaning At Indonesia Foundation (Case Studies At Wakaf Foundation Of Indonesian Muslim University). International Journal of Business and Management Invention, 3(5), 8–16.

Lubis, L., & Asry, W. (2020). Ilmu pendidikan islam. Perdana Publishing.

Mirhan, J. B. K. J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Muhammadiyah, P. P. (2012). Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 02/PED/I. 0/B/2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Nasution, H. (2014). Falsafat dan Mistisme dalam Islam. Bulan Bintang.

Norman, A. (2011). The Socratic method as an approach to learning and its benefits. Pittsburgh. PA: Carnegie Mellon University Press.

Pratiwi, F., Rahman, I. K., & Suhandi, T. (2019). Efektivitas Bimbingan Gestalt Profetik Untuk Meningkatkan Keimanan Siswa Kelas X Di SMAN 10 Kota Bogor. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(1), 127–137.

Ridwan, R. (2018). Pengembangan Konseling Dan Psikoterapi Komprehensif Qur’ani Untuk Mengatasi Problematika Manusia. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 2(1), 1–21.

Rosyadi, K. (2004). Pendidikan Profetik. Pustaka Pelajar.

Rusmana, N. (2010). Group Excercise Sebagai Sarana Efektif Pendidikan Nilai dan Pengembangan Karakter. Seminar Internasional Kerjasama UPI Dan UPSI.

Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. In Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510

Santosa, H., Kartadinata, S., & Nurihsan, J. (2021). ISLAMIC PROPHETIC GUIDANCE MODEL TO DEVELOP NOBLE CHARACTER IN INDONESIA. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 305–320.

Santosa, H., Yusuf, S., & Ilfiandra, I. (2019). KRR sebagai Program Pengembangan Perilaku Seksual Sehat Remaja pada Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 233–242.

Shalahuddin, H. (2009). Konsep Teologi Islam: Mengkaji Klaim Rasionalisme Mu’tazilah. UIKA Press.

Sobur, K. (2015). Logika Dan Penalaran Dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 14(2), 387–414. https://doi.org/10.30631/tjd.v14i2.28

Supardi, U. S. (2015). Arah pendidikan di Indonesia dalam tataran kebijakan dan implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Suprihatin, D., Rusmana, N., & Budiman, N. (n.d.). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Exercises untuk Mengembangkan Resiliensi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 284–296.

Tafsir, A. (2012a). Berjalan Menuju Tuhan, Rukun Islam Sebagai Tarekat. Simbiosa Rekatama Media.

Tafsir, A. (2012b). Filsafat Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.

Tan, C., & Ibrahim, A. (2017). Humanism, Islamic education, and Confucian education. Religious Education, 112(4), 394–406.

Yusuf, S. (2006). Konseling Spiritual Teistik. Rizqi Press.

Zarman, W. (2014). Konsep dan penerapan model pendidikan karakter mahasiswa unikom. Majalah Ilmiah UNIKOM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hardi Santosa, Farid Setiawan, Iin Inawati, Barry Nur Setyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License