Pelatihan penggunaan google applications untuk kegiatan administrasi kantor layanan lembaga zakat, infaq dan shadaqah (LAZIS)

Herman Yuliansyah, Adhi Prahara, Jefree Fahana, Rusydi Umar

Abstract


Pelatihan penggunaan Google Applications untuk kegiatan administrasi kantor layanan Lembaga Zakat, Infak, dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu) di Daerah Istimewa Yogyakarta telah berhasil memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan efektivitas pelayanan. Melalui pengembangan modul pembelajaran yang disesuaikan dan pelaksanaan pelatihan yang interaktif, peserta pelatihan berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi informasi untuk mengelola administrasi kantor dengan lebih efisien. Studi kasus yang disajikan menggambarkan penerapan praktis dari penggunaan Google Applications dalam meningkatkan efisiensi administrasi kantor LazisMu. Evaluasi hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta, memberikan bukti bahwa pelatihan ini memberikan manfaat yang nyata bagi kantor layanan LazisMu. Sebagai tindak lanjut, diperlukan upaya untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan peserta dalam teknologi informasi yang lebih canggih serta terus memantau dan mengevaluasi efektivitas pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan relevansinya di masa mendatang. Dengan terus mengembangkan kompetensi teknologi informasi para pegawai, LazisMu dapat terus meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Keywords


e-Office; Google Application; LazisMu; Pelatihan; Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Cahyani ANI, Nasrulloh N. Pola Manajemen Pengelolaan Dana Zakat Pada LAZISMU Bojonegoro Untuk Kesejahteraan Ekonomi Umat. J E-Bis [Internet]. 2023 May 27;7(1):25–37. Available from: https://jurnal.politeknik-kebumen.ac.id/E-Bis/article/view/1157

Sri Apriliyani, Malik ZA, Surahman M. Peran Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Banjarnegara dalam Meningkatkan Perekonomian Kaum Dhuafa. J Ris Ekon Syariah [Internet]. 2021 Jul 6;1(1):7–12. Available from: https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRES/article/view/100

Setyansah RK, Murtafiah W, Suprapto E, Apriandi D, Krisdiana I, Lusiana R, et al. Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Aplikasi Google Bagi Perangkat Desa Di Kantor Desa Ngale Kecamatan Pilangkenceng. J Terap Abdimas. 2023;8(2):222–7.

Sriyanto S, Permana I, Pratama RA, Ikhsan M, Setiajit SB. Pemanfaatan Aplikasi Google Untuk Mendukung Administrasi Persuratan Di Desa Pacalan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan: Pemanfaatan Aplikasi Google Untuk Mendukung Administrasi Persuratan Di Desa Pacalan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. J Pengabdi Kpd Masy Nusant. 2023;4(1):364–9.

Ikhsan AN, Alifian RS, Astri DN. Pelatihan Penggunaan Google Form Dan Google Drive Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Di Desa Karangnangka. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2022;6(3):1199–202.

Rahman M, Istikomah I. Pelatihan Pengarsipan Dokumen Berbasis Cloud Computing Di PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Community Dev J J Pengabdi Masy. 2023;4(2):1522–8.

Amdan NS, Alifi MI, Muhaemin M, Ramadhan A, Pratiwi M, Fitriyah N, et al. Optimalisasi pemanfaatan media sosial dalam promosi Kampung Wisata Pekijing. J Pengabdi Pada Masy. 2022;7(1):72–9.

Nurhayaty E, Marginingsih R, Susilowati IH, Pramularso Y. Pelatihan membuat media promosi sederhana dengan aplikasi Canva di yayasan desa hijau. J Abdimas BSI J Pengabdi Kpd Masy. 2022;5(1):69–77.

Astuti M, Nurdin R. Pendampingan digital marketing untuk pengembangan desa wisata menggunakan media sosial. KACANEGARA J Pengabdi Pada Masy. 2022;5(1):59–66.

Harahap HS, Dewi NK. Edukasi Digital Marketing: Pembuatan Konten dan Caption Pada Instagram Bisnis Bagi Pelaku UMKM di FKRW Teluk Pucung, Bekasi. Surya Abdimas. 2022;6(2):277–85.

Syafitri R, Taufiqqurrachman T. Pelatihan Produksi Konten untuk Memasarkan Destinasi Wisata Desa Resun Kabupaten Lingga Melalui Media Sosial. J Masy Madani Indones. 2023;2(3):152–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Herman Yuliansyah, Adhi Prahara, Jefree Fahana, Rusydi Umar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License